DAMPAK MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF THINK PAIR SHARE BERBASIS PROYEK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR, KREATIVITAS DAN KERJASAMA MAHASISWA PADA MATA KULIAH MEKATRONIKA
Abstract
Mekatronika merupakan mata kuliah yang mengintegrasikan beberapa disiplin ilmu yakni: ilmu mekanika, kelistrikan, sistem informasi, dan teknik kontrol. Materi mekatronika cukup sulit dipelajari dan dipahami oleh mahasiswa. Perlu adanya upaya memberikan sebuah model pembelajaran yang dapat membantu mempercepat mahasiswa menguasainya mata kuliah ini. Riset ini bertujuan guna melihat dampak implementasi model pembelajaran kolaboratif think pair share berbasis proyek terhadap hasil studi mahasiswa, kreativitas dan kemampuan kerjasama mahasiswa dalam melaksanakan tugas pada mata kuliah mekatronika. Rancangan kelas pada riset ini dibedakan atas kelas eksperimen (n=27) dan kelas kontrol (n=25). Untuk kelas eksperimen perlakuan yang diberikan adalah menerapkan pembelajaran kolaboratif think pair share berbasis proyek, dan pada kelas kontrol digunakan model pembelajaran biasa. Hasil penelitian memperlihatkan terjadinya peningkatan yang cukup signifikan pengetahuan mahasiswa pada mata kuliah mekatronika dari nilai rata-rata 61,0 menjadi skor post test 86,3 untuk pretest dan posttest, diperoleh gain score sebsar 25,3. Sementara untuk kelas kontrol dari 61,1 menjadi skor 81,2 dengan gain score 20,1 Untuk nilai kreativitas dan kerjasama mahasiswa dalam pembelajaran untuk kelas eksperimen selama proses pembelajaran diperoleh skor 88,1 dan 90,3 sedangkan kelas kontrol 81,7 dan 83,9. Hasil penlitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran kolaboratif think pair share berbasis proyek bisa menaikan hasil belajar, nilai kreativitas dan kerjasama mahasiswa selama proses pembelajaran.
References
Agung Nugroho Adi, 2010, Mekatronika, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Alciatore, G, David ., & Histand, B, Michael. 2012. “Introduction to Mechatronics and Measurement Systems”. 4th Edition. McGraw-Hill, New.York.Bolton,
Andi Nalwan, 2012, Teknik Rancang Bangun Robot, C.V Andi Offsed, Yogyakarta.
Arwizet K., 2017. Pengembangan Model Collabora-tive Project-Based Learning dalam Mekatronika Pada Pendidikan Vokasi. Disertasi. Padang: Program Pascasarjana PTK Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.
Arwizet Karudn, 2018. Development and Application of Project-based Collaborative Learning Models on Vocational College in Indonesia. Advances in Social Science, Education andHumanities Research,(ASSEHR), Atlantic. Volume 299. International Conference on Indonesian Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. , Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ashar, F. (2018). Pengertian Globalisasi, Pengaruh, Dampak Positif dan Negatifnya. Diakses dari : https://informasiana
Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. , Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Bolton, W. (1996). Mechatronics, Control Systems in Mechanical and Electrical Engineering. Addison Wesley Publishing Co.
Byram, H.M. & Wenrich, R.C. 1956. Vocational Education and Practical Arts in the Community School. New York: The Macmillan Company
Calhoun, C.C dan Finch A.V. 1982. Vocational Education: Concept and Operations. Belmount California: Wads Worth Publishing Company.)
Campbell, Donal T dan Stanley, Julian C. 1996. Experimental dan Quasi-Experimental Designs for Research. Chicago: Rand Renally & Company.
Charles A. Prosser. 1949. Vocational Education in Democracy. New York: Mc-Graw-Hill
Cipta Rusman, 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta:PT.Raja Grasindo Persada
Creswell, John W. 2012. Educational Research, New York, Pearson Press.
Danim, Sudarwan. 1996. Transformasi Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto, 2010, Keterampilan Kejuruan Teknik Elektronika, PT. Sarana TutorialNurani Sejahtera, Bandung.
Djojonegoro, W. 199). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: Jayakarta Offset.
Endang Mulyatiningsih. 2011. Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Jogyakarta. UNY Press
Evans, Rupert N, dan Edwin, Lewis H. 1978. “Foundation of Vocational Education”. Columbus. Ohio: Charles E. Merril Publishing Company Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. 2009. Models of Teaching. New Jersey : Pearson Education Inc
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. 2009. Models of Teaching. New Jersey : Pearson Education Inc
OECD. 2018. PISA Result in Focus. Paris: PISA-OECD Publishing
Slavin, Rober E. 2009. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media
Suharsimi Arikunto.1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Taufiq Dwi Septian Suryadi, 2010, Buku Pintar Robotika, Andi Offset, Yogyakarta
Thompson, J. (1973). Foundations of Vocational Education. United States of America: Prentice-Hall.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Penerbit: BP Citra Jaya.Scholte, J. A. 2008. Defining Globalization, The World Economy, 31(11),
UNESCO. 2002. Innovations in non-formal education: A review of selected initiatives from the Asia-Pasific region. Bangkok: UNESCO Asia and Pasific Regional Bureau for Education. Retrieved from:
https://www.academia.edu/17632811/Innovations_in_non-formal_education_a_review_of_s elected_ initiatives_ from_ the Asia-
Pacific_Region_2002.pdf
Vocational Education: Concept and Operations. Belmount California: Wads Wort Publishing Company
Waters, M. 1995. Globalization. 2nd Edition. Taylor and Francis Group. London
William. 2003. “Electronic Control System in Mechanical and Electrical Engineering”. 3rd Edition, Prentice-Hall, EnglandCharles A. Prosser. 1949. Vocational Education in Democracy. New York: Mc-Graw-Hill
Wilpert B. 2009. Impact of globalization on human work. Saf Sci.;47(6):727–32..com/pengertian-globalisasi-menurut-ahl
Submitted
Copyright (c) 2023 Jurnal Vokasi Mekanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.