PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Pendidikan di kelas ialah kunci terpenting keberhasilan pengajaran salah satunya model belajar yang dipakai oleh pendidik. Hasil belajar merupakan kriteria keberhasilan siswa di kelas. Khususnya nilai ujian peserta didik yang dilakukan pada akhir semester memperlihatkan penguasaan siswa yang belum memperoleh batas kriteria ketuntasan minimum (KKM), sehingga diasumsikan perolehan dengan hasil belajar las SMAW kelas XI teknologi las di SMKN 1 Sumbar masih belum sesuai harapan. Penelitian ini dilakukan dengan memakai classroom action research. Subjek research yakni siswa Teknik Pengelasan kelas XI dengan 14 orang siswa. Penelitian terlaksana pada bulan Januari-Februari 2023 mempunyai 2 siklus. Instrumen penelitian ini menggunakan soal tes pilihan ganda untuk tingkat kognitif dan lembar pengamatan proyek pada tingkat psikomotorik. Hasil dari pengamatan siklus 1 dan 2 memperlihatkan kenaikan pada hasil pembelajaran siswa dengan adanya peningkatan antar siklus. Pelaksanaan siklus pertama memperoleh nilai 74,28 yang bergerak dengan hasil peningkatan jadi 81,49 siklus kedua. Persentase ketuntasan klasikal siklus 1 bernilai 57%, ada kenaikan pada siklus 2 jadi 85%. Indikator keberhasilan research yang ditetapkan yaitu 75 dengan ketuntasan klasiklal minimal 75%. Maka oleh karena itu adapun kesimpulan bahwasanya menerapankan jenis pembelajaran berbasis project based learning pada mata pembelajaran Las SMAW mampu menumbuhkan motivasi dan menaikan hasil belajar siswa.
References
Ajeng, T., Suma, M., & Trinurmi, S. (2021). Strategi Orang Tua Dalam Memotivasi Anak Yang Malas Belajar Di Kelurahan Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Jurnal Washiyah, 2(3), 248–260.
Apriliana, S. M., & Sukmawati, W. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Di Kelas II SDN Lumpang 01. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 329–335. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1504
Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. In Yogyakarta : Pustaka Pelajar (p. 173).
Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. In Bumi Aksara.
Baro'ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063–1073.
Fortuna, A., Rahmansyