EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN CNC PADA KELAS XI SMKN 5 PADANG

  • Rahmad Rian Dawab Midik Universitas Negeri Padang
  • Febri Prasetya Universitas Negeri Padang
  • Yufrizal Yufrizal Universitas Negeri Padang
  • Rifelino Rifelino Universitas Negeri Padang
Keywords: Efektivitas, Minat Belajar, Augmented Reality, Media Pembelajaran, CNC

Abstract

Sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah seperti mesin CNC tidak memadai. Hal ini terlihat dari siswa yang tidak bisa melakukan praktek mesin CNC di workshop karena mesin CNC yang terdapat pada SMKN 5 Padang rusak dan tidak bisa digunakan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran Augmented Reality CNC TU-2A  berbasis Android terhadap minat belajar pembelajaran NC/CNC/CAM kelas XI SMKN 5 Padang. Penelitian menggunakan metode kuantitatif Quasi Experimental Design, mengetahui apakah sesuatu mempunyai pengaruh tertentu terhadap subjek yang akan diteliti dengan cara mencari kepengaruhan perlakuan pada orang lain di kondisi terkendali. Berdasarkan  penelitian dilakukan hasil angket minat belajar siswa yang berjumlah 15 orang siswa ditemukan bahwa minat belajar siswa dalam rasa senang mengikuti pembelajaran NC/CNC dan CAM dengan menggunakan media AR yaitu 17,33% membuktikan sangat setuju, 64% membuktikan setuju, 6,66% membuktikan kurang setuju, 2,66 membuktikan tidak setuju, 10,66 membuktikan sangat tidak setuju. Selanjutnya ditemukan minat belajar siswa dalam ketertarikan 16,66% membuktikan sangat setuju, 37,5% membuktikan setuju, 17,5% membuktikan kurang setuju, 10,83 menyatakan tidak setuju, 17,5 sangat tidak setuju. Jadi bisa disimpulkan menggunakan media pembelajaran Augmented Reality CNC TU-2A berbasis android di SMK Negeri 5 Padang  menyatakan minat belajar siswa baik.

References

Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Perspektif Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4173–4181. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2773

Anderson, A. (2019). Virtual reality, augmented reality and artificial intelligence in special education: a practical guide to supporting students with learning differences. In Routledge.

Annas, A. N., Ansar, A., Arwildayanto, A., & ... (2022). Program Penguatan Pendidikan Karakter pada Sekolah Boarding (Studi Multikasus di MA Al-Huda Gorontalo). Jurnal Pendidikan …, 6(2), 15896–15903. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4896%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/4896/4167

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. In Yogyakarta : Pustaka Pelajar (p. 173).

Arikunto, & Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Asdi Mahasatya.

Chai, J. J. K., O’Sullivan, C., Gowen, A. A., Rooney, B., & Xu, J. L. (2022). Augmented/mixed reality technologies for food: A review. Trends in Food Science and Technology, 124(April), 182–194. https://doi.org/10.1016/j.tifs.2022.04.021

Eder, M., Hulla, M., Mast, F., & Ramsauer, C. (2020). On the application of augmented reality in a learning factory working environment. Procedia Manufacturing, 45, 7–12. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2020.04.030

Elmqaddem, N. (2019). Augmented Reality and Virtual Reality in education. Myth or reality? International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(3), 234–242. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i03.9289

Fauzi, A. A., Harto, B., Mulyanto, M., Dulame, I. M., Pramuditha, P., Sudipa, G. I., Dwipayana, A. D., Sofyan, W., & Jatnika, R. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi di Berbagai Sektor Pada Masa Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia2023.

Fidera, M. M. A., & Ihsan, M. (2020). Pemanfaatan Fotogrametri Untuk Model 3 Dimensi Dengan Visualisasi Menggunakan Teknologi Augmented Reality (AR). JURNAL ENMAP, 1(2), 67–80.

Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445

Li, J., & Pilz, M. (2021). International transfer of vocational education and training: a literature review. Journal of Vocational Education and Training, 00(00), 1–34. https://doi.org/10.1080/13636820.2020.1847566

Paro, M. R., Hersh, D. S., & Bulsara, K. R. (2022). History of Virtual Reality and Augmented Reality in Neurosurgical Training. World Neurosurgery, 167, 37–43. https://doi.org/10.1016/J.WNEU.2022.08.042

Plakas, G., Ponis, S. T., Agalianos, K., Aretoulaki, E., & Gayalis, S. P. (2020). Augmented reality in manufacturing and logistics: Lessons learnt from a real-life industrial application. Procedia Manufacturing, 51, 1629–1635. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2020.10.227

Prasetya, F., Fajri, B. R., Wulansari, R. E., Primawati, P., & Fortuna, A. (2023). Virtual Reality Adventures as an Effort to Improve the Quality of Welding Technology Learning During a Pandemic. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 19(2), 4–22. https://doi.org/10.3991/ijoe.v19i02.35447

Prasetya, F., Syahri, B., Fajri, B. R., Ranuharja, F., Fortuna, A., & Ramadhan, A. (2021). Improved learning outcomes of CNC programming through Augmented Reality job sheet learning media. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 21(3), 221–233.

Sembiring, A. B., & Oktavianti, R. (2021). Persepsi Siswa SMA Selama Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19. Koneksi, 5(1), 120. https://doi.org/10.24912/kn.v5i1.10191

Simarmata, J., Ramadhani, Y. R., Rahim, R., Mawati, A. T., Siregar, R. S., Ardiana, D. P. Y., Rahmi, S. Y., Purba, S., Purba, B., Purba, P. B., & Ritonga, M. W. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. In Yayasan Kita Menulis.

Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran Desain Evaluasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Widyacarya, 4(2), 88–100. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/widyacarya/article/view/796

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian R&D. In ALFABETA, CV. Bandung (pp. 1–330).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). In Bandung: Alfabeta (pp. 1–297).

Syahril, Purwantono, Wulansari, R. E., Nabawi, R. A., Safitri, D., & Kiong, T. T. (2022). The Effectiveness of Project-Based Learning On 4Cs Skills of Vocational Students in Higher Education. Journal of Technical Education and Training, 14(3), 29–37. https://doi.org/10.30880/jtet.2022.14.03.003

Yuhanto, P. W., & Miyosa, A. S. (2022). Implementasi Augmented Reality (AR) Untuk Memvisualisasikan Portofolio Pemodelan 3D. Jurnal Nawala Visual, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v4i1.337

Zakariah, M. A., & Afriani, V. (2021). Analisis Statistik Dengan SPSS Untuk Penelitian Kuantitatif. In Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.

Submitted

2023-04-13
Accepted
2023-05-10
Published
2023-05-31
How to Cite
[1]
R. Dawab Midik, F. Prasetya, Y. Yufrizal, and R. Rifelino, “EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN CNC PADA KELAS XI SMKN 5 PADANG”, Vomek, vol. 5, no. 2, pp. 147-153, May 2023.