PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) BERBASIS ANDROID UNTUK MAHASISWA DEPARTEMEN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI PADANG
Abstract
Sistem Pendidikan yang baik dan maju selalu didukung dengan perangkat pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran. Dalam melakukan suatu pekerjaan baik di industri dan wokshop kerja perlu diperhatikan pemahaman terhadap Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) terkhususnya mengenai safety tools. Namun, berdasarkan hasil observai peneliti terhadap proses perkuliahan yang berlangsung banyak mahasiswa yang kurang memahami tujuan pembelajaran dari mata kuliah K3. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menciptakan media pembelajaran bagi mahasiswa Departemen Teknik Mesin angkatan 2020/2021 pada mata kuliah K3 dengan membuat media pembelajaran dengan sistem game yang dapat dimainkan oleh mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan berupa Research and Development dengan jenis penelitian model Plomp. Lokasi penelitian dilakukan pada Departemen Teknik Mesin Universitas Negeri Padang. Sample penelitian ini akan diambil dari mahasiswa Departemen Teknik Mesin angkatan 2020/2021. Berdasarkan pengujian aplikasi yang telah dirancang dan divalidasi oleh ahli materi pada mata kuliah K3 dengan hasil 92% dengan keterangan sangat valid. Pengujian aplikasi untuk ahli media memperoleh nilai sebesar 90% dengan keterangan sangat valid. Hasil praktikalitas yang dilakukan dan diuji kepada mahasiswa memberikan persentase nilai sebesar 83% menyatakan bahwa aplikasi praktis dipergunakan. Berdasarkan data dan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa perancangan media pembelajaran berupa game mengenai K3 berbasis android untuk Mahasiswa Departemen Teknik Mesin sangat valid dan sangat praktis dan layak digunakan.
References
Ambiyar, Syahri, B., Adri, J., Primawati, Nurhaliza, & Islami, S. (2020). Penerapan Model Project-Based Learning Dalam Mata Diklat Gambar Sketsa. Jurnal Kependidikan, 4(1), 125–138.
Arindiono, R. Y., & Ramadhani, N. (2013). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika untuk Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Sains Dan Seni Pomits, 2(1), 28–32.
Cahyaningrum, D. (2020). Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja Di Laboratorium Pendidikan. Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan, 2(1), 35–40. https://doi.org/10.14710/jplp.2.1.35-40
Erniati Bachtiar, & Mahyuddin Mahyuddin. (2021). Manajemen K3 Konstruksi (1st ed.). Yayasan Kita Menulis.
Gusdiyanto, H., & Mustafa, P. S. (2022). Evaluasi Rancangan Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di Sekolah Dasar Negeri Bunulrejo 1 Kota Malang. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 7(1), 115–131.
Hati, S, W. (2015). Analisis Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Pembelajaran Di Laboratorium Program Studi Teknik Mesin Politeknik Negeri Batam. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Ikhbal, M., & Musril, H. A. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, 5(1), 15. https://doi.org/10.51211/imbi.v5i1.1411
Irzal. (2016). Dasar-Dasar Kesehatan dan Keselamatan Kerja (1st ed.). KENCANA.
Khaerudin, M., Srisulistiowati, D. B., & Warta, J. (2021). Game Edukasi Dengan Menggunakan Unity 3D Untuk Menunjang Proses Pembelajaran. JSI - (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 8(2), 263–272.
Normina. (2017). Pendidikan dalam Kebudayaan. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(28), 17–28.
Nurdin, H., Hasanuddin, Waskito, Refdinal, & Darmawi. (2017). Assessment of Product Prototype Existence as a Media of Learning to Accelerate The Transfer of Technology and Diversification in Rural Industries. International Conference on Technical and Vocation Education and Training, 4(4), 76–81.
Prasetya, F., Fajri, B. R., Syahri, B., Ranuharja, F., Fortuna, A., & Ramadhan, A. (2021). Improved learning outcomes of CNC programming through Augmented Reality jobsheet learning media. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 21(3), 221–233.
Primawati, Ambiyar, & Ramadhani, D. (2017). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Mengunakan Metode Talking Stick. Invotek, 17(1), 73–80.
Purwanto, N. A. (2006). Kontribusi pendidikan bagi pembangunan ekonomi negara. Jurnal Manajemen Pendidikan UNY, 02, 114456.
Putri, A. R., & Muzakki, M. A. (2019). Implemetasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Game Based Learning dalam Mengahadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Universitas Muria Kudus, 1–7.
Rahadi, M. R., Satoto, K. I., & Windasari, I. P. (2016). Perancangan Game Math Adventure Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 4(1), 44. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.4.1.2016.44-49
Rahman, A. (2020). Urgensi Keselamatan Kesehatan Kerja Dan Lingkungan (K3L). 01(01), 1–2.
Refdinal, & Niki, P. (2019). Hubungan Minat Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Permesinan Pada Mata Diklat Gambar Teknik Di SMK Negeri 1 Padang. Ranah Research: Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 1(4), 805–811.
Risdianto, E. (2019). Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Research Gate, April(January), 1–16.
Syahri, B., & Syahrial, S. (2020). Hubungan Tingkat Kreativitas Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(2), 22–30. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i2.65
Tyas, A. A. W. P. (2018). Pentingnya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Dalam Meningkatkan Produktivitas kerja karyawan. Pentingnya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan, 8(3), 217–223.