DAMPAK PELAKSANAAN PRAKERIN TERHADAP PSIKOMOTORIK SISWA PASCA PEMBELAJARAN DARING DI SMK NEGERI 2 SUNGAI PENUH

  • Teki Haryono Universitas Negeri Padang
  • Budi Syahri Universitas Negeri Padang
  • Yolli Fernanda Universitas Negeri Padang
  • Zainal Abadi Universitas Negeri Padang
Keywords: Dampak, Pendidikan, Prakerin, Pembelajaran Daring, SMK

Abstract

Pendidikan merupakan komponen penting dalam keberhasilan suatu bangsa. Lembaga pendidikan formal yang dikenal dengan pendidikan menengah kejuruan bertujuan untuk membekali lulusannya yang berkualitas dan berkompetensi di bidang keahliannya yang diperlukan untuk sukses di dunia kerja setelah lulus. SMK tidak hanya memberikan materi teori dan praktek di sekolah, tetapi juga memberikan pengalaman kerja. Salah satu inovasi yang digunakan oleh SMK adalah sistem pelatihan atau yang dikenal dengan Praktek Kerja Industri (Prakerin). Namun, sebelum siswa melaksanakan prakerin siswa dihadapkan dengan Covid-19 yang mana proses belajar mengajar harus dilaksanakan secara daring. Singkronisasi pembelajaran praktik di sekolah dengan yang ada di industri juga blum maksimal.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pelaksanaan prakerin terhadap psikomotorik siswa pasca pembelajaran daring di SMK Negeri 2 Sungai Penuh. Sampel pada penelitian terdiri 5 orang di lapangan tempat peserta didik melakukan magang. Pengambilan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada industri dan mewawancarai orang-orang di industri. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sementara itu untuk mengolah data memakai dua analisis yaitu analisis deskriptif dan persentase. Menurut hasil penelitian analisis deskriptif didapatkan mean 19, median 18, mode 2, standard deviasi 5.2, range 12, minimum 14, maximum 26, sum 96. Analisis persentase menunjukkan bahwa siswa masih memiliki kendala pada aspek psikomotorik pada saat melaksanakan prakerin. Berdasarkan dari hasil analisis deskriptif dan analisis persentase dapat disimpulkan terdapat dampak mata pelajaran praktikum yang dilaksanakan secara daring terhadap psikomotorik siswa saat pelaksanaan prakerin.

References

Aferi, I., & Waskito, W. (2019). Evaluasi Implementasi Program Praktek Kerja Industri (Prakerin) Pada Kelas XI Teknik Kapal Penangkap Ikan Di Smk …. Ranah research: Journal of …, 775-782. https://www.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/128

Andrejko, K. L., Myers, J. F., Openshaw, J., Fukui, N., Li, S., Watt, J. P., Murray, E. L., Hoover, C., Lewnard, J. A., Jain, S., & Pry, J. M. (2022). Receipt of COVID-19 and seasonal influenza vaccines in California ( USA ) during the 2021 – 2022 influenza season. Vaccine, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.1016/j.vaccine.2022.12.052

Anggita, M., Roemintoyo, D., & Rahmawati, K. (2021). Relevansi Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Kebutuhan DU/DI Ditinjau Dari Kegiatan Praktik Kerja Industri. Indonesia Journal If Civil Engineering Education, 7(1), 32–39.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. In Yogyakarta : Pustaka Pelajar (p. 173).

Bakti, I. R., Bunda, Y. P., & Utari, C. T. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis (SIG) Lokasi Praktek Kerja Industri (Prakerin) SMK Methodist Medan Berbasis Web. RABIT: Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univra, 6(1), 1–6.

Baro’ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063–1073.

Bidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 6(3), 131–146.

Fauzi, R. El, & Adri, M. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Praktek Kerja Industri (Prakerin) Berbasis Web. Jurnal Vokasi Informatika (JAVIT), 1(2), 51–58.

