ANALISA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR PADA HASIL BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN DI KELAS X SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT
Abstract
Salah satu kewajiban bagi seorang pendidik adalah mampu membangkitkan minat belajar siswa terhadap pembelajaran. Hasil observasi penulis di SMK N 1 Sumatera Barat, siswa memiliki permasalahan pada hasil belajar yang tidak memenuhi standar KKM (>65) pada pembelajaran dasar perancangan teknik mesin. Tujuan penelitian ialah menganalisa dan mengungkapkan faktor yang berpengaruh pada minat belajar peserta didik dalam pembelajaran dasar perancangan teknik mesin pada peserta didik SMK N 1 Sumatera Barat. Metode penelitian dipakai ialah research kuantitatif correlational. Lokasi penelitian dilakukan di SMK N 1 Sumatera Barat Teknik Pemesinan TA 2022/2023. Populasi penelitian ialah peserta didik kelas X jurusan teknik mesin. Sampel penelitian adalah 60 siswa menggunakan rumus random sampling. Data dianalisa menggunakan software SPSS versi 23.0. Data penelitian meliputi dua variable yaitu X (minat belajar), dan Y (hasil belajar). Analisa pengujian instrumen ialah pengujian reliabilitas dan pengujian validitas. Teknik analisa dipakai ialah uji prasyarat berbentik uji linearitas dan uji normalitas. Pada hipotesis menggunakan correlation technique Produk Moment. Berdasarkan perolehan hasil pengujian kolerasi terdapat skor koefisien sebesar 0,930 bertaraf signifikansi 5% atau 0,05, sedangkan perolehan analisis disetujui koefisien determinasi berjumlah 86,49%, disimpulkan bahwa korelasi minat belajar pada hasil belajar berjumlah 86,49%, dan 13,51% terpengaruh karena faktor lainnya yang tidak diteliti pada research yang dilakukan.
References
Astutik, S. M., & Wasiti. (2016). Pengaruh self regulated learning dan ketersediaan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 50–57. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpbm/article/view/1690
Chika Pratama, B. (2019). Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 84. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17382
Ernando, A., & Junaidi, J. (2020). Minat Belajar pada Mata Pelajaran Sosiologi Siswa Berlatarbelakang Broken Home di SMA Adabiah Padang Angga. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembalajaran, 2(2), 93–100.
Fortuna, A., Saputra, A., Ramadhan, A., Prasetya, F., Primawati, P., & Rahmadhani, D. (2022). Development of Physics Learning Media Based on Augmented Reality Newton’s Law Material. Seminar Nasional Pendidikan Fisika VII, 1–8.
Hapsari, R. W., Ardianti, S. D., & Ismaya, E. A. (2021). Parents’ Role in Assisting Children in Online Learning During Covid-19 Pandemic. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(3), 656–662.
Kasih, B., Gaol, L., Silaban, P. J., & Sitepu, A. (2022). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Sabahat Kita di Kelas V SD. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(3), 767–782.
Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. Jambura Guidance and Counseling Journal Volume, 1(1), 40–48.
Lestiawan, F., & Johan, A. B. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Example Non-Example Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Dasar-dasar Permesinan. Jurnal Taman Vokasi, 6(1), 98–106.
Muliani, R. D. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133–139. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.1684
Mulyani, S., Syahri, B., Mesin, J. T., Teknik, F., Padang, U., Tawar, K. A., Tournament, T. G., & Belajar, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin Di SMK Negeri 5 Padang. Vokasi Mekanika, 2(4), 33–39.
Naufan, F., Rifelino, R., Purwantono, P., & Nabawi, R. A. (2022). Pengembangan Modul Praktikum Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Vokasi Mekanika, 4(2), 118–124.
Prasetya, F., Syahri, B., Fajri, B. R., Ranuharja, F., Fortuna, A., & Ramadhan, A. (2021). Improved learning outcomes of CNC programming through Augmented Reality job sheet learning media. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 21(3), 221–233.
Rahmawati, I. Y., & Yulianti, B. (2020). Kreativitas Guru Dalam Proses Pembelajaran Ditinjau Dari Penggunaan Metode Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Wabah. AL-ASASIYYA: Journal Basic of Education, 5(1), 27–39. http://journal.umpo.ac.id/index.php/al-asasiyya/index
Rosdi, I. (2020). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share). Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 2(2), 191–198.
Sehol, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Promting terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sel pada Makhluk Hidup di Kelas XI IPA SMA Negeri 8 Buru Kecamatan Waplau. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 701–708.
Solichin, M. (2017). Analisis Daya Beda Soal, Taraf Kesukaran, Validitas Butir Tes, Interprestasi Hasil Tes dan Validitas Ramalan dalam Evaluasi Pendidikan. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 2(1), 192–213.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian R&D. In ALFABETA, CV. Bandung (pp. 1–330).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). In Bandung: Alfabeta (pp. 1–297).
Wakhyudi, Y., & Anggraeni, D. Y. (2019). Kontribusi Sastra Dalam Pendidikan. Jurnal Dialektika, 3(2), 298–307.
Wibowo, I. S., & Farnisa, R. (2018). Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181–202.
Submitted
Copyright (c) 2023 Jurnal Vokasi Mekanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.