HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR, DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN EKSPEKTASI KERJA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI S2 PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FT UNP
Abstract
Penelitian bertujuan mengungkapkan hubungan prestasi belajar, social support orang tua dan harapan bekerja pada minat melanjutkan studi S2 pada mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin FT-UNP. Jenis penelitian yang diberlakukan ialah quantitative research. Subjek penelitian ialah mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Angkatan 2018 FT-UNP sebanyak 76 mahasiswa. Teknik pengumpulan data memakai kuisioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data memakai metode correlational analysis. Hasil penelitian memperlihatkan: 1) Tidak terdapat hubungan prestasi belajar pada minat lanjut studi S2 pada mahasiswa pendidikan teknik mesin FT-UNP yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (r)= 0207, 2) terdapat adanya keterikatan hubungan dorongan sosial orang tua pada minat melanjutkan studi S2 peserta didik Pendidikan Teknik Mesin FT UNP yang diperlihatkan pada nilai korelasi koefisien (r) = 0,346, 3) dihubungan ekspektasi kerja pada minat melanjutkan studi S2 diperlihatkan dengan penilaian korelasi koefisien (r)= 0,314, 4) tampak hubungan prestasi belajar, social support orang tua dan harapan bekerja dengan bersama pada minat lanjut studi pascasarjana S2 peserta didik Pendidikan Teknik Mesin FT-UNP yang ditunjukkan dengan koefisien determinasi (R2)= 0,191. Nilai Sumbangan Relatif X1= 6,9%, X2=51,1%,X3=41,8%, dan total sumbangan efektif yaitu 19,1%. Hasil dari penelitian ini mengharapkan mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin memiliki ketertarikan untuk lanjut pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu pascasarjana (S2).
References
Ambiyar, Ferdiansyah, Magdalena Z, M., & Putra, D. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis E Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Matakuliah Media Pembelajaran Musik. Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra Dan Seni. https://doi.org/10.24036/komposisi.v21i1.42098
Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Aziz, A., Akhyar, M., & Suwachid. (2013). Hubungan Prestasi Belajar dan Kondisi Ekonomi Keluarga dengan Minat Melanjutkan Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNS Semester VIII Tahun Akademik 2012/2013. Jurnal Nosel.
Bps.go.id. (2021). Indikator Pendidikan, 1994-2020.
Chohan, B. I., & Khan, R. M. (2010). Impactof parental support on the academic performance and self concept of the student. Journal of Research and Reflections in Education, 14–26.
Darmawan, D. (2021). Urgensi Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Vokasi Di Era Revolusi Industri 4.0. Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Melalui Program Vokasi Untuk Kebutuhan Dunia Industri, 1, 99–110.
Djaali. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Fortuna, A., Saputra, A., Ramadhan, A., Prasetya, F., Primawati, P., & Rahmadhani, D. (2022). Development of Physics Learning Media Based on Augmented Reality Newton’s Law Material. Seminar Nasional Pendidikan Fisika VII, 1–8.
Hanim, L. F., & Puspasari, D. (2021). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Minat Melanjutkan Studi S2 Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1838–1848.
Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran. PT Media Persada.
Jasman, Rendi, Z., Erizon, N., & Adri, J. (2020). Hubungan Disiplin dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran PDTM pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Solok. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(1).
Mufida, A., & Effendi, Z. M. (2019). Pengaruh Pendapatan Orang Tua dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 2 Pariaman. Jurnal Ecogen, 2, 687–695.
Nardo, D. F., Jalinus, N., & K, A. (2019). Penerapan Project Based Learning Berbasis Grasps Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Mpmb Kelas Xi Smk Semen Padang Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(1), 20–26. https://doi.org/10.24036/vomek.v1i1.26
Prasetya, F., Syahri, B., Fajri, B. R., Ranuharja, F., Fortuna, A., & Ramadhan, A. (2021). Improved learning outcomes of CNC programming through Augmented Reality job sheet learning media. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 21(3), 221–233.
Rahim, B., Suparno, S., Erizon, N., & Syahri, B. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Matakuliah Teknologi Proses Fabrikasi. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(2), 49–54. https://doi.org/10.24036/vomek.v1i2.63
Sukmadinata. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Kesuma Karya.
Umma, I., & Margunani. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar, Prestasi Belajar dan Kondisi Ekonomi Keluarga terhadap Minat Siswa Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Kelas XI IPS di SMA Negeri Sekecamatan Ngaliyan Semarang. Economic Education Analysis Journal, 4(1), 242–249.
Waskito, Ambiyar, Permata S, V., & Nurdin, H. (2021). Jurusan Teknik Mesin , Fakultas Teknik , Universitas Negeri Padang Kampus Air Tawar , Padang 25131. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(3), 30–37.