PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI PEMESINAN DI DEPARTEMEN TEKNIK MESIN FT UNP
Abstract
Pendidik di haruskan untuk memilih strategi dalam proses belajar seperti model pembelajaran sehingga memberikan dampak positif. Penerapan model pembelajaran memberikan bantuan untuk menaikan kreatifitas peserta didik. Mata kuliah Teknologi Pemesinan ialah mata kuliah bidang keahlian wajib dalam menjalani program pendidikan di Departemen Teknik Mesin FT UNP. Obsevarsi yang dilakukan pada kelas yang belajar mata kuliah Teknologi Pemesinan diketahui masih banyak hasil belajar mahasiswa yang kurang maksimal. Salah satu faktor yang memberikan dampak atas hasil belajar ini yaitu pembelajaran teknologi pemesinan yang masih berfokus kepada dosen yang membuat mahasiswa keaktifannya berkurang. Tujuan kajian ini yaitu melihat pengaruh penerapan pembelajaran Project Based Learning (PJBL) atas hasil belajar mahasiswa mata kuliah teknologi pemesinan di Departemen Teknik Mesin FT UNP tahun 2022. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif korelasional. Kuantitatif korelasional ialah jenis penelitian yang menekankan analisis dengan angka yang didapatkan menggunakan metode statitiska dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel. Hasil uji t parsial maka didapatkan nilai signifikan penerapan model PjBL (X) terhadap hasil belajar (Y) yaitu 0,000. Berdasarkan hasil keputusan output coefficients diketahui sig 0,000 <0,05 dan Thitung 7.901 > Ttabel 2,001. Kesimpulan kajian ini yaitu ada pengaruh antara penerapan project base learning dengan hasil belajar teknik Pemesinan di Departemen Teknik Mesin FT UNP tahun 2022.
References
Al Azka, H. H., Setyawati, R. D., & Albab, I. U. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 224–236. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4473
Dasopang, aprida pane ; M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(2), 333–352.
Dharmayani, N. K. Y. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Membuat Jamu dan Boreh/Lulur Perawatan Badan. Journal of Education Action Research, 5(2), 38–43. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33375
E.Okudan, G., & E.Rzasa, S. (2006). A Project-Based Approach to Entreprenurial Leadership Education. Technovation, 26(2), 195–210.
Erick Suryadi, P. G., Agustini, K., & Sugihartini, N. (2019). Pengaruh E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Videografi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Desain Komunikasi Visual Di Smk Negeri 1 Sukasada. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 7(3), 302. https://doi.org/10.23887/janapati.v7i3.13433
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
Fornandes, B., A, Y., Prasetya, F., & Indrawan, E. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share(TPS) terhadap Hasil Belajar pada Mata Diklat CNC Kelas XI SMK Negeri 2 Payakumbuh. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(1), 45–51.
Khardin, A., Suparn, Primawati, K, A., Refdinal, & Yufrizal. (2020). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik kelas X Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(1), 73–85.
Komalasari, I., Sumayana, Y., Sutisna, R. H., Info, A., Belajar, K., Belajar, H., Komalasari, I., & April, U. S. (2022). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar ips di kelas iv sdn cipunagara kecamatan wado kabupaten sumedang tahun pelajaran 2020/2021. 1(2), 32–40.
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
Putri, S. C., Erizon, N., Sari, D. Y., & Arafat, A. (2021). Tinjauan Minat Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Mata Kuliah Fisika Terapan Program Studi D3 Teknik Mesin Ft-Unp. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(3), 15–21. https://doi.org/10.24036/vomek.v3i3.211
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548
Senthot, D. R., Indrawan, E., Erizon, N., & Abadi, Z. (2022). Hubungan Self-Disclosure Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Di Smk Negeri 5 Padang The Relationship Of Self-Disclosure To Student Learning Outcomes In Technical Drawing Subjects At Smk Negeri 5 Padang. 4(1), 32–37.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT. ALFABETA.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Suharsimi, A. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan. Rineka Cipta.
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Dasar, 2, 43–48.
Suraji, M. A. P. (2022). Model ( PjBL ) Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Fpb Dan Kpk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Maya Ayu Putri Suraji Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Universitas PGRI Adi Buana Surabaya , Indonesia Email : Mayaayuputri04@gmail.com. SNHRP, 979–984.
Susanti, T. (2016). Hubungan self efficacy dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam terpadu. IJER (Indonesian Journal of Educational Research), 1(1), 34. https://doi.org/10.30631/ijer.v1i1.9
Utama, A., Jalinus, N., Jasman, & Hasanuddin. (2020). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Produk Kreativitas Kewirausahaan Siswa Kelas Xi SMK Negeri 1 Bukittinggi Implementation Of Project Based Learning Model To Improve Activites , And Learning Out. 2(2), 48–55.
Wayan Rati, N., Kusmaryatni, N., Rediani, N., & Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2), 60–71.
Submitted
Copyright (c) 2023 Jurnal Vokasi Mekanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.