HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 SUMBAR

  • Ovi Marendah Universitas Negeri Padang
  • Nelvi Erizon Universitas Negeri Padang
  • Purwantono Purwantono Universitas Negeri Padang
  • Arwizet Arwizet Universitas Negeri Padang
  • Andre Kurniawan Universitas Negeri Padang
Keywords: Hubungan, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Dasar Perancangan Teknik Mesin, SMK

Abstract

Pendidikan berperan penting dituntut untuk mampu memotivasi siswa dengan baik dengan tujuan meraih hasil belajar optimal. Dalam menumbuhkan hasil belajar peserta didik perlunya motivasi belajar yang tepat. Penelitian ini diterapkan karena hasil belajar siswa teknik mesin SMK Negeri 1 Sumatera Barat masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah adanya hubungan antara motivasi belajar siswa kelas X DPTM SMK Negeri 1 Sumatera Barat dengan hasil belajarnya. Jenis penelitian yang dipakai ialah penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional terfokus pada penyelidikan daya dengan teknik statistik dalam melihat kehadiran dan signifikan hubungan 2 variabel atau lebih. Penelitian telah dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Hasil penelitian motivasi belajar Dasar Perancangan Teknik Mesin diperoleh nilai mean yaitu 53.64, median 54.00 dengan standar deviasi 12.248. Penelitian hasil belajar Dasar Perancangan Teknik Mesin didapatkan nilai mean yaitu 46.50, median 45.00 dengan standar deviasi 11.328. terdapat hubungan motivasi belajar pada hasil belajar pembelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin kelas X SMK Negeri 1 Sumatera Barat rhitung 0.461 sedangkan rtabel 0.241. Disimpulkan pada penelitian terdapat hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar pembelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin berkolerasi positif dan peserta didik termotivasi dalam menumbuhkan hasil belajar yang baik, optimal, memiliki keterkaitan, dan nilai diatas KKM.

References

Ananto, S. (2020). Peningkatan Sikap Jujur Dalam Mengerjakan Tugas Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin Melalui Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan, 13(1), https://jurnal.uns.ac.id/jptk.

Arianti, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Avindo, R., & Erizon, N. (2019). Hubungan motivasi memasuki dunia kerja dengan kesiapan kerja peserta didik kelas XII teknik pemesinan di SMK Negeri 5 Padang. Ranah Research: Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 2(1), 122–130.

Cikka, H. (2020). Strategi Komunikasi Guru Memotivasi Peserta Didik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Al-Mishbah: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 15(2), 359. https://doi.org/10.24239/al-mishbah.vol15.iss2.171

Erdi, P. N., Erizon, N., & Arwizet, K. (2019). Efektifitas Penggunaan Modul Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin Kelas X SMK Semen Padang. 1(2), 30–38.

Fortuna, A., Saputra, A., Ramadhan, A., Prasetya, F., Primawati, P., & Rahmadhani, D. (2022). Development of Physics Learning Media Based on Augmented Reality Newton’s Law Material. Seminar Nasional Pendidikan Fisika VII, 1–8.

Hasibuan, A. A., Syah, D., & Marzuki, M. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter Di Sma. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 191. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i02.1230

Irham, I., Syukri, F., & Hamdani, M. D. Al. (2019). Pengaruh Kegiatan Keagamaan terhadap Kualitas Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 1–34.

Mahendra, H., Syahrul, S., & Syahri, B. (2019). Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Sarana Belajar Gambar Dengan Hasil Belajar Mata Diklat Gambar Teknik Padakelas X Teknik Permesinan Di Smk Negeri 1 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(2), 12–22. https://doi.org/10.24036/vomek.v1i2.30

Nasution, S. (2017). Variabel Penelitian. Raudhah, 5(2), 1–9.

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43.

Nugraha, H., & Ambiyar, A. (2018). Pengaruh Budaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ketrampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 49–54. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i2.295

Pamungkas, A., Subali, B., & Linuwih, S. (2017). Implementasi Model Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 118. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14562

Prasetya, F., Syahri, B., Fajri, B. R., Ranuharja, F., Fortuna, A., & Ramadhan, A. (2021). Improved learning outcomes of CNC programming through Augmented Reality job sheet learning media. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 21(3), 221–233.

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Rosda Karya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung: Alfabeta. Alphabeta.

Sukrawan, Y., & Komaro, M. (2017). Penggunaan Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan Teknik Mesin. Innovation of Vocational Technology Education, 7(1), 94–113. https://doi.org/10.17509/invotec.v7i1.6080

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Uno, H. B. (2021). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. In Bumi Aksara (pp. 1–127).

Yudha, D. A., & P., B. S. H. (2017). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 5(3), 215–222.

Yuliandri, B. S., & Wijaya, H. E. (2021). Social Emotional Learning (SEL) to Reduce Student Academic Stress during the COVID-19 Pandemic. Proceding of Inter-Islamic University Conference on Psychology, 1(1), 1–8.

Submitted

2022-11-09
Accepted
2022-11-15
Published
2022-11-30
How to Cite
[1]
O. Marendah, N. Erizon, P. Purwantono, A. Arwizet, and A. Kurniawan, “HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 SUMBAR”, Vomek, vol. 4, no. 4, pp. 161-166, Nov. 2022.