PENGARUH PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING SISWA SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT PADA HASIL BELAJAR TEKNIK PEMESINAN BUBUT
Abstract
Hasil pengamatan yang dilaksanakan di SMK N 1 Sumatera Barat tanggal 14 September 2021 diketahui pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut, didapat banyak siswa memperoleh nilai dibawah KKM yang dilihat dari nilai ujian semeseter salah satu penyebab dari hasil belajar tersebut yaitu Pembelajaran yang dilaksanakan pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut masih konvensional. Pembelajaran konvensional membuat tingkat semangat dan keaktifan siswa kurang karena pembelajaran ini hanya membuat siswa mendengarkan atau melihat informasi materi pelajaran dari guru seorang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat pengaruh hasil belajar Mata Pelajaran Teknik Bubut dengan menerapkan pembelajaran Project based Learning di kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Jenis penelitian ini yaitu jenis quasy exsperiment dengan pendekatan kuantitatif serta menggunakan desain kelompok eksperimen dan kontrol tanpa pretest dengan nama Posttest-only-design. Hasil analisis independent sample t test diketahui sig 0,019 atinya 0,019 < 0,05. Dari hasi analisis ini dapat diketahui pada penelitian ini terdapat pengaruh dari pembelajaran project based learning atas hasil belajar kelas X1 SMK N 1 Sumatera Barat mata pelajaran Teknik Pemesinan Bubut. Kesimpulan pada penelitian ini adalah pembelajaran project based learning memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK N 1 Sumatera Barat dan juga terdapat peningkatan nilai siswa dari pembelajaran konvensional dengan project based learning dimana nilai pembelajaran konvensioanal sebesar 76 serta nilai project based learning sebesar 80,40.
References
Al Rasyid, I. A., Aziz, A., Purwantono, P., & Indrawan, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa Kelas XI Negeri 1 Tanjung Raya. Jurnal Vokasi Mekanik (VoMek), 2(4), 154-158. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i4.155
Ardianto, D., Helmi, N., Indrawan, E., Mesin, J. T., & Tawar, K. A. (2021). Efektivitas Penggunaan Cnc Simulator Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajar Teknik Pemesinan Nc / Cnc Dan Cam Kelas XII SMK Negeri 1 BukittinggiEffectiveness of Using aCnc Simulator To Increase Learning Outcomes in Learning Nc / Cnc Machiner. 3(4), 62-67
Fahri, L. M., & Qusyairi, L. A. H. (2019). Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran. Palapa, 7(1), 149–166. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.194
Fitriana, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran. Pai, 5(2), 87–92.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5
Imar Marfuah. (2016). Pendidikan Kejuruan. ACADEMIA Accelerating the World’s Research, 1(1). http://anwar-math.blogspot.com/2015/06/pendidikan-kejuruan-finlandia.html?m=1
Islamimahdi, Indrawan, E., Nurdin, H., & Kurniawan, A. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Video Tutorial untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Sumbar. Jurnal Vokasi Mekanika, 4(4), 130–135.
Manik, R., & Syahwin. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning Pada Materi Gerak Harmonik Terhadap Hasil Belajar Siswa (the Effect of Project Based Learning Model on Harmonic Movement on Student Learning Results). Journal of Physics and Science Learning, 02, 184.
Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran(Empat Rumpun Model Pembelajaran). (Indonesia Jurnal Sakinah) Jurnal Pendidikan Dan Sosial Islam, 2(1), 14–23.
Nabawi, R. A., Jalinus, N., & Syahril. (2018). Mewujudkan Tujuan Pendirian Akademi Komunitas Melalui Penerapan Model Project Based Learning. Jurnal PTK: Research and Learning in Vocational Education, 1(2), 51–58.
Nugraha, H., & Ambiyar. (2018). Pengaruh Budaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ketrampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 2(18), 49–54.
Octariani, D., & Rambe, I. H. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning Berbantuan Software Geogebra. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 16–21. https://doi.org/10.30743/mes.v4i1.864
OctaviaA., S. (2020). Model Model Pembelajaran. CV Budi Utama.
Primawati, Ambiyar, & Ramadhani, D. (2017). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Mengunakan Metode Talking Stick Improved Student Learning Activities and Outcome. Invotek, 17(1), 73–80.
Primawati, Rozi, F., & Indrawan, E. (2015). Studi perbandingan kemampuan potensi akademik aritmatika mahasiswa yang berasal dari smk dengan sma pada jurusan teknik mesin ft unp. 16–17.
Putra, W. D., Ambiyar, Helmi, N., & Nabawi, R. A. (2021). Strategi Pembelajaan Sistem Blok Masa Pandemi Covid-19 menurut Pandangang Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Sumatera Barat. 3(1), 45–51.
Salam, R. (2017). Model Pembelajaran Inkuiri Sosial Dalam Pembelajaran Ips. HARMONY: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PkN, 2(1), 7–12.
Saputra, E. K., Erizon, N., Jasman, J., & Indrawan, E. (2021). Hubungan Penggunaan Aplikasi Rumah Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Jurusan Teknik Pemesinan Di Smk Negeri 2 Solok. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(1), 45–51. https://doi.org/10.24036/vomek.v3i1.187
Senthot, D. R., Indrawan, E., Erizon, N., & Abadi, Z. (2022). Hubungan Self-Disclosure Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Di Smk Negeri 5 Padang The Relationship Of Self-Disclosure To Student Learning Outcomes In Technical Drawing Subjects At Smk Negeri 5 Padang. 4(1), 32–37.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Waskito dkk. (2016). Kontribusi Minat Kerja dan penguasaan Mata Pelajaran Produktif Terhadap Keberhasilan Praktek Kerja Industri Peserta Didik Kelas XII Program Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Solok. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin.
Submitted
Copyright (c) 2023 Jurnal Vokasi Mekanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.