VALIDITAS PROGRAM PEMBELAJARAN GAMBAR MESIN BERBASIS MODUL
Abstract
Pendidikan memegang peranan penting dalam peningkatan kualitas seseorang dari segi keterampilan sosial, spiritual, profesional, dan intelektual, karena manusia ialah kekuatan terpenting bagi perkembangan. Kualitas pengajaran dapat ditingkatkan dengan meluruskan aktivitas pembelajaran di lembaga pendidikan di perguruan tinggi. Masalah yang terjadi pada pendidikan ialah mahasiswa kurang memahami dengan baik materi yang diberikan pendidik. Berdasarkan analisis masalah dan kebutuhan, diperlukan lingkungan belajar yang dapat membantu mahasiswa dalam proses pembelajaran, serta lingkungan belajar yang dapat memotivasi mahasiswa untuk belajar sendiri, untuk itu dikembangkan modul Modular Graphics menanggapi kesulitan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh hasil modul gambar mesin tervalidasi dan siap diimpelementasikan pada pembelajaran. Aspek terlihat dalam menentukan validasi modul gambar mesin. Metode penelitian yang digunakan R&D model pengembangan IDI (Intructional Development Institute) yang menyajikan pendekatan sistematis mencakup tiga langkah, yaitu: mendefinisikan, mengembangkan dan mengevaluasi. Jenis data research ini ialah primary data terperoleh secara langsung melalui dosen pengampu memakai angket pengujian validitas modul yang dikembangkan. Teknik analisis data deskriptif untuk menggambarkan keabsahan suatu mesin pengolah citra. Validitas modul Modular Graphics tergantung pada format modul, materi modul dan validitas penyajian modul. Penelitian yang dilakukan menghasilkan modul pembelajaran gambar teknik dengan validitas bentuk modul 0,90 validitas materi modul 0,855 dan validitas penyajian modul 0,965. Menurut hasil penelitian ini disimpulkan modul gambar mesin layak dipergunakan sebagai sarana belajar pada perkuliahan.
References
Abrar, A. I. P. (2022). Model Pembelajaran E-Split Classroom untuk Melatih Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Kemandirian Belajar. Penerbit NEM.
Akrim, Sulasmi, E., Eriska, P., & Hidayat, F. P. (2020). Kampus Merdeka di Era new Normal Ditinjau dari Perspektif Ilmu Pengetahuan. In Book Chapter Covid 19 & Kampus Merdeka di Era new Normal Ditinjau dari Perspektif Ilmu Pengetahuan (Vol. 4, pp. 62–77).
Al Aslamiyah, T., Setyosari, P., & Praherdhiono, H. (2019). Blended Learning Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 109–114. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p109
Alhayani, B., & Abdallah, A. A. (2020). Manufacturing intelligent Corvus corone module for a secured two way image transmission under WSN. Engineering Computations (Swansea, Wales), 38(4), 1751–1788. https://doi.org/10.1108/EC-02-2020-0107
Anggraini, E., Faridah, A., & Yelfi, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia pada Mata Kuliah Bakery. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 2(3), 91–96. https://doi.org/10.24036/jptk.v2i3.5823
Boeren, E. (2019). Understanding Sustainable Development Goal (SDG) 4 on “quality education” from micro, meso and macro perspectives. International Review of Education, 65(2), 277–294. https://doi.org/10.1007/s11159-019-09772-7
Cantor, P., Lerner, R. M., Pittman, K. J., Chase, P. A., & Gomperts, N. (2021). Whole-Child Development, Learning, and Thriving: A Dynamic Systems Approach. In Elements in Child Development. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/9781108954600
Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 433–441.
Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2019). Effect of Learning Module with Setting Contextual Teaching and Learning to Increase the Understanding of Concepts. International Journal of Education and Learning, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.31763/ijele.v1i1.26
Dick, W., & Lou, C. (1978). The Systematic Design of Instruction. In Boston: Scott, Foresman and Company.
Dikta. (2020). Pembelajaran Berorientasi Tri Hita Karana Sebagai Upaya Penguatan Kualitas Pendidikan Dasar Pada Abad Ke 21. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 126–136. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/3103
Eliza, F., Myori, D. E., & Fadli, R. (2019). Validity of Android-Based Learning Media in Subject Measurement and Instrumentation. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012028
Herdiana, D., Rudiana, R., & Supriatna, S. (2021). Kejenuhan Mahasiswa dalam Mengikuti Perkuliahan Daring dan Strategi Penanggulangannya. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 293–307. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.128
Iqbal, M., Syahri, B., & Abadi, Z. (2021). Kontribusi Kreativitas Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin Di Kelas X SMK. Jurnal Vokasi Mekanika, 3(4), 68–74.
