EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN CNC PADA KELAS XI SMKN 5 PADANG
Abstract
Sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah seperti mesin CNC tidak memadai. Hal ini terlihat dari siswa yang tidak bisa melakukan praktek mesin CNC di workshop karena mesin CNC yang terdapat pada SMKN 5 Padang rusak dan tidak bisa digunakan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran Augmented Reality CNC TU-2A berbasis Android terhadap minat belajar pembelajaran NC/CNC/CAM kelas XI SMKN 5 Padang. Penelitian menggunakan metode kuantitatif Quasi Experimental Design, mengetahui apakah sesuatu mempunyai pengaruh tertentu terhadap subjek yang akan diteliti dengan cara mencari kepengaruhan perlakuan pada orang lain di kondisi terkendali. Berdasarkan penelitian dilakukan hasil angket minat belajar siswa yang berjumlah 15 orang siswa ditemukan bahwa minat belajar siswa dalam rasa senang mengikuti pembelajaran NC/CNC dan CAM dengan menggunakan media AR yaitu 17,33% membuktikan sangat setuju, 64% membuktikan setuju, 6,66% membuktikan kurang setuju, 2,66 membuktikan tidak setuju, 10,66 membuktikan sangat tidak setuju. Selanjutnya ditemukan minat belajar siswa dalam ketertarikan 16,66% membuktikan sangat setuju, 37,5% membuktikan setuju, 17,5% membuktikan kurang setuju, 10,83 menyatakan tidak setuju, 17,5 sangat tidak setuju. Jadi bisa disimpulkan menggunakan media pembelajaran Augmented Reality CNC TU-2A berbasis android di SMK Negeri 5 Padang menyatakan minat belajar siswa baik.
References
Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Perspektif Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4173–4181. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2773
Anderson, A. (2019). Virtual reality, augmented reality and artificial intelligence in special education: a practical guide to supporting students with learning differences. In Routledge.
Annas, A. N., Ansar, A., Arwildayanto, A., & ... (2022). Program Penguatan Pendidikan Karakter pada Sekolah Boarding (Studi Multikasus di MA Al-Huda Gorontalo). Jurnal Pendidikan …, 6(2), 15896–15903. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4896%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/4896/4167
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. In Yogyakarta : Pustaka Pelajar (p. 173).
Arikunto, & Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Asdi Mahasatya.
Chai, J. J. K., O’Sullivan, C., Gowen, A. A., Rooney, B., & Xu, J. L. (2022). Augmented/mixed reality technologies for food: A review. Trends in Food Science and Technology, 124(April), 182–194. https://doi.org/10.1016/j.tifs.2022.04.021
Eder, M., Hulla, M., Mast, F., & Ramsauer, C. (2020). On the application of augmented reality in a learning factory working environment. Procedia Manufacturing, 45, 7–12. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2020.04.030
Elmqaddem, N. (2019). Augmented Reality and Virtual Reality in education. Myth or reality? International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(3), 234–242. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i03.9289
Fauzi, A. A., Harto, B., Mulyanto, M., Dulame, I. M., Pramuditha, P., Sudipa, G. I., Dwipayana, A. D., Sofyan, W., & Jatnika, R. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi di Berbagai Sektor Pada Masa Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia2023.
Fidera, M. M. A., & Ihsan, M. (2020). Pemanfaatan Fotogrametri Untuk Model 3 Dimensi Dengan Visualisasi Menggunakan Teknologi Augmented Reality (AR). JURNAL ENMAP, 1(2), 67–80.
Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445
Li, J., & Pilz, M. (2021). International transfer of vocational education and training: a literature review. Journal of Vocational Education and Training, 00(00), 1–34. https://doi.org/10.1080/13636820.2020.1847566
Paro, M. R., Hersh, D. S., & Bulsara, K. R. (2022). History of Virtual Reality and Augmented Reality in Neurosurgical Training. World Neurosurgery, 167, 37–43. https://doi.org/10.1016/J.WNEU.2022.08.042
Plakas, G., Ponis, S. T., Agalianos, K., Aretoulaki, E., & Gayalis, S. P. (2020). Augmented reality in manufacturing and logistics: Lessons learnt from a real-life industrial application. Procedia Manufacturing, 51, 1629–1635. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2020.10.227
Prasetya, F., Fajri, B. R., Wulansari, R. E., Primawati, P., & Fortuna, A. (2023). Virtual Reality Adventures as an Effort to Improve the Quality of Welding Technology Learning During a Pandemic. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 19(2), 4–22. https://doi.org/10.3991/ijoe.v19i02.35447
Prasetya, F., Syahri, B., Fajri, B. R., Ranuharja, F., Fortuna, A., & Ramadhan, A. (2021). Improved learning outcomes of CNC programming through Augmented Reality job sheet learning media. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 21(3), 221–233.
Sembiring, A. B., & Oktavianti, R. (2021). Persepsi Siswa SMA Selama Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19. Koneksi, 5(1), 120. https://doi.org/10.24912/kn.v5i1.10191
Simarmata, J., Ramadhani, Y. R., Rahim, R., Mawati, A. T., Siregar, R. S., Ardiana, D. P. Y., Rahmi, S. Y., Purba, S., Purba, B., Purba, P. B., & Ritonga, M. W. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. In Yayasan Kita Menulis.
Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran Desain Evaluasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Widyacarya, 4(2), 88–100. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/widyacarya/article/view/796
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian R&D. In ALFABETA, CV. Bandung (pp. 1–330).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). In Bandung: Alfabeta (pp. 1–297).
Syahril, Purwantono, Wulansari, R. E., Nabawi, R. A., Safitri, D., & Kiong, T. T. (2022). The Effectiveness of Project-Based Learning On 4Cs Skills of Vocational Students in Higher Education. Journal of Technical Education and Training, 14(3), 29–37. https://doi.org/10.30880/jtet.2022.14.03.003
Yuhanto, P. W., & Miyosa, A. S. (2022). Implementasi Augmented Reality (AR) Untuk Memvisualisasikan Portofolio Pemodelan 3D. Jurnal Nawala Visual, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v4i1.337
Zakariah, M. A., & Afriani, V. (2021). Analisis Statistik Dengan SPSS Untuk Penelitian Kuantitatif. In Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.
Submitted
Copyright (c) 2023 Jurnal Vokasi Mekanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.