KONTRIBUSI KEDISPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM AKTIFITAS PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK MESIN DI KELAS X SMK N 1 PADANG
Abstract
Permasalahan yang sering terjadi pada saat pembelejaran membuat kualitas hasil belajar, khususnya rendahnya perolehan pengetahuan di lapangan. Ini ditengok pada hasil studi siswa yang kurang memuaskan. Hal ini dibuktikan dengan peringkat rapor pada tingkat kesulitan Menggambar Teknik, siswa cendrung kurang memperhatikan dalam latihan, siswa sering terlambat masuk kelas, kehadiran siswa rendah dan, lebar berbagai siswa yang memposting tugas tidak tepat waktu. Tujuan dari kajian ini yaitu untuk memastikan adanya kontribusi kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Gambar Teknik Mesin di kelas X SMK N 1 Padang. Teknik yang dipakai dalam pengkajian ini adalah kuantitatif dengan jenis pengkajian korelasional. Uji pengkajian telah dilakukan pada 42 responden yang berada di dalam populasi siswa SMK N 1 Padang keanggunan X, dalam variabel disiplin ada 42 perangkat gadget yang mendapat nilai minimal 145 dan nilai maksimum 210. Berdasarkan distribusi peringkat tersebut, nilai umum adalah 177.50, saran adalah 177,50, nilai umum maksimum adalah 180, deviasi biasa adalah 11,750, dan skor keseluruhan adalah 7453. Berdasarkan total evaluasi pengkajian, ternyata ditemukan bahwa ada hubungan antara luas dan perolehan pengetahuan konsekuensi pada koefisien korelasi dari 0,314 dan koefisien kemauan 0,098 atau 9,8% tersebut seperti yang ditunjukkan oleh fakta bahwa r hitung > r tabel dan harga r tabel adalah 0,254. Mengingat 0,314 > 0,254, maka dapat dikatakan Ha terbentuk dan Ho ditolak.
References
Abadiah, S., Nashruddin, & Taufik. (2022). Hubungan Penerapan Kedisiplinan dengan Penumbuhan Minta Belajar Siswa di UPTD SMP Negeri 27 Barru. JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 2(September), 73–81.
Ambiyar, Helmi, N., & Nabawi, R. A., Putra, W. D. (2021). Strategi Pembelajaan Sistem Blok Masa Pandemi Covid-19 menurut Pandangang Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Sumatera Barat. 3(1), 45–51.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Brown, H. D. (2003). Language Assessment - Principles and Classroom Practice. Pearson ESL.
Fauzi, A. (2004). Psikologi Untuk Umum. CV. Pustaka Setia.
Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi literatur: problematika evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan di era merdeka belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020, 1(1), 10–15. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip
Jasman dkk. (2018). Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Program Lapangan Kependidikan (PPLK) pada Mata DiklataGambar Teknik di SMK Negeria5 Padang.
Koerniantono, M. E. K. (2019). Pendidikan Sebagai Suatu Sistem. Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 4(1), 59–70.
Nurdyansah, F. T. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Madrasah Obtiaiyah. Jurnal Pendidikan, 3(1), 929–930. http://eprints.umsida.ac.id/1610
Nurrita, T. (2018). Pendidikan Krakter dan Disiplin Belajar Siswa. Al Aqidah Jurnal Studi Islam, 1(1), 42–52. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Primawati, P.,, Ambiyar, A., &, Ramadhani, I. (2017). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar,siswa menggunakan ,metode talking stick. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 1, 73–80.
Purwantono, Primawati, & Refdinal., Alif, A. (2022). Hubungan Disiplin Pembelajaran Daring Dengan Hasil Belajar Pada the Relationship of Online Learning Discipline With Learning Outcomes in Class X Pdtm Subjects At Smk Negeri 1 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 4(1), 52–57.
Rahmawati, E., & Hasanah, U. I. (2021). Pemberian Sanksi (Hukuman) Terhadap Siswa Terlambat Masuk Sekolah Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Disiplin. Indonesian Journal Of Teacher Education, 2(1), 236–245. http://www.ufrgs.br/actavet/31-1/artigo552.pdf
Raudhah, J., Wandini, R. R., & Sinaga, M. R. (2018). Games Pak Pos Membawa Surat Pada Sintax Model Pembelajaran Tematik. 06(01), 2338–2163. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).
Sadirman. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.
slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Widyacarya, 4(2), 88–100. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/widyacarya/article/view/796
Sugiyono. (2018b). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). CV Alfabeta.
Suharsimi, A. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan. Rineka Cipta.
Syahri, B., Lapisa, R., & Abadi, Z., Firdaus. (2021). Analisis Regulasi Diri Dalam Belajar Terhadap Hasil Prestasi Belajar Gambar Teknik Siswa Di Smk Negeri 2 Pekanbaru Analysis of Self-Regulated Learning on Student Learning Achievement of Engineering Drawing Subject At Smk Negeri 2 Pekanbaru. 3(4), 26–30.
Tasya Nabillah, & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomedika, 659–663.
Submitted
Copyright (c) 2023 Jurnal Vokasi Mekanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.