MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI 5 PADANG PADA BIDANG TEKNIK PERMESINAN
Abstract
Era globalisasi saat ini dengan berbagai perkembangan teknologi membuat semakin banyaknya persaingan untuk bekerja setelah lulus nanti hal ini terjadi dikarenakan banyaknya lulusan tidak sebanding dengan kesempatan untuk bekerja yang mengakibatkan semakin banyaknya pengangguran. Oleh karena itu semakin banyaknya persaingan untuk bekerja membuat adanya inovasi dari lulusan agar dapat bersaing, salah satunya dengan berwirausaha. Di SMK Negeri 5 Padang memilih salah satu bidang keahlian yaitu Teknik Pemesinan. Keahlian Teknik Pemesinan diajarkan berbagai keahlian yang berhubungan teknik mesin. Selain itu, Teknik Pemesinan mempunyai peluang yang besar untuk berwirausaha. ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi rendahnya minat siswa dalam berwirausaha, dan untuk menngetahui pandangan siswa terhadap berwirausaha, serta mengetahui cara meningkatkan minat siswa dalam berwirausaha. Jenis penelitian yang diterapkan yaitu jenis deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil analisa data dapat diketahui minat berwirausaha siswa SMK Negeri 5 Padang pada bidang teknik permesinan diperoleh informasi bahwa tingkat capaian responden minat berwirausaha sebesar 72 % dikategorikan cukup. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa SMK Negeri 5 Padang berminat untuk berwirausaha pada bidang teknik permesinan, Penilaian minat siswa ini dilakukan dengan melihat 2 faktor yaitu faktor internal terdiri dari beberap indikator yaitu Ketertarikan, Perhatian, Harapan, Kebutuhan, Motivasi dan Perasaan Senang. Faktor eksternal terdiri dari lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Oleh karena itu banyak faktor yang mempengaruhi terhadap minat siswa untuk melakukan sesuatu termasuk untuk berwirausaha, dan seluruh faktor tersebut hasus terpenuhi dalam pengambilan keputusan untuk berwirausaha bagi seseorang siswa.
References
Adkon, R. (2006). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Alfabeta.
Afriani, G. L. (2015). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Guru Dalam Mengajar, Jiwa Kewirausahaan, dan Penggunaan Media Sosial terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Negeri Yogyakarta.
Al Rasyid, I. A., Aziz, A., Purwantono, P., & Indrawan, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa KelasXI pada Mata Pelajaran Teknik Frais di SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(4), 154–158. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i4.155
Alif, A., Purwantono, Primawati, & Refdinal. (2022). Hubungan Disiplin Pembelajaran Daring Dengan Hasil Belajar Pada the Relationship of Online Learning Discipline With Learning Outcomes in Class X Pdtm Subjects At Smk Negeri 1 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 4(1), 52–57.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Baro’ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063–1073.
BPS. (2021). Keadaan Ketenagakerkjaan Indonesia. In Bps.Go.Id (Vol. 19, Issue 37).
Buchari, A. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.
Fahmi, I. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Alfabeta.
Isan, I., Hasanuddin, H., & Purwantono, P. (2019). Minat Siswa Kelas Xii Sm Knegeri 1 Padang Untuk Berwirausaha Setelah Menamatkan Pendidikan. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(2), 54–60. https://doi.org/10.24036/vomek.v1i2.38
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.
Musthofa, M. U., Suswanto, H., & Nyoto, A. (2017). Analisis praktik kerja industri siswa SMK dalam menyesuaikan kebutuhan dunia kerja. Seminar Nasional Sistem Informasi, September, 244–251.
Putri, N. L. W. W. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 137. https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19998
Slamet, Hetty, & Mei. (2016). Dasar-Dasar Kewirausahaan. Indeks.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. CV Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dan RND (Bandung). Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Suryana. (2006). Kewiraushaan Pedoman Praktis : Kiat dan Proses Menuju Sukses. Salemba.
Unola, E., & Nanik, L. (2014). Analisa Hubungan Faktor Demografi Dengan Perencanaan Dana Pendidikan dan Dana Pensiun Pada Masyarakat Ambon. FINESTA, 2(2), 29–35.
Wahyudi, I., & Erizon, N. (2019). Minat Berwirausaha Mahasiswa D3 Fakutas Teknik Universitas Negeri Padang Tahun Masuk 2016. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(3), 1–8. https://doi.org/10.24036/vomek.v1i3.66
Submitted
Copyright (c) 2023 Jurnal Vokasi Mekanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.