EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN MESIN BUBUT SMK NEGERI 1 PADANG
Abstract
Media pembelajaran perannya sangat dibutuhkan dalam melaksanakan pembelajaran agar lebih terstruktur dan siswa paham apapun penyampaian dari guru. Observasi yang telah selesai penulis lakukan di SMK Negeri 1 Padang pada tanggal 9 Juli 2022 menunjukkan bahwasanya siswa lebih semangat dan lebih minat disaat guru menyampaikan materi dengan memanfaatkan teknologi. Adapun tujuan utama dari penelitian yang penulis lakukan ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan media Google Sites. Ada beragam metode yang dapat digunakan dalam menganalisis minat belajar, metode yang penulis gunakan adalah analisis kuantitatif dengan melaksanakan penelitian secara quasi experimental design sehingga penulis memilih dua buah kelas yaitu kelas XI Teknik Pemesinan rombel A (eksperimen) dan XI Teknik Pemesinan rombel B (kontrol). Hasil penelitian diperoleh untuk penggunaan media pembelajaran Google Sites dari kelas eksperimen presentasenya adalah 69,9% tergolong baik. Minat belajar kelas eksperimen persentasenya adalah 73,8% tergolong baik dan minat belajar kelas kontrol persentasenya adalah 72,9% tergolong baik. Walaupun dari segi penggunaannya dan minat dari kedua kelas tersebut tergolong baik, akan tetapi tingkat keefektifan media Google Sites dengan perhitungan manual didapatkan thitung 0,176 dan ttabel 2,008, thitung < ttabel sehingga H0 diterima, dan H1 tidak diterima, sedangkan perhitungan melalui SPSS didapatkan Two-Sided p 0,697, dengan perbandingan 0,697 > 0,05 H0 diterima dan H1 ditolak, media pembelajaran Google Sites tidak efektif dalam meningkatkan minat belajar kelas XI Teknik Pemesinan A.
References
Alfonis, W., Helmi, N., Refdinal, & K, A. (2020). Pengembangan Modul Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Berbasis Project Based Learning Di Jurusan Teknik Pemesinan Smk Negeri 5 Padang. 2(4), 12–18.
Djaali. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=wY8fEAAAQBAJ
Handoko, & Waskito. (2018). Blended Learning: Konsep dan Penerapannya. In Blended Learning: Konsep dan Penerapannya (Issue August 2018). https://doi.org/10.25077/car.64.60
Herinda, M., & Nane, L. (2020). Pelatihan Pembuatan Dan Penggunaan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Kepada Guru Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Boalemo. Jurnal Abdimas Gorontalo, 3(2), 78–82.
Hidayat, A. A. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas-Reliabilitas. Health Books Publishing. https://books.google.co.id/books?id=0dAeEAAAQBAJ
Ismail, & AlBahri, P. F. (2019). Perancangan E-Kuisioner menggunakan CodeIgniter dan React-Js sebagai Tools Pendukung Penelitian. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), 3(2), 337. https://doi.org/10.30645/j-sakti.v3i2.152
Kemendikbudristek. (2022). Surat Edaran Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No. 2 Tahun 2022 tentang Diskresi Pelaksanaan Keputusan Bersama 4 (Empat) Menteri Panduan. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 4, 4–5.
Kesumawati, N., Retta Marga, A., & Sari, N. (2017). Pengantar Statistika Penelitian. Rajawali Pers. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1135608
Kurniasari, A. dkk. (2020). Pendidikan guru sekolah dasar fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah surakarta 2013. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8. http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=cCTyDwAAQBAJ
Mulya, R., Primawati, Refdinal, & Lapisa, R. (2022). Efektivitas Penggunaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X Teknik Pemesinan Di Smkn 1 Batipuh the Effectiveness of Using Google Classroom As a Learning Media in Engineering Pictures for Class X Machinery E. 4(1), 6–12.
Mulyani, S., Syahri, B., Suparno, & Purwantono. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin Di Smk Negeri 5 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(4), 33–39. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i4.127
Nurrahmah, A., Rismaningsih, F., Hernaeny, U., Pratiwi, L., Wahyudin, Rukyat, A., Yati, F., Lusiani, Riaddin, D., & Setiawan, J. (2021). Pengantar Statistika 1. Media Sains Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=Vm1XEAAAQBAJ
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 33. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762
Rahim, B. (2021). Media Pendidikan. PT Rajagrafindo Persada.
Ridwan, M., Erizon, N., Purwantono, & Jasman. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Pada Mata Kuliah Media Pendidikan Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Padang Student’S Perception of Media Use E-Learning in the Course Education Media Mechanical Engineering Padang. 2(4), 2656–1697.
Rina Dwi Muliani, R. D. M., & Arusman, A. (2022). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133–139. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.1684
Sutrisno. (2020). Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Tik Materi Topologi Jaringan Dengan Media Pembelajaran. Ahlimedia Book. https://books.google.co.id/books?id=v1UNEAAAQBAJ
Watnaya, A. kusnayat, Muiz, M. hifzul, Nani Sumarni, Mansyur, A. salim, & Zaqiah, Q. yulianti. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran
Kuliah Online Di Era Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 153–165. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1987
Submitted
Copyright (c) 2023 Jurnal Vokasi Mekanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.