HUBUNGAN MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KERWIRAUSAHAAN (PKK) DI SMK NEGERI 1 LINTAU BUO
Abstract
Lulusan dari SMK masih banyak yang menganggur setelah menamatkan pendidikannya, mereka memiliki kebimbangan terhadap langkah apa yang seharusnya mereka ambil setelah lulus. Keraguan siswa untuk melanjutkan Pendidikan ke jenjang universitas, pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaanmasih belum berjalan dengan tujuan pembelajaran dikarenakan guru lebih banyak memberikan teori dan meberikan LKS serta memberi tugas praktik hanya di akhir saja akibatnya kurangnya minat para siswa untuk belajar, hal ini sesuai dengan rendahnya nilai ujian para siswa. Yang dapat berakibat kurangnya minat siswa dalam berwirausaha. Kajian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui adakah hubungan yang antara minat berwirausaha dengan mata pelajaran pkk. Jenis kajian ini yakni kuantitatif dengan sifat korelasional. Teknik korelasional digunakan untuk mengetahui hubungan antar variable. Pada kajian ini menggunakan siswa kelas XI TP SMK N Lintau Buo sebagai populasi. Hasil penelitian menunjukan nilai r hitung 0.342 dan nilai sig 0.015. hal ini artinya nilai r hitung > r table (0.279) dan nilai sig > 0.05. hasil ini disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara variable minat berwirausaha dengan mata pelajaran PKK sehingga hipotesis diterima. Kesimpulan dari hasil penelitian dan analisis diatas yaitu Terdapat hubungan dan signifikan pada minat berwirausaha siswa dengan mata pelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan kelas XI di SMK N 1 Lintau Buo
References
Al Rasyid, I. A., Aziz, A., Purwantono, P., & Indrawan, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa KelasXI pada Mata Pelajaran Teknik Frais di SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(4), 154–158. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i4.155
Alwi, I. (2012). Statistika untuk Penelitian Pendidikan. Saras.
Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Pelajar.
Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Program AMOS 24. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Halid, S. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pembelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan di SMK Negeri 1 Bulango Selatan. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 363. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.363-368.2022
Kartika, Y., Sumartono, B. G., & Syamsuri, S. (2022). Pengaruh Praktik Kewirausahaan terhadap Motivasi Berwirausaha Peserta Didik. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), 129–140. https://doi.org/10.21093/twt.v9i2.4505
Khotimah, P. C., Kantun, S., & Widodo, J. (2020). Pengaruh Hasil Belajar Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Di SMK Negeri 7 Jember (Studi Kasus Pada Kelas …. … EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu …, 14, 357–360. https://doi.org/10.19184/jpe.v14i2.16522
Lisdayanti, L., Sumarno, S., & Syabrus, H. (2021). Pengaruh Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan (Pkk) Dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Smk Negeri 2 Pekanbaru. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 9(1), 44–54. https://doi.org/10.24127/pro.v9i1.3839
Nareshwari, C. P. (2016). Kontrinusi Prestasi Belajar dan Minat Kewirausahaan terhadap Kemampuan Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Pengasih Kulon Progo. Jurnal Eloktronik Pendidikan Teknik Mesin (JEPTS), 4(2), 1–9.
Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.
Rifai, I. A., & Prajanti, S. D. W. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Pelaksanaan Kegiatan Business Center Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Negeri 2 Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Journal of Economic Education, 5(1), 39–51.
Salim, S., A, Y., Ambiyar, A., & Fernanda, Y. (2020). Hubungan Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Praktek Kerja Industri Dengan Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Jurusan Teknik Pemesinan Smk Negeri Se-Kota Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(3), 30–36. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i3.113
Statistik, B. P. (2021). Tingkat Pengangguran Terbuka. Bps.Go.Id, 37.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Utami, A. A. N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Di SMK Pasundan 2 Bandung (Studi Kasus Pada Kelas XI Program Keahlian Teknik Permesianan Tahun Ajaran 2018/2019). Universitas Pasundan.
Yusri, M., & Sulistyowati, R. (2020). Pengaruh teaching factory six steps pada tata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan terhadap kesiapan kerja siswa kelas xii di smk 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(3), 965–971.
Submitted
Copyright (c) 2023 Jurnal Vokasi Mekanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.