UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) PADA MATA PELAJARAN NC/CNC DAN CAM DI KELAS XI SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT
Abstract
Kompetensi dasar yang perlu dimiliki peserta didik berdasarkan kurikulum 2013 adalah kemampuan memahami informasi dan konsep dengan kata-kata mereka sendiri. Melalui penggunaan model direct instruction, penelitian ini berupaya menumuhkan hasil belajar peserta didik di pembelajaran Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM Kelas XI TP-2 di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Penelitian dilangsungkan memakai metode classroom action research (CAR) dengan permodelan tindakan kelas. Subjek penelitian ialah peserta didik kelas XI TP-2 bertotal 14 orang peserta didik. Pelaksanaan research dilakukan bulan Agustus sampai September 2022 terdiri dari dua siklus uji tahapan. Instrumen penelitian memakai soal tes objektif berdasarkan data hasil belajar peserta didik penelitian siklus II memakai model pembelajaran secara langsung memperlihatkan terdapat pertumbuhan dibandingkan pada siklus I. Peningkatan hasil pelajaran setiap siklusnya tampak dari hasil tes soal opsi ganda. Hasil penelitian diperlihatkan pada siklus I terperoleh rata-rata nilai sebesar 76,07 dan terjadinya pertumbuhan pada siklus II jadi 81,01. Persentase kelulusan klasikal siklus I sebanyak 71% dan mengalami pertumbuhan siklus II jadi 93%, sesuai dengan indikator ketercapaian yang sudah diatur rinci peneliti yaitu nilai KKM 75 dengan kelulusan klasikal minimal 85%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan pertumbuhan hasil belajar di peserta didik pada pembelajaran Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM dengan memakai model pembelajaran langsung.
References
Ahmad, S., Ambiyar, & Karudin, A. (2019). Penerapan Asesmen Kinerja Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Pengelasan Siswa Kelas X SMKN 1 Sumbar. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(3), 525–533.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Emputri, Y., Ambiyar, Karudin, A., & Rahim, B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Smk Negeri 1 Pariaman. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(1), 8–14.
Fortuna, A., Saputra, A., Ramadhan, A., Prasetya, F., Primawati, P., & Rahmadhani, D. (2022). Development of Physics Learning Media Based on Augmented Reality Newton’s Law Material. Seminar Nasional Pendidikan Fisika VII, 1–8.
Hilman, A., Syahri, B., Refdinal, & Rifelino. (2022). Implementation of Project Based Learning Model to Improve Student Learning Activities in Mechanical Engineering. Journal of Mechanical Engineering Education, 9(1), 25–35.
Hunaepi, Samsuri, T., & Afrilyana, M. (2014). Model Pembelajaran Langsung Teori dan Praktik (Muhali, H. Fitriani, & S. Prayogi (eds.)). Duta Pustaka Ilmu.
Jalinus, N., & Nabawi, R. A. (2017). Implementation Of The PJBL Model To Enhance Problem Solving Skill And Skill Competency Of Community College Student. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(3), 304–311.
Jasman, Saputra, M. I., & Refdinal. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Program Lapangan Kependidikan (PPLK) pada Mata Diklat Gambar Teknik di SMK Negeri 5 Padang.
Karudin, A. (2015). Pendidikan Kejuruan dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Kualitas Human Capital. Proceeding FPTK, 434.
Laksono, W. A., Munoto, Basuki, I., & Suprianto, B. (2022). Studi Meta Analisis Efektivitas Model Pembe;ajaran Terhadap Kompetensi Siswa SMK Program Keahlian Teknik Instalasi Listrik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(2), 221–232.
Muijs, D., & Reynolds, D. (2008). Effective Teaching: teori dan aplikasi. Pustaka Pelajar.
Prasetya, F., Syahri, B., Fajri, B. R., Ranuharja, F., Fortuna, A., & Ramadhan, A. (2021). Improved learning outcomes of CNC programming through Augmented Reality job sheet learning media. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 21(3), 221–233.
Primawati, Ambiyar, & Ramadhani, D. (2017). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Talking Stick. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(1), 73–80.
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.
Refdinal, R., Ambiyar, A., Waskito, W., & Nurdin, H. (2019). Assessment Methods with Gradations of Answers on Learning through E-Learning. March. https://doi.org/10.2991/ictvet-18.2019.31
Septiana, R., Ngadiman, & Ivada, E. (2013). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Smp Negeri Wonosari. JUPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 107–118.
Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Kencana Prenada Media Group.
Sukma, A. M., Muslim, A., & Pamujo. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Children Learning in Science (Clis). MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 9(1), 1–9.
Syahri, B., Syahril, & Yuliana. (2015). Strategi Pembelajaran Problem Solving di SMK N 10 Padang. 3 Rd International Conference on Technical and Vocation Education and Training (TVET), 124–128.
Yufrizal, A., Indrawan, E., & Aziz, A. (2019). Improving Teacher ’ s In Developing & Analyzing Made Test Through Follow-Up At CNC Machine Training. October.
Submitted
Copyright (c) 2023 Jurnal Vokasi Mekanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.