HUBUNGAN KELENGKAPAN ALAT PRAKTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN LAS SMAW KELAS XI SMK NEGERI 2 PAYAKUMBUH
Abstract
Observasi yang dilakukan pada tanggal 26 April 2022 di SMK Negeri 2 Payakumbuh diketahui bahwa kelengkapan alat praktik di workshop pengelasan untuk melakukan praktik masih kurang lengkap, hal ini terjadi karena banyaknya alat untuk menunjang proses praktik yang rusak atau tidak layak untuk dipakai sehingga pada saat ini proses pembelajaran yang siswa lakukan hanya menggunakan alat alat yang masih layak digunakan saja yang membuat terganggunya proses pembelajaran di workshop pengelasan. Hal ini membuat siswa kurang maksimal untuk mendapat hasil yang diinginkan dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kelengkapan alat praktik siswa terhadap hasil belajar pada Mata Pelajaran Las SMAW di kelas XI SMK Negeri 2 Payakumbuh. Penelitian jenis kuantitatif yang menerapkan pendekan deskriptif yang digunakan pada kajian ini. Hasil hipotesis pada penelitian dengan menerapkan uji korelasi diketahui harga sig sebesar 0.367 (sig ≥ 0,05). Hasil tersebut diketahui terdapat hubungan positif antara kelengkapan alat praktik dengan hasil belajar dan besaran pengaruh dari kelengkapan alat praktik terhadap hasil belajar yaitu sebesar 13,4%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini ialah terdapat hubungan yang positif antara kelengkapan alat praktik dengan hasil belajar siswa mata pelajaran Las SMAW kelas XI SMK N 2 Payakumbuh dan besaran pengaruh dari kelengkapan alat praktik terhadap hasil belajar yaitu sebesar 13,4% dan 86,6 % lainya dipengaruhi oleh faktor lain.
References
UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2003).
Adinda, A., & Astuti, M. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Perawatan Wajah Dehidrasi dengan Teknologi di SMK Kecantikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 7757–7763. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2212%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/2212/1952
Alsunah, M. D. (2019). Hubungan Pendidikan Kejuruan Dengan Produktivitas Kerja Personil Polres Kerinci. Jurnal Administrasi Nusantara, 2(2), 73–94. https://doi.org/10.51279/jan.v2i2.47
Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Pelajar.
Ariska, D., Erizon, N., Arwizet, & Rahim, B. (2022). Hubungan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin (PDYM) di SMK Negeri 5 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 4(3), 1–5.
Candra, Y., A, Y., Irzal, & Prasetya, F. (2019). Pengaruh Media Simulator Cnc 2 Axis Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Cnc Dasar Siswa Di Smk Negeri 5 Padang the Influence of the Media Simulator Cnc 2 Axis Against the Results of the Study Eye Basic Cnc Training Students in Smk Negeri 5 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(1), 15–19.
Elfianti, R., Jasman, Purwantono, & Syahri, B. (2021). Persepsi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Siswa Kelas X Di Jurusan Teknik Mesin Smk Negeri 5 Padang Perception of Online Learning in Subjects Engineering Drawings of Grade X Students in Majors Mechanical Engineering Smk Negeri 5 Padan. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(4), 13–18. http://vomek.ppj.unp.ac.id
Juanda, D. (2013). Hubungan Kelengkapan Fasilitas Belajar Dengan Hasil Belajar Dasar Praktek Kejuruan Semester 2 Teknik Kendaraan Ringan Siswa Kelas X Di Smkn 1 Bukittinggi Tahun Ajaran 2012/2013.
Kasiram, M. (2008). Metodologi Penelitian. UIN-Malang Pers.
Khardin, A., Suparn, Primawati, K, A., Refdinal, & Yufrizal. (2020). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik kelas X Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(1), 73–85.
Mudiono, A. (2016). Keprofesionalan Guru Dalam Menghadapi Pendidikan Di Era Global. Pgsd.Fip.Um.Ac.Id, 43–50. http://pgsd.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/01/5.pdf
Muharir , Arwizet Yufrizal A, P. (2021). HHubungan Ketersediaan Fasilitas Bengkel Dengan Hasil Belajar Pada Mata Diklat Las Oksi-Asetilin Welding Kelas XI Jurusan Teknik Mesin di SMK Negeri I Kota Jantho. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(2), 64–68.
Prasetyo, R. F., Apriyanto, N., & Fatra3, F. (2020). Pengaruh Kelengkapan Alat dan Bahan Praktik Bengkel Otomotif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Transmisi Kelas XI TKR SMK N 01 Blado Tahun Pelajaran 2019/2020. 2(2), 134–141.
Sherly. (2017). Hubungan Antara Fasilitas Belajar Menurut Warga Belajar dengan Minat Belajar di Lembaga Pusat Pendidikan Modern College Padang. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 25–38. https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625
Siswanto, H. (2019). Pentingnya Pengembangan Budaya Religious Di sekolah. Madinah: Jurnal Studi Islam, 6(1), 51 – 62–51 – 62. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/madinah/article/view/312
Slamet Riyadi, & Ramdani, D. (2022). Analisis Strukturmikro Dan Kekerasan Rockwell Sambungan Las Shieldingmetal Arcwelding Pada Pegas Daun Mobil Ps 120. Jurnal Mesin Galuh (JMG), 1(1).
Sri Handayani. (2022). Pengelolaan Fasilitas Serta Prasarana Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Peserta Didik Di Sman 1 Sumber Kabupaten Cirebon. Suparyanto Dan Rosad (2015, 6(1), 55–65.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Supriyatno, F. (2012). Pengaruh Kelengkapan Peralatan Praktek Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Praktek Dasar Instalasi Listrik di Kelas X SMK Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes. Universitas Negri semarang.
Tsani, T., Ermas, E., & Febriantono, A. R. (2018). Efisiensi Belanja Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Dan Pengaruhnya Terhadap Pemenuhan Akses Pendidikan Menengah Di Indonesia. Jurnal Anggaran Dan Keuangan Negara Indonesia (AKURASI), 2(1), 23. https://doi.org/10.33827/akurasi2018.vol2.iss1.art36
Winangun, K. (2017). Pendidikan Vokasi Sebagai Pondasi Bangsa Menghadapi Globalisasi. Taman Vokasi, 5(1), 72. https://doi.org/10.30738/jtvok.v5i1.1493
Submitted
Copyright (c) 2023 Jurnal Vokasi Mekanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.