Irwanto, I. (2022). Tinjauan Secara Deskriptif Teori Prosser Dalam Eangka Meningkatkan Kualitas Kurikulum di Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia. Proceding Science Education Conference 2022, 447–462.

Isbaniah, F., & Susanto, A. D. (2020). Pneumonia Corona Virus Infection Disease-19 (COVID-19). Journal Of The Indonesian Medical Association, 70(4), 87–94.

Jasman dkk. (2018). Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Program Lapangan Kependidikan (PPLK) Pada Mata Diklat Gambar Teknik Di SMK Negeri 5 Padang.

Prasetya, E. P., Abdulrahman, & Rahmalia, F. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Tentang Kesehatan, Pendidikan Dan Kreativitas. jurnal pengabdian pada masyarakat, 2(1), 19-25. http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ABDIDOS/article/view/69

Prayogi, A. K., Arizal, A., & Andayono, T. (2016). Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Smk Negeri 2 Sungai Penuh. Journal of Civil Engineering and Vocational Engineering, 4(2), 1–10.

Prihatin, R. P., & Ahmad, I. F. (2020). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Upaya Meningkatkan Minat Siswa Baru Di MTsN 5 Sleman Yogyakarta. Journal EVALUASI, 4(2), 173. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i2.381

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Risdiany, H. (2021). Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Mewujudkan Kualitas Pendidikan di Indonesia. AL-HIKMAH : Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam, 3(2), 194–202. https://doi.org/10.31958/jt.v14i2.205

Saputra, E. K., Erizon, N., Jasman, J., & Indrawan, E. (2021). Hubungan Penggunaan Aplikasi Rumah Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Jurusan Teknik Pemesinan Di Smk Negeri 2 Solok. jurnal vokasi mekanika (VoMek), 3(1), 45-51. https://doi.org/10.24036/vomek.v3i1.187

Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid-19. Jurnal MAPPESONA, 3(2), 1–13.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). In Bandung: Alfabeta (pp. 1–297).

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian R&D. In ALFABETA, CV. Bandung (pp. 1–330).

Suparno, and Bulkia Rahim, 2017, "Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Modul Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Teknik Permesinan Dan Fabrikasi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang." Pakar Pendidikan 15(2):84-92.

Syamsuar, & Reflianto. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–13.

Wakiah, M., & Usman, J. (2020). Manajemen Peningkatan Mutu Kompetensi Lulusan Bidang Kewirausahaan Dalam Memenuhi Standar Nasional Pendidikan Di Sekolah Menengah Kejuruan An-Nuqoyyah Guluk-Guluk Sumenep Jawa Timur. Research Journal of Islamic Education Management, 3(1), 71–83. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v3i1.3517

Waskito, Nelvi Erizon, and Alkadra Masnur, 2016. "Kontribusi Minat Kerja Dan Penguasaan Mata Pelajaran Produktif Terhadap Keberhasilan Praktek Kerja Industri Siswa Kelas XII Program Teknik Permesinan Di SMK Negeri 2 Solok." Pendidikan Teknik Mesin

Zhang, B., Zhang, Z., Cornberg, M., & Schulte, L. N. (2023). Article Altered and allele-specific open chromatin landscape reveals epigenetic and genetic regulators of innate immunity in COVID-19 Altered and allele-specific open chromatin landscape reveals epigenetic and genetic regulators of innate immunity in COVI. Cell Genomics, 1(1), 1–23. https://doi.org/10.1016/j.xgen.2022.100232

Submitted

2023-01-01
Accepted
2023-01-19
Published
2023-02-28
How to Cite
[1]
T. Haryono, B. Syahri, Y. Fernanda, and Z. Abadi, “DAMPAK PELAKSANAAN PRAKERIN TERHADAP PSIKOMOTORIK SISWA PASCA PEMBELAJARAN DARING DI SMK NEGERI 2 SUNGAI PENUH”, Vomek, vol. 5, no. 1, pp. 32-37, Feb. 2023.