UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CASE METHOD DAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN DASAR KEJURUAN TEKNIK MESIN KELAS X DI SMK NEGERI 2 PAYAKUMBUH
Abstract
Pembelajaran secara konvensional membuat keaktifan dan motivasi siswa dalam belajar menjadi rendah karena pembelajaran dengan menerapkan model konvensional membuat semua sumber materi pembelajaran berasal dari guru dan tidak melibatkan siswa secara mandiri untuk mencari materi pembelajaran, Sehingga hal ini mempengaruhi pemahaman peserta didik terhadap suatu materi dan juga berdampak kepada hasil belajar. Permasalahan tersebut diperlukan pembelajaran efektif sehingga siswa aktif mengikuti pembelajaran, seperti Case Method dan Project Based Learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran Case Method dan Project Based Learning Mata Pelajaran Dasar Kejuruan Teknik Mesin kelas X Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Metode dengan jenis penelitian tindakan kelas diterapkan pada penelitian ini dengan subjek penelitian semua kelas X Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Payakumbuh sebanyak 36 orang. Hasil penelitian diketahui adanya kenaikan ketuntasan klasikal dari siklus I sampai siklus III. Pada siklus I ketuntasan klasikal 66,67%, siklus II 72,22% dan siklus III 88,89%. Kesimpulan kajian ini yaitu terdapat peningkatan hasil ketuntasan klasikal siswa kelas X Teknik Pemesinan pada mata pelajaran Dasar Kejuruan Teknik Mesin dengan menerapkan model Case Method dan Project Based Learning di siklus I, II dan III. Sehingga penerapan Case Method dan Project Based Learning dapat meningkat motivasi, keaktifan dan hasil belajar siswa.
References
UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2003).
Alfisa, W., & Bulkani. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Snowball Throwing Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN-4 Kasongan Lama Tahun Pelajaran 2016/2017. Tunas Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 1–7.
Arwizet, K. (2015). Pendidikan Kejuruan Dan PengaruhnyaTerhadap Peningkatan Kualitas Human Capital. Proceeding FPTK, 1(1), 434.
Daniati, D., Ismanto, B., & Luhsasi, D. I. (2020). Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa dengan Penerapan Model Pembelajaran E–Learning Berbasis Google Classroom pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 601. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2642
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Faizi, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektro Mekanik di Kelas X SMKN 1 Darul Kamal Aceh Besar. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam.
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
Kasanah, S. A., Damayani, A. T., & Rofian, R. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Berbantu Media Multiply Cards terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 529. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22308
Khardin, A., Suparn, Primawati, K, A., Refdinal, & Yufrizal. (2020). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik kelas X Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(1), 73–85.
Kunandar. (2013). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Raja Grafindo Presada.
Muhammad Sobri, Abdul Muid, S. M. D. (2021). Penggunaan model Pembelajaran case method dalam mengatasi demotivasi belajar during mata kuliah muhadatsah Lil Mubtadiin Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi. AD-DHUHA : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Budaya Islam, 2(2), 1–11.
Peraturan Pemerintah No.19 tahun 2005 tentang standar pendidikan nasional, (2005).
Pratama, M. F., Irzal, I., Purwantono, P., & Lapisa, R. (2021). Pengaruh Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Dasar Perancangan Teknik Mesin Pada Siswa Kelas X Di Smk Negeri 1 Sumatera Barat. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(4), 102–108. https://doi.org/10.24036/vomek.v3i4.264
Putra, M. A. T., Ambiyar, A., Hasanuddin, H., & K, A. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan, Keterampilan, Dan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Kelas X Teknik Pemesinan Di Smk Negeri 1 Batipuh. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(1), 83–90. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i1.91
Saputra, R. M. I., Yusnedi, Triyono, A., Apriansyah, R., Hermanto, Hairudin, A., Ningsih, F., Corrina, F., & Ririen, D. (2022). Workshop Merancang Metode Pembelajaran Berbasis Case Method dan Team Based Project. ABDIMAS EKODIKSOSIORA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ekonomi, Pendidikan, Dan Sosial Humaniora (e-ISSN: 2809-3917), 2(1), 12–16. https://doi.org/10.37859/abdimasekodiksosiora.v2i1.3510
Senthot, D. R., Indrawan, E., Erizon, N., & Abadi, Z. (2022). Hubungan Self-Disclosure Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Di Smk Negeri 5 Padang The Relationship Of Self-Disclosure To Student Learning Outcomes In Technical Drawing Subjects At Smk Negeri 5 Padang. 4(1), 32–37.
Suharsimi, A. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan. Rineka Cipta.
Susanto, H. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 197–212. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1028
Syahri, B., & Syahrial. (2020). Hubungan Tingkat Kreativitas dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(2), 22–30.
Trianto. (2018). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Kharisma Putra Grafika.
Vahlepi, S., & Tersta, F. W. (2021). Implementasi Model Pembelaaran berbasis Case Method dan Project Based Learning dalam rangka mengakomodir Higher Order Thinking Skill mahasiswa dalam Mata Kuliah Psikologi Pendidikan Bahasa Arab di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tabusai, 5(3), 10153–10159.
Submitted
Copyright (c) 2023 Jurnal Vokasi Mekanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.