VALIDITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) TEKNIK PEMESINAN FRAIS DI KELAS XI TEKNIK MESIN SMK N 1 BUKITTINGGI

  • Agung Agung Universitas Negeri Padang
  • Eko Indrawan Universitas Negeri Padang
  • Rifelino Rifelino Universitas Negeri Padang
  • Rizky Ema Wulansari Universitas Negeri Padang
Keywords: E-LKPD, Teknik Pemesinan Frais, Media Pembelajaran, Pemahaman, Validasi.

Abstract

Teknik pemesinan frais adalah mata pelajaran yang membutuhkan pemahaman peserta didik tentang teori dan praktek karena akan diterapkan langsung ketika bekerja di mesin frais. Oleh karena itu, dibutuhkan berbagai jenis media pembelajaran untuk proses belajar mengajar, seperti lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD). Dengan E-LKPD belajar akan lebih menyenangkan karena di dalam E-LKPD tidak hanya berisi materi saja namun juga berisi video, animasi, soal tugas dan lainnya. Berdasarkan hasil observasi, E-LKPD masih belum digunakan oleh guru untuk membantu siswa dalam menyelesaikan masalah ketika belajar dan kurang bervariasinya bahan ajar yang digunakan sehingga proses belajar mengajar menjadi kurang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat E-LKPD dan memastikan tingkat validitasnya pada mata pelajaran teknik pemesinan frais. Jenis penelitian Research and Development (RnD), dengan model penelitian 4-D oleh S. Thiagarajan dengan menggunakan lembar angket untuk pengumpulan data. Uji validitas dilakukan oleh empat orang ahli di bidang materi dan media. Berdasarkan perolehan data, penilaian kedua ahli materi terhadap hasil validasi materi menunjukkan rata-rata 82% dengan kriteria sangat valid. Penilaian kedua ahli media terhadap hasil validasi media menunjukkan rata-rata 86% dengan kriteria sangat valid. Karena belum dilakukan uji kepraktisan atau keefektifan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran E-LKPD yang dihasilkan valid tetapi belum layak untuk digunakan.

References

Adawiyah, R., et al. (2021). Peningkatan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Tematik Melalui E-LKPD dengan Bantuan Aplikasi Google Meet. Jurnal Basicedu, 5(5), 3393–3398.

Ambiyar. (2020). Penerapan Model Project-Based Learning Dalam Mata Diklat Gambar Sketsa. Jurnal Kependidikan, 4(Mcml), 125–138.

Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Prosiding Seminar Nasional Sains Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. 2(1), 491–500.

Ariyansah, D., Hakim, L., & Sulistyowati, R. (2021). Pengembangan e-LKPD Praktikum Fisika Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana Berbantuan Aplikasi Phyphox Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 173–181.

Azhari, A., & Huda, Y. (2022). Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik ( E-LKPD ) pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Batang Natal. 6, 2646–2657.

Gusdiyanto, H., & Mustafa, P. S. (2022). Evaluasi Rancangan Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di Sekolah Dasar Negeri Bunulrejo 1 Kota Malang. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 7(1), 115–131.

Hendriani, M., & Gusteti, M. U. (2021). Validitas LKPD Elektronik Berbasis Masalah Terintegrasi Nilai Karakter Percaya Diri untuk Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika SD Di Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(3), 2431.

Jasman. (2018). Persepsi siswa tentang kepemilikan standar kompetensi guru pada mahasiswa pplk. 20, 587–593.

Khair, M., Azhar, M., & Ulianus, A. (2020). A Competence of Teacher in Making e-LKPD Using Flip Book Maker with Emphasis on Macro, Submicro, and Simbolic Level Representation of Chemistry. Pelita Eksakta, 3(1), 1.

Kurniawan, D., Dewi, S. V., Pendidikan, J., Fakultas, M., Dan, K., Pendidikan, I., & Siliwangi, U. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast- O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi, 3(1).

Lailiah, I., Wardani, S., & Edi Sutanto, dan. (2021). Implementasi Guided Inquiry Berbantuan E-Lkpd Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Redoks Dan Tata Nama Senyawa Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1), 2792–2801.

Nugraha, H., & Ambiyar, A. (2018). Pengaruh Budaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ketrampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 49–54. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i2.295

Nurdin, H., Hasanuddin, Waskito, Refdinal, & Darmawi. (2017). Assessment of Product Prototype Existence as a Media of Learning to Accelerate The Transfer of Technology and Diversification in Rural Industries. International Conference on Technical and Vocation Education and Training, 4(4), 76–81.

Nurhidayati, Z. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4).

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96.

Refdinal, & Niki, P. (2019). Hubungan Minat Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Permesinan Pada Mata Diklat Gambar Teknik Di SMK Negeri 1 Padang. Ranah Research, 1(4), 805–811.

Risdianto, E. (2019). Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Research Gate, April(January), 1–16.

Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alat Optik Di Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 145–152.

Suweken, G. (2021). Pengembangan LKS Dinamik Interaktif Pada Materi Vektor Sebagai Konten Pembelajaran Daring Pada Kelas X Di SMA Negeri 1 Blahbatuh. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, XI(2), 356–365.

Syafitri, R. A., & Tressyalina. (2020). The Importance of the Student Worksheets of Electronic (E-LKPD) Contextual Teaching and Learning (CTL) in Learning to Write Description Text during Pandemic COVID-19. 485(Iclle), 284–287.

Taufik, H. ; S. (2021). Kemampuan Teoritis Pemesinan Frais Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan Di SMKN 2 Pengasih. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 9(2).

Wijayanti, N., Arigiyati, T. A., Aulia, F., & Widodo, S. A. (2021). Developing of E-Worksheet Linear Equations and Inequalities Based on Tri-N. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(2), 245–260. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v5i2.1650

Submitted

2023-01-15
Accepted
2023-01-31
Published
2023-02-28
How to Cite
[1]
A. Agung, E. Indrawan, R. Rifelino, and R. Wulansari, “VALIDITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) TEKNIK PEMESINAN FRAIS DI KELAS XI TEKNIK MESIN SMK N 1 BUKITTINGGI”, Vomek, vol. 5, no. 1, pp. 83-88, Feb. 2023.