IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN CASE METHOD PADA HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN BUBUT

  • Muhammad Lathif Mahendra Universitas Negeri Padang
  • Arwizet Karudin Universitas Negeri Padang
  • Nelvi Erizon Universitas Negeri Padang
  • Yufrizal Yufrizal Universitas Negeri Padang
Keywords: Model Pembelajaran, Metode Kasus, Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar, Teknik Permesinan

Abstract

Kehidupan masyarakat baru-baru ini berubah sebagai hasil dari kemajuan teknologi informasi. Siswa Indonesia memiliki pilihan untuk menghadiri sekolah menengah kejuruan, yang dianggap sebagai pendidikan menengah kejuruan . Tujuan dari penelitian ini menerapkan pembelajaran case-method dan project based learning Mesin Bubut Kelas XI Teknik Mesin SMK N 1 Sumatra Barat. Bentuk pada riset ini Quasi Experimental Design Research dengan Subjek yang diambil sebanyak 60 orang siswa. Hasil penelitian memperlihatkan analisis data nilai post-test diuji dengan pengujian independent sample t test terlihat nilai dari sig 0,003 artinya 0,003 < 0,005. Pada hasil tersebut dapat diketahui model belajar project-based learning dan case method berpengaruh hasil belajar murid telah berhasil diimplementasikan di kelas XI Teknik Pemesinan SMK N 1 Sumbar. Kedua, hasil belajar siswa kelas eksperimen setelah menerapkan pembelajaran case-method dan project based learning di peroleh rata-rata penilaian sebesar 83. Perolehan nilai akhir ini meningkat dari sebelumnya rata-rata nilai 75. Ketiga, sikap keaktifan, motivasi, minat belajar, disiplin, jujur, dan bertanggung jawab pada belajar Teknik Mesin Bubut Kelas XI Teknik Permesinan SMKN 1 Sumbar di peroleh rata-rata nilai sikap kelas kontrol 80 dan kelas esperimen 82. Keempat, keterampilan dan kreatifitas siswa belajar Teknik Mesin Bubut Kelas XI Teknik Permesinan SMKN 1 Sumbar, diperoleh jumlah nilai di control class bernilai 82 dan experimental class bernilai 86.

References

Astuti, N. R. W., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menghadapi Perkembangan IPTEK. EduPsyCouns Journal: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 41–49.

Astuti, N. T., Karyati, Z., & Tukiran, M. (2023). Implementation of Knowledge Management In Higher Education. UJoST- Universal Journal of Science and Technology, 2(1), 264–270. https://doi.org/10.11111/UJOST.V2I1.107

Camelia, F. (2020). Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Pengembangan Kurikulum. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6474

Chusni, M. M., Andrian, R., Sariyatno, B., Hanifah, D. P., Rukiah Lubis, W., Fitriani, A., Noviyanto, T. S. H., Herlina, M., Wardani, K. D. K. A., Parera, M. M. A. E., & Rahmandani, F. (2021). Strategi Belajar Inovatif. In Pradina Pustaka.

Deswati, I. A. P., Santosa, A. B., & William, N. (2020). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tematik. TANGGAP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 21–29.

Fortuna, A., Rahmansyaf, I., Prasetya, F., Syaputra, W. Z., Rahmadhani, D., Saklaili, S., Bagus, M. I., Linda, E. S., Andriani, W., Muhammad, T., & Deria, A. (2023). Design of Prototype Model Augmented Reality-Based Disaster Mitigation Learning Media as a Disaster Education Facility. PAKAR Pendidikan, 21(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/pakar.v21i1.287

Isral, I., Waskito, W., Syahrul, S., & Syahri, B. (2019). Penerapan Media Video Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Teknik Bubut Kelas XII Jurusan Teknik Pemesinan SMK N 1 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(1), 1–7. https://doi.org/10.24036/vomek.v1i1.18

Muslimat, A. (2021). Masa Depan Kampus Merdeka & Merdeka Belajar: Sebuah Bunga Rampai Dosen. Bintang Visitama Publisher.

Nurhasanah, D., Iswanto, B. H., & Nasbey, H. (2023). E-Modul Project Based Learning Untuk Pembelajaran Fisika SMA Pada Materi Pemanasan Global. 2(1), 1–8. https://doi.org/10.26877/lpt.v2i1.14349

Nurogo, L. J., & Wijanarka, B. S. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Smk Muhammadiyah Prambanan. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 3(7), 481–488.

Prasetya, F., Fajri, B. R., Wulansari, R. E., Primawati, P., & Fortuna, A. (2023). Virtual Reality Adventures as an Effort to Improve the Quality of Welding Technology Learning During a Pandemic. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 19(2), 4–22. https://doi.org/10.3991/ijoe.v19i02.35447

Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model pembelajaran berbasis proyek, kreativitas dan hasil belajar mahasiswa. JPI : Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 60–71. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/index

Rika, H., & Anggraeni, D. (2022). Pentingnya Pancasila dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknoogi pada Era Revolusi Industri 4.0 Rika Hanipah 1 , Dinie Anggraeni Dewi 2. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1, 70–78.

Siti Alifah, Dwi Narsih, & Sigit Widiyarto. (2019). Pengaruh Metode Partisipatori Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuanberwirausaha Siswa Smk. Lectura: Jurnal Pendidikan, 10(1), 66–81.

Subakti, H., Harianja, J. K., Ogara, D. O., Arni, Y., Fauzi, A., & Simarmata, J. (2022). Landasan Pendidikan. In Yayasan Kita Menulis.

Sutianah, C. (2021). Peningkatan Kompetensi Kerja berbasis Integrasi Soft Skills, Hard Skills dan Entrepreneur Skills Program Keahlian Kuliner melalui Penerapan Teaching Factory SMK. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(08), 152–167.

Syahril, S., Nabawi, R. A., & Safitri, D. (2021). Students' Perceptions of the Project Based on the Potential of their Region: A Project-based Learning Implementation. Journal of Technology and Science Education, 11(2), 295–314. https://doi.org/10.3926/JOTSE.1153

Wibowo, R. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Cnc Dasar Kelas Xi Teknik Mesin Smk Negeri 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 4(1), 61–68.

Wijaya, E. Y. (2023). Belajar dan Pembelajaran Kejuruan. CV Literasi Nusantara Abadi.

Submitted

2023-04-12
Accepted
2023-05-17
Published
2023-05-31
How to Cite
[1]
M. Mahendra, A. Karudin, N. Erizon, and Y. Yufrizal, “IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN CASE METHOD PADA HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN BUBUT”, Vomek, vol. 5, no. 2, pp. 160-166, May 2023.