Kopnina, H. (2020). Education for the future? Critical evaluation of education for sustainable development goals. Journal of Environmental Education, 51(4), 280–291. https://doi.org/10.1080/00958964.2019.1710444
Liu, C., Zhou, Q., Li, Y., Garner, L. V., Watkins, S. P., Carter, L. J., Smoot, J., Gregg, A. C., Daniels, A. D., Jervey, S., & Albaiu, D. (2020). Research and Development on Therapeutic Agents and Vaccines for COVID-19 and Related Human Coronavirus Diseases. ACS Central Science, 6(3), 315–331. https://doi.org/10.1021/acscentsci.0c00272
Minunno, R., O’Grady, T., Morrison, G. M., & Gruner, R. L. (2020). Exploring environmental benefits of reuse and recycle practices: A circular economy case study of a modular building. Resources, Conservation and Recycling, 160(January), 104855. https://doi.org/10.1016/j.resconrec.2020.104855
Novia, Y., Rozimela, Y., & Zaim, M. (2022). Developing E-Modul Based Mobile Learning as an Interactive Media. International Conference on Research and Development (Icorad), 1(1), 132–142. https://doi.org/10.47841/icorad.v1i1.19
Nurhasanah, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sejarah Perkembangan Islam Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 148–153. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.69
Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish.
Prasetya, F., Fajri, B. R., Wulansari, R. E., Primawati, P., & Fortuna, A. (2023). Virtual Reality Adventures as an Effort to Improve the Quality of Welding Technology Learning During a Pandemic. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 19(2), 4–22. https://doi.org/10.3991/ijoe.v19i02.35447
Pratita, D., Amrina, D. E., & Djahir, Y. (2021). Analisis Kebutuhan Mahasiswa Terhadap Bahan Ajar Sebagai Acuan Untuk Mengembangkan E-Modul Pembelajaran Digital. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 69–74. https://doi.org/10.36706/jp.v8i1.13129
Rahim, B., Adri, J., & Suparno, S. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Kuliah Tata Tulis Karya Ilmiah Dan Seminar Pada Pendidikan Vokasi. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(2), 39–48. https://doi.org/10.24036/vomek.v1i2.64
Rahmah, A. S., Ambiyar, A., Mulianti, M., & Prasetya, F. (2021). Persepsi Mahasiswa Teknik Mesin Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Gambar Teknik. Jurnal Vokasi Mekanika, 3(3), 88–93. https://doi.org/10.24036/vomek.v3i3.239
Rostini, D., Zaeni Achmad Syam, R., & Achmad, W. (2022). The Significance of Principal Management on Teacher Performance and Quality of Learning. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2513–2520. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1721
Sabtu, Rukun, K., Sukardi, Putri Permatasari, R. D., & Hayadi, B. H. (2019). Development of Digital Information Management Learning Media Based on Adobe Flash in Grade X of Digital Simulation Subject. Journal of Physics: Conference Series, 1363(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1363/1/012066
Sadieda, L. U., Wahyudi, B., Dwi Kirana, R., Kamaliyyah, S., & Arsyavina, V. (2022). Implementasi Model Blended Learning Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum Merdeka. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 7(1), 55–72. https://doi.org/10.15642/jrpm.2022.7.1.55-72
Safitri, V. A., Sari, L., & Gamayuni, R. R. (2019). Research and Development, Environmental Investments, to Eco-Efficiency, and Firm Value. The Indonesian Journal of Accounting Research, 22(03), 377–396. https://doi.org/10.33312/ijar.446
Sanjayanti, N. P. A. ., Darmayanti, N. . S., D. Qondias, & Sanjaya, K. (2020). Integrasi Keterampilan 4C Dalam Modul Metodologi Penelitian. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 407–415. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/28927
Shen, Y., & Khorasani, K. (2020). Hybrid multi-mode machine learning-based fault diagnosis strategies with application to aircraft gas turbine engines. Neural Networks, 130(1), 126–142. https://doi.org/10.1016/j.neunet.2020.07.001
Shetu, S. F., Rahman, M. M., Ahmed, A., Mahin, M. F., Akib, M. A. U., & Saifuzzaman, M. (2021). Impactful e-learning framework: A new hybrid form of education. Current Research in Behavioral Sciences, 2(April), 100038. https://doi.org/10.1016/j.crbeha.2021.100038
Soliman, M., Pesyridis, A., Dalaymani-Zad, D., Gronfula, M., & Kourmpetis, M. (2021). The application of virtual reality in engineering education. Applied Sciences (Switzerland), 11(6), 1–14. https://doi.org/10.3390/app11062879
Suarjana, I. W. G., & Fathimah, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw sebagai Wujud Penerapan Nilai-Nilai ANEKA dalam Proses Belajar Mengajar. Journal Civics & Social Studies, 5(2), 221–232. https://doi.org/10.31980/civicos.v5i2.1485
Wati, M., Rizka Putri, M., Misbah, M., Hartini, S., & Mahtari, S. (2020). The development of physics modules based on madihin culture to train kayuh baimbai character. Journal of Physics: Conference Series, 1422(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1422/1/012008
Yanuarsari, R., Asmadi, I., Muchtar, H. S., & Sulastini, R. (2021). Peran Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam Meningkatkan Kemandirian Desa. Jurnal Basicedu, 5(6), 6307–6317.
Submitted
Copyright (c) 2023 Jurnal Vokasi Mekanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.