UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CASE METHOD DAN TEAM BASED PROJECT TERHADAP SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN LAS BUSUR MANUAL DI SMK NEGERI 1 RANAH BATAHAN PASAMAN BARAT

  • Efriwan Efriwan Universitas Negeri Padang
  • Arwizet Arwizet Universitas Negeri Padang
  • Nelvi Erizon Universitas Negeri Padang
  • Budi Syahri Universitas Negeri Padang
Keywords: Upaya, Peningkatan, Hasil Belajar, Case Method dan Project Based Learning, Las Busur Manual

Abstract

Hal yang dapat menyebabkan turunnya hasil belajar siswa adalah kurang seriusnya siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas, seperti siswa yang bermalas-malasan ketika guru sedang mengajar dan tidak mendengarkan apa yang dijelaskan. Salah satu faktor yang membuat siswa berprilaku seperti itu adalah karna masih memakai model pembelajaran konvensional menyebabkan para siswa merasa bosan, Guru sebaiknya dapat menentukan model belajar yang baik untuk dapat meningkatkan hasil belajar. Tujuan kajian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Teknik Pengelasan SMK N 1 Ranah Batahan pada mata pelajaran las SMAW. Jenis kajian ini yaitu penelitian tindakan kelas berbasis lesson study, kajian ini diawali dengan pelaksanaan pre test pada siswa. Penelitian model case method dan team based project ini dilakukan dengan berbasis lesson study yang dirancang dengan tiga siklus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI teknik pengelasan SMK N 1 Ranah Batahan sebanyak 27 orang. Hasil penelitian diketahui ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 66,66% dan nilai rata rata 75,55, siklus II memperoleh ketuntasan klasikal 81,48% dan nilai rata rata 80,37, dan siklus III memperoleh ketuntasan klasikal 92,59% dan nilai rata rata 84,81. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu penerapan proses peembelajaran menggunakan case method dan project based learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Aferi, I., & Waskito, W. (2019). Evaluasi Implementasi Program Praktek Kerja Industri (Prakerin) Pada Kelas Xi Jurusan Teknika Kapal Penangkap Ikan Di Smk …. Ranah Research: Journal of …, 775–782. https://www.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/128

Ambiyar. (2019). Kontribusi Kreativitas dan Lingkungan Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin pada Kelas X Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Solok. 515–524.

Andayani, E., Mustikowati, R. I., Wahyu, S., Setiyowati, & Firdaus, R. M. (2022). Case method: Mengoptimalkan critical thinking, creativity communication skills dan collaboratively mahasiswa sesuai MKKM di era abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 16(1), 52–60. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/6973/3460

Apriyadi, C. (2016). Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) Pada Jurusan Teknik Sepeda Motor Smkn 2 Pengasih. 2016.

Harefa, D., Telaumbanua, T., Sarumaha, M., Ndururu, K., & Ndururu, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Musamus Journal of Primary Education, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i1.2875

Jayantika, I. G. A. N. T., Parmithi, N., & Purwaningsih, D. N. D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kecemasan dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 276–287.

Nasriadi, A., Sari, I. K., & Saputri E. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Siswa pada Materi Statistika dengan Menggunakan Metode Active Learning di Kelas X MAN Rukoh. Jurnal Pendidikan, 4(1), 26–36.

Palera, V., Anriani, N., & FS, C. A. H. (2020). Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan Video Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 1(2), 103–116. https://doi.org/10.15408/ajme.v1i2.14072

Pamungkas, A., Subali, B., & Linuwih, S. (2017). Implementasi model pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 118. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14562

Putra, M. A. T., Ambiyar, A., Hasanuddin, H., & K, A. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan, Keterampilan, Dan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Kelas X Teknik Pemesinan Di Smk Negeri 1 Batipuh. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(1), 83–90. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i1.91

Putri, S. C., Erizon, N., Sari, D. Y., & Arafat, A. (2021). Tinjauan Minat Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Mata Kuliah Fisika Terapan Program Studi D3 Teknik Mesin Ft-Unp. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(3), 15–21. https://doi.org/10.24036/vomek.v3i3.211

Rahmah, A. S., Ambiyar, A., Mulianti, M., & Prasetya, F. (2021). Persepsi Mahasiswa Teknik Mesin Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Gambar Teknik. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(3), 88–93. https://doi.org/10.24036/vomek.v3i3.239

Undang-Undang Republik Indonesi Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2016).

Suharsimi, A. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan. Rineka Cipta.

Syahri, B., & Syahrial. (2020). Hubungan Tingkat Kreativitas dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(2), 22–30.

Wardani, A. S., & Izzati, N. (2017). Menumbuh Kembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dengan Media Gonggong. Jurnal Kiprah, 5(2), 50–60. https://doi.org/10.31629/kiprah.v5i2.284

Widiastuti, F., Amin, S., & Hasbullah, H. (2022). Efektivitas Metode Pembelajaran Case Method Dalam Upaya Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Manajemen Perubahan. EDUMASPUL Jurnal Pendidikan, 6(1), 728–731.

Winangun, K. (2017). Pendidikan Vokasi Sebagai Pondasi Bangsa Menghadapi Globalisasi. Taman Vokasi, 5(1), 72. https://doi.org/10.30738/jtvok.v5i1.1493

windi Oktaviani, F. K. & I. A. (2019). Pengaruh Metode Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Operasi Hitung Siswa kelas V B dan C di SDN Neglasari. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD, 3(2), 1.

Yulianto, A., Fatchan, A., Asnita, I., & K. (2017). Pembelajaran Projekct Based Learning Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Keaktifan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 448–453.

Submitted

2023-01-02
Accepted
2023-02-01
Published
2023-02-28
How to Cite
[1]
E. Efriwan, A. Arwizet, N. Erizon, and B. Syahri, “UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CASE METHOD DAN TEAM BASED PROJECT TERHADAP SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN LAS BUSUR MANUAL DI SMK NEGERI 1 RANAH BATAHAN PASAMAN BARAT”, Vomek, vol. 5, no. 1, pp. 108-113, Feb. 2023.