PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN DASAR TEKNIK MESIN KELAS X DI SMK NEGERI 1 PADANG

  • Raju Rahmadian Universitas Negeri Padang
  • Primawati Primawati Universitas Negeri Padang
  • Refdinal Refdinal Universitas Negeri Padang
  • Budi Syahri Universitas Negeri Padang
Keywords: Pengaruh, Media Pembelajaran, Video, Pendidikan Dasar Teknik Mesin, SMK Negeri 1 Padang

Abstract

Observasi yang dilakukan di SMK Negeri 1 Padang diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran konvensional masih digunakan pada saat belajar. Penerapan media yang konvensional pada saat proses belajar hanya cocok pada sata awal belajar sehingga di waktu panjang membuat siswa lupa langkah - langkah suatu pekerjaan dan kurang termotivasi sehigga berdampak kepada hasil belajar yang rendah. Tujuan Penenlitian ini adalah melihat Pengaruh dari media pembelajaran berbasis video terhadap hasil belajar pelajaran Pendidikan Dasar Teknik Mesin kelas X di SMK Negeri 1 Padang. Penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif dikarenakan data yang didapat berbentuk angka, dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis diperoleh Berdasarkan hasil uji t pada variable hasil belajar kelas control (Y1) terhadap hasil belajar kelas eksperimen (Y2). Dan diketahui Asymp.Siq 0,023. Karena nilai Siq 0,023 < 0,05 maka ada korelasi dari kedua data variabel yang mana bahwa terdapat pengaruh antara kelas kontrol dan eksperimen atas hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin (PDTM). Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu Video pembelajaran dapat membawa pengaruh  kepada hasil belajar siswa. Pembelajaran menggunakan video terbukti lebih unggul dalam meningkatkan kemampuan mengingat, pemahaman,  hingga menganalisis. Terdapat peningkatan rata rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Dan hasil angket diketahui bahwa adanya respon positif dari siswa mengenai pembelajaran dengan bantuan media video pembelajaran.

References

UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2003).

Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Kencana.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Pelajar.

Atmaja, H. T. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan dan Pemanfaatan Media Audio-Visual Interaktif dalam Pembelajaran Sejarah yang Berbasis pada Konservasi Kearifan Lokal Bagi MGMP Sejarah Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 1(2), 131–140. https://doi.org/10.15294/panjar.v1i2.29722

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584

Damayanti, T., & Gemiharto, I. (2019). Kajian Dampak Negatif Aplikasi Berbagi Video Bagi Anak-Anak Di Bawah Umur Di Indonesia. Communication, 10(1), 1. https://doi.org/10.36080/comm.v10i1.809

Delfisanur, D., Sari, D. Y., Hasanuddin, H., & Ambiyar, A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Youtube Terhadap Aktifitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Mesin Konversi Energi Di Smk Negeri 1 Koto Xi Tarusan. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(1), 53–59. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i1.85

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 17–26.

J. Yudha, S. S. (2021). Manfaat Media Pembelajaran Youtube Terhadap Capaian Kompetensi Mahasiswa. Journal of Telenursing (JOTING), 3(2), 538–545.

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 1(1), 745–751.

Masnur, A., Waskito, & Erizon, N. (2016). Kontribusi Minat Kerja Dan Penguasaan Mata Pelajaranproduktif Terhadap Keberhasilan Praktek Kerjaindustri Siswa Kelas Xii Program Teknikpemesinan Di Smk Negeri 2 Solok. Jurnal Pendidikan Teknik Mesinjurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang.

Nirva. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual pada Pembelajaran Biologi Terhadap Motivasi belajar , Kemandirian belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Effects of the Use of Audio Visual Media on Biological Learning Against Motivation , Learning. Prosiding Seminar Nasional, 470–474.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Pambudi, R., Afghohani, A., & Farahsanti, I. (2018). Pengaruh Media Video Youtube Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2017 / 2018. Jurnal Pendidikan, 28(2), 175–182.

Pamungkas, A. S., Ihsanudin, I., Novaliyosi, N., & Yandari, I. A. V. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe: Inovasi Pada Perkuliahan Sejarah Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127. https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.705

Salvi, A. & P. M. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 7 Padang pada Mata Pelajaran Kelompok Produktif Jurusan Tata Kecantikan. Jurnal Tata Rias Dan Kecantikan, 1(2), 163–171.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Syahri, B., & Syahrial. (2020). Hubungan Tingkat Kreativitas dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(2), 22–30.

Tanjung, R. N. P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Universitas Negeri Medan.

Vananda, R., Lapisa, R., Aziz, A., & Purwantono, P. (2022). Efektifitas Pelaksanaan Praktek Kerja Industri Siswa Smk Negeri 1 Batipuh. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 4(1), 13–18. https://doi.org/10.24036/vomek.v4i1.282

Submitted

2022-11-17
Accepted
2023-01-11
Published
2023-02-28
How to Cite
[1]
R. Rahmadian, P. Primawati, R. Refdinal, and B. Syahri, “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN DASAR TEKNIK MESIN KELAS X DI SMK NEGERI 1 PADANG”, Vomek, vol. 5, no. 1, pp. 21-25, Feb. 2023.