PENGARUH FASILITAS WORKSOP DALAM PROSES PEMBELAJARAN PRAKTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PERMESINAN BUBUT KELAS XI DI SMK NEGERI 2 SAWAHLUNTO

  • Reza Vahlefi Universitas Negeri Padang
  • Budi Syahri Universitas Negeri Padang
  • Febri Prasetya Universitas Negeri Padang
  • Rizky Ema Wulansari Universitas Negeri Padang
Keywords: Fasilitas Bengkel, Hasil Belajar, SMK, Teknik Permesinan, Bubut, Sawahlunto

Abstract

SMK Negeri 2 Sawahlunto memiliki sarana fasilitas workshop yang relatif memadai untuk menunjang proses belajar mengajar. tapi terdapat beberapa faktor yg mensugesti hasil belajar peserta didik diantaranya beberapa mesin perkakas yang rusak, kurangnya mesin perkakas pada workshop, tidak pedulinya peserta didik terhadap keselamatan mesin dan kurang tegasnya pengajar dalam mengajari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak fasilitas workshop pada hasil belajar siswa di pembelajaran teknik mesin bubut kelas XI pada SMK Negeri 2 sawahlunto. Penelitian memakai metode ex post facto pendekatan jenis kuantitatif untuk mencari hubungan variabel yang sudah terjalin serta tidak membagikan perlakuan terhadap variabel yang diteliti. Variabel di penelitian ini (fasilitas workshop X) serta (hasil belajar Y). Populasi pada penelitian merupakan siswa kelas XI yang berjulah 49 peserta didik. Teknik mengumpulkan data memakai angket serta dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian berupa uji prasyarat dan uji hipotesis. Pengujian persyaratan pada research berupa uji normalitas serta linieritas sedangkan pengujian hipotesis memakai analisis regresi. hasil penelitian ini fasilitas workshop terdapat berpengaruh positif serta signifikansi pada hasil belajar yang ditunjukkan bernilai rhitung sebanyak 0,404 serta persamaan regresi Y= 64,512 + 0,240X. Jadi hasilnya, terdapat kenaikan nilai pada variabel hasil pembelajaran siswa bertotal 0,240 untuk setiap kenaikan skor pada variabel fasilitas workshop.

References

Andriani, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80–86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1), 78–92. https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666

Baro’ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063–1073.

Fortuna, A., Saputra, A., Ramadhan, A., Prasetya, F., Primawati, P., & Rahmadhani, D. (2022). Development of Physics Learning Media Based on Augmented Reality Newton’s Law Material. Seminar Nasional Pendidikan Fisika VII, 1–8.

Hadi, A. (2018). Konsepsi Manajemen Mutu Dalam Pendidikan. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 269. https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i2.5260

Hafni, R. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pendidikan Online. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Dan Humaniora 2021, 598–608.

Herawati, E. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Kartu Domino Matematika Pada Materi Pangkat Tak Sebenarnya Dan Bentuk Akar Kelas IX SMP Negeri Unggulan Sindang Kabupaten Indramayu. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 66–87.

Idola, S., Sano, A., & Khairani, K. (2016). Hubungan antara persepsi siswa tentang keadaan lingkungan fisik sekolah dengan motivasi belajar. Jurnal EDUCATIO, 2(2), 30–34.

Jahidi, J. (2014). Kualifikasi dan Kompetensi Guru. Administrasi Pendidikan : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana, 2(1), 23–30.

Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252.

Nurhasanah. (2017). Analisis Layanan Bimbingan Dan Konseling Tentang Potensi Diri Pada Peserta Didik Kelas Xi Sma Negeri 6 Pontianak. Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(12), 1–9. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/5160

Prasetya, F., Syahri, B., Fajri, B. R., Ranuharja, F., Fortuna, A., & Ramadhan, A. (2021). Improved learning outcomes of CNC programming through Augmented Reality job sheet learning media. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 21(3), 221–233.

Sezar, M., Ilhami, N., & Utaminingrum, F. (2019). Rancang Bangun Sistem Pengaturan Kecepatan Otomatis Jumlah Tetesan Infus Pada Pasien Berdasarkan Uji Linieritas. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(10), 10235–10240.

Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka terhadap Perubahan Paradigma Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi : Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Ekonomi, 2(2), 30–38.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). In Bandung: Alfabeta (pp. 1–297).

Susilo, A., & Sarkowi, S. (2019). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. HISTORIA: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43–50.

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik. MAHAGURU : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41.

Tamam, B. (2018). Reorientasi Pendanaan Pendidikan Dalam Membangun Mutu Sekolah. Misykat Al-Anwar Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, 29(2), 35–48.

Verawadina, U., Jalinus, N., & Asnur, L. (2019). Kurikulum Pendidikan Vokasi Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan, 20(1), 82–90.

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121

Yulianti, H., Iwan, C. D., & Millah, S. (2018). Penerapan Metode Giving Question and Getting Answer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 199–216.

Zainuddin, Z. (2021). Tinjauan Model Pembelajaran Blended Learning pada Perguruan Tinggi di Era New Normal Covid-19: Kebijakan dan Implementasi. Asia-Pacific Journal of Public Policy, 7(2), 34–45. https://doi.org/10.52137/apjpp.v7i2.65

Submitted

2023-02-06
Accepted
2023-02-09
Published
2023-02-28
How to Cite
[1]
R. Vahlefi, B. Syahri, F. Prasetya, and R. Wulansari, “PENGARUH FASILITAS WORKSOP DALAM PROSES PEMBELAJARAN PRAKTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PERMESINAN BUBUT KELAS XI DI SMK NEGERI 2 SAWAHLUNTO”, Vomek, vol. 5, no. 1, pp. 114-118, Feb. 2023.