KONTRIBUSI MOTIVASI DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK MESIN SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT

  • Ade Foury Putra Universitas Negeri Padang
  • Yufrizal A Universitas Negeri Padang
  • Waskito Waskito Universitas Negeri Padang
  • Primawati Primawati Universitas Negeri Padang
Keywords: Kontribusi, Motivasi, Fasilitas, Hasil belajar, SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Abstract

Pendidikan memiliki peranan penting untuk memotivasi dan memfasilitasi siswa dengan baik dengan tujuan memperoleh hasil belajar yang maksimal. Dalam mewujudkan hasil belajar yang maksimal perlu adanya motivasi yang tepat dan fasilitas yang memadai. Penelitian ini diterapkan karena hasil belajar siswa Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 1 Sumatera Barat masih rendah. Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk membuktikan kontribusi antara motivasi dan fasilitas belajar pada hasil belajar pembelajaran Kewirausahaan dan Produk Kreatif siswa kelas XI Teknik Mesin SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Jenis penelitian ialah quantitative research. Penelitian korelasional dipakai pada metode penelitian ini untuk menemukan dan mengungkapkan hubungan yang tidak dikendalikan atau di beri perlakuan pada peneliti dalam menemukan kontribusi antar variabel independent dan dependent yaitu motivasi dan fasilitas belajar dengan hasil belajar secara simultan dan parsial. Populasi penelitian ialah peserta didik kelas XI Teknik Mesin total keseluruhan 74 orang. Teknik pengumpulan memakai dokumentasi dan kuesioner sebagai data penelitian. Analisis regresi dan analisis deskriptif linear ganda di pakai menjadi teknik analisis data pada research. Hasil penelitian yang dilakukan adalah: (1) Adanya kontribusi yang positif antar motivasi belajar dengan hasil belajar, nilai r bertotal 0,637 dan koefesien determinasi (R2) persentasi 41%. (2) Adanya kontribusi yang positif antar fasilitas belajar dan hasil belajar, nilai r bertotal 0,589 dan koefesien determinasi (R2) persentasi 35%. (3) Adanya kontribusi baik antar fasilitas dan motivasi belajar bersamaan pada hasil belajar, nilai r bertotal 0,892 dan koefesien determinasi (R2) bertotal 80%. Kesimpulan penelitian yaitu terdapat kontribusi antara variabel independent terhadap variabel dependent baik secara parsial maupun simultan.

References

Alfaridh, D., Syahri, B., Yufrizal, A., & Nurdin, H. (2019). Kontribusi Pelaksanaan Pengalaman Lapangan Industri (PLI) Terhadap Kesiapan Diri Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin FT-UNP Bekerja Di Dunia Industri. Vokasi Mekanika, 1(3), 9–17.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Arikunto, & Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Asdi Mahasatya.

Daryanto, H. M. (2008). Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta.

Depdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003. tentang sistem pendidikan nasional.

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Dodi, A., Nelvi, E., Arwizet, & Bulkia, R. (2022). Hubungan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada the Relationship of Learning Facilities Towards Learning Outcomes of Class X Students in Basic Works of Mechanical Engineering ( Pdtm ) At Smk Negeri 5 Padang. 4(3), 1–5.

Fortuna, A., Saputra, A., Ramadhan, A., Prasetya, F., Primawati, P., & Rahmadhani, D. (2022). Development of Physics Learning Media Based on Augmented Reality Newton’s Law Material. Seminar Nasional Pendidikan Fisika VII, 1–8.

Irwandi, H., Muliantimulianti, Yufrizal A, & Hasanuddin, H. (2020). Pengaruh Motivasi Siswa Dan Fasilitas Menggambarterhadap Hasil Belajar Mata Diklat Gambar Teknik Smk Negeri 1 Koto Xi Tarusan. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(1), 30–37. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i1.80

Muchtar, A. (2015). Dasar Penelitian Kualitatif (Gelar Pustaka Mandiri (ed.)).

Prasetya, F., Syahri, B., Fajri, B. R., Ranuharja, F., Fortuna, A., & Ramadhan, A. (2021). Improved learning outcomes of CNC programming through Augmented Reality job sheet learning media. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 21(3), 221–233.

Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja grafindo Persada.

Sholekhah, I. M., & Hadi, S. (2014). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Melalui Motivasi Belajar SMP Negeri 1 Ambarawa. Economic Education Analysis Journal, 3(2), 372–378.

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Vol. 22). PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013a). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2013b). Metode Penelitian R&D. In ALFABETA, CV. Bandung (pp. 1–330).

Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenadmedia Group.

Syahri, W. Y., Syahri, B., Refdinal, R., & Rahim, B. (2021). Hubungan Motivasi Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Hasil Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin Kelas X Di Smk Negeri 1 Pariaman. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(3), 45–49. https://doi.org/10.24036/vomek.v3i3.215

Widyastuti, E., & Widodo, S. A. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar Matematika Keaktifan Siswa Dan Fasilitas Belajar Disekolah Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Se-Kecamatan Umbulharjo. Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 873–881.

Submitted

2022-11-22
Accepted
2023-01-31
Published
2023-02-28
How to Cite
[1]
A. Putra, Y. A, W. Waskito, and P. Primawati, “KONTRIBUSI MOTIVASI DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK MESIN SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT”, Vomek, vol. 5, no. 1, pp. 71-76, Feb. 2023.