HUBUNGAN KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK MESIN

  • Hijratul Lail Universitas Negeri Padang
  • Nelvi Erizon Universitas Negeri Padang
  • Syahril Syahril Universitas Negeri Padang
  • Rizky Ema Wulansari Universitas Negeri Padang
Keywords: Hubungan, Kecerdasan Intelektual, Prestasi Belajar, PDTM, SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Abstract

Kecerdasan intelektual merupakan kecakapan yang diperlukan dalam melaksanakan beberapa aktivitas, menalar, mental berfikir, dan memecahkan masalah. Penelitian dilakukan karena prestasi belajar siswa teknik mesin SMK Negeri 1 Sumatera Barat masih rendah. Penelitian dilaksanakan untuk melihat apakah adanya kontribusi antara kecerdasan intelektual siswa kelas X PDTM SMK N 1 Sumatera Barat dengan prestasi belajarnya. Jenis penelitian kuantitatif korelasional ini dipakai dalam penelitian. Sebuah penelitian yang dikenal dengan penelitian kuantitatif korelasional berfokus pada pemeriksaan data yang diperoleh dengan menggunakan teknik statistik untuk melihat keberadaan dan signifikansi hubungan dari dua variabel atau lebih. Berdasarkan dari hasil analisisa koefisien (r) dua variabel penelitian dengan rhitung 0,750 dan rtabel 0,279 kategori 0,750 > 0,279, hingga Ha diterima. Berdasarkan hipotesis bahwa hubungan antar prestasi belajar dan kecerdasan intelektual pada hasil analisis terperoleh koefisien determinasi yaitu 56,25%, sehingga perolehan kecerdasan intelektual dengan prestasi belajar ialah 56,25%, selebihnya disebabkan pada faktor lain. Oleh karena itu, disimpulkan kecerdasan intelektual kelas X Pembelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin (PDTM) SMK N 1 Sumatera Barat berkorelasi positif signifikan pada hasil belajarnya. Analisis implikasi dari penelitian ini ialah bahwa siswa yang mempunyai Intellegence Quotient (IQ) tinggi lebih mungkin untuk memenuhi prestasi belajar lebih baik berbanding terbalik dengan peserta didik yang Intellegence Quotient (IQ).

References

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. In Yogyakarta : Pustaka Pelajar (p. 173).

Djaali. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Erdi, P. N., Erizon, N., & Arwizet, K. (2019). Evektifitas Penggunaan Modul dengan pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin Kelas X SMK Semen Padang. 1(2), 30–38.

Fortuna, A., Saputra, A., Ramadhan, A., Prasetya, F., Primawati, P., & Rahmadhani, D. (2022). Development of Physics Learning Media Based on Augmented Reality Newton’s Law Material. Seminar Nasional Pendidikan Fisika VII, 1–8.

Giatman, M. (2000). Prosiding Optimasi Pendidikan Kejuruan dalam Pembangunan.

Irshan, S., Nelvi, E., Delima Yanti, S., Febri, P., & Nurdin, H. (2022). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin Kelas X Smk Negeri 1 Sumatera Barat the Relationship of Learning Motivation on Students ’ Learning Outcomes in Basic Lessons of Mechanical Engineerin. 4(4), 35–39.

Mahendra, H., Syahrul, S., & Syahri, B. (2019). Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Sarana Belajar Gambar Dengan Hasil Belajar Mata Diklat Gambar Teknik Padakelas X Teknik Permesinan Di Smk Negeri 1 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(2), 12–22. https://doi.org/10.24036/vomek.v1i2.30

Mardayani, S., Syahril, S., & Rizal, F. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.24036/jptk.v2i1.4623

Nugraha, H., & Ambiyar, A. (2018). Pengaruh Budaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ketrampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 49–54. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i2.295

Prasetya, F., Fajri, B. R., & Ranuharja, F. (2020). Development design augmented reality-based jobsheet in CNC programming subjects. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 10(11), 50–67.

Prasetya, F., Syahri, B., Fajri, B. R., Ranuharja, F., Fortuna, A., & Ramadhan, A. (2021). Improved learning outcomes of CNC programming through Augmented Reality job sheet learning media. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 21(3), 221–233.

Pratama, F. A., Erizon, N., & Wulansari, R. E. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Dengan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw Di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. 4(4), 13–17.

Riduwan, R. (2009). Belajar Mudah Penelitian. In Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In Bandung : Alfabeta (p. 84).

Sukma, F. M., & Sutarni, N. (2018). Pengaruh Manajemen Sumber Daya Berbasis Iso 9001:2008 Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 99. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11770

Sulastyaningrum, R., Martono, T., & Wahyono, B. (2019). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritualterhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Peserta Didik Kelas XI IPS diSMA Negeri 1 Bulu Tahun Ajaran 2017/2018. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(2), 1–19.

Syah, M. (2012). Psikologi Belajar (12th ed.). Rajawali Pres.

Yakina, Y., Kurniati, T., & Fadhilah, R. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X di SMA Negeri 1 Sungai Ambawang. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 5(2), 287–297.

Yanza, R., Purwantono, Jasman, & Erizon, N. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil

Belajar Mata Kuliah Teknologi Pengelasan Logam Mahasiswa Diploma III Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Padang. 3(2), 82–89.

Yasni, H. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dan Kecerdasan Intelektual Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi D-Iii Keperawatan Tapaktuan. Majalah Kesehatan Masyarakat Aceh (MaKMA), 2(2), 12–19. https://doi.org/10.32672/makma.v2i2.1298

Submitted

2022-12-07
Accepted
2023-01-24
Published
2023-02-28
How to Cite
[1]
H. Lail, N. Erizon, S. Syahril, and R. Wulansari, “HUBUNGAN KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK MESIN”, Vomek, vol. 5, no. 1, pp. 59-64, Feb. 2023.