KONTRIBUSI DISIPLIN KERJA DENGAN HASIL PRAKTIK KERJA INDUSTRI BIDANG TEKNIK PEMESINAN PADA PENDIDIKAN VOKASI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi hubungan antara disiplin kerja dan hasil praktik kerja di industri bidang Teknik Pemesinan di SMK kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dan populasi yang diambil adalah siswa bidang Teknik Pemesinan sebanyak 127 orang. Sampel penelitian terdiri dari 96 orang siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket yang telah diuji kevalidan dan keandalannya, serta nilai prakerin siswa dicatat. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik korelasi statistik. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa ada hubungan antara disiplin kerja dan hasil prakerin siswa dengan kontribusi sebesar 9,4%. Oleh karena itu, disiplin kerja merupakan faktor yang berpengaruh signifikan terhadap hasil prakerin siswa. Diharapkan bagi pendidik untuk memberikan bimbingan dan motivasi kepada siswa agar dapat meningkatkan disiplin kerja mereka sehingga dapat berdampak positif pada hasil prakerin yang dicapai.
References
Atmawati, A., Samsudi, S., & Sudana, I. M. (2017). Keefektifan Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan Berbasis Industri pada Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video. Journal of Vocational and Career Education, 2(2). https://doi.org/10.15294/jvce.v2i2.13809
Efendi, R., Suparno, & Yufrizal. (2016). Hubungan Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Hasil Belajar Praktik Kerja Industri Siswa Kelas XII Di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1(2). https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/ptmesin/article/view/3291
Emputri, Y., Ambiyar, & K, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Smk Negeri 1 Pariaman. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(1), 8–14. https://doi.org/10.24036/vomek.v1i1.17
Ginting, B. A., & Suana, I. W. (2020). Disiplin Kerja, Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Berpengaruh Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Sariasih Garment. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(6), 2107–2126. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i06.p03
Haryono, T., Syahri, B., Fernanda, Y., & Abadi, Z. (2023). Dampak Pelaksanaan Prakerin Terhadap Psikomotorik Siswa Pasca Pembelajaran Daring Di SMK Negeri 2 Sungai Penuh. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 5(1), 32–37. https://doi.org/10.24036/vomek.v5i1.491
Jufrizen, J. (2021). Pengaruh Fasilitas Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja. Sains Manajemen, 7(1), 35–54. https://doi.org/10.30656/sm.v7i1.2277
Prihantoro, c. R. (2012). Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan Bertaraf Nasional Dan Internasional Dengan Sertifikasi ISO 9001:2008. Seminar Internasional APTEKINDO, 189–197.
Priyatno, D. (2017). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data. Gava Media.
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual Dan SPSS. Prenadamedia Grup.
Sugiyono. (2015). Motede Penelitian Pendidikan. CV. Alfabet.
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. CV. Alfabet.
Syahroni, F. (2014). Persepsi Siswa Terhadap Manfaat Pelaksanaan Praktek Kerja Industri Di Smk N 1 Lembah Gumanti. Bahana Manajemen Pendidikan Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 275–281. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/3762
Wibowo, N. (2016). Upaya Memperkecil Kesenjangan Kompetensi Lulusan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 45–50. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9354
Submitted
Copyright (c) 2023 Jurnal Vokasi Mekanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.