ANALISIS KESULITAN PENYELESAIAN TUGAS AKHIR SKRIPSI PADA MAHASISWA TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masalah kecilnya persentase kelulusan tepat waktu pada mahasiswa S1 teknik mesin universitas negeri padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Penelitian ini menggabungkan pendekatan kuantitatif dengan metodelogi deskriptif. Populasi penelitian terdiri dari mahasiswa teknik mesin S1 sebanyak 32 mahasiswa dan mahasiswa pendidikan teknik mesin tahun masuk 2018 sebanyak 73 mahasiswa. Sampel penelitian sebanyak 30 orang mahasiswa yang dipilih secara acak dari populasi. Data yang didapat dianalisis dengan cara analisis data deskriptif persentase. Hasil yang didapat pada penelitian berupa hasil penjabaran data serta ulasan secara umum perihal kesulitan yang dihadapi pada mahasiswa akhir Teknik Mesin yang terdiri dari variabel internal dan eksternal. Pada variabel internal kesulitan mahasiswa yang dihadapi ketika penyelesaian skripsi yaitu mahasiswa kesulitan dalam pemilihan topik permasalahan dan mengekspresikan ke inti judul, mahasiswa kesulitan menjabarkan permasalahan ke dalam variabel-variabel, dan mahasiswa kesulitan melahirkan instrumen penelitian, menetapkan teknik analisis data dan analisis data hasil penelitian. Faktor eksternal mahasiswa menemui kelalaian waktu dalam menjalankan proses pengerjaan skripsi yang mengakibatkan keterlambatan dalam penyelesaian pembuatan skripsi. Hasil yang kedua didapatkan bahwa hasil analisis dari kedua faktor tentang kesulitan penyusunan tugas akhir skripsi yang lebih besar berpengaruh dengan kriteria setuju adalah faktor eksternal (68,67%) sebagai faktor yang lebih berpengaruh dalam penyelesaian skripsi.
References
Alfaridh, D., Syahri, B., Yufrizal, A., & Nurdin, H. (2019). Kontribusi Pelaksanaan Pengalaman Lapangan Industri ( Pli ) Terhadap Kesiapan Diri Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Ft - Unp Bekerja Di Dunia Industri Contribution of Industrial Field Experience To Students ’ Readiness in Mechanical Engineering Department F. 1(3), 9–17.
Alif, A., Purwantono, Primawati, & Refdinal. (2022). Hubungan Disiplin Pembelajaran Daring Dengan Hasil Belajar Pada the Relationship of Online Learning Discipline With Learning Outcomes in Class X Pdtm Subjects At Smk Negeri 1 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 4(1), 52–57.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Riineka Cipta
Budhyani, I. D. A. M., & Angendari, M. D. (2021). Kesulitan dalam Menulis Karya Ilmiah. Mimbar Ilmu, 26(3), 400. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.40678
Damayanti, R. (2020). Analisis kesulitan mahasiswa menyelesaikan skripsi pada situasi pandemi covid 19 skripsi.
Daniel, F., & Taneo, P. N. L. (2019). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Penyusunan Proposal Penelitian Pendidikan Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(2), 79. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.956
Hermawan, I., & Supartono, T. (2017). Potensi Pakan Surili (Presbytis Comata) Di Kebun Campuran Kabupaten Kuningan. 11(2).
Kurniati, D., Warneri, & Okianna. (2018). Analisis Faktor Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi PPAPK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(12), 1–7.
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Musa, A. E., Studi, P., Akuntansi, P., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2019). Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Akuntansi.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Pasaribu, M. X. N., Harlin, & Syofii, I. (2016). Analisis kesulitan penyelesaian tugas akhir skripsi pada mahasiswa program studi pendidikan teknik mesin Universitas Sriwajaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 3(No 1), 24–28. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/ptm/article/download/5346/3630
Putra, W. D., Ambiyar, Helmi, N., & Nabawi, R. A. (2021). Jurusan Teknik Mesin , Fakultas Teknik , Universitas Negeri Padang Kampus Air Tawar , Padang 25131 No X TPM 1 X TPM 2 Jumlah Jumlah 38 Orang. 3(1), 45–51.
Rahim, B., Indrawan, E., Aziz, A., & Pasaribu, M. (2022). HUBUNGAN MOTlVASl BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEDIA PENDIDIKAN PROGRAM STUDl PENDlDlKAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNlVERSlTAS NEGERl PADANG RELATIONSHIP OF MOTIVATION TO LEARN TOWARDS THE RESULTS OF LEARNING MEDIA EDUCATION MECHANICAL ENGlNEERlNG ED. 4(2), 50–54. http://vomek.ppj.unp.ac.id/index.php/vomek/article/view/345/192
Riduwan. (2004). Metode Observasi dan Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Rifdarmon, R., Ambiyar, A., & Wakhinuddin, W. (2020). Persepsi Mahasiswa Tentang Kompetensi Dosen Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Listrik Dan Elektronika Otomotif. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 113. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1600
Rismen, S. (2015). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Penyelesaian Skripsi di Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI. Lemma, I(2), 57–62.
Roelyana, S., & Listiyandini, R. A. (2016). Peranan Optimisme terhadap Resiliensi pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang Mengerjakan Skripsi. Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia, 1(1), 29–37.
Sarajar, D. K. (2016). PENGARUH PELATIHAN SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP PROKRASTINASI PENYELESAIAN SKRIPSI PADA MAHASISWA TINGKAT Dewita Karema Sarajar THE EFFECT OF SELF-REGULATED LEARNING TRAINING ON Prokrastinasi dalam atau PENDAHULUAN harus dipenuhi Skripsi merupakan sua. 18(2).
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Syamsuddin dan Damayanti. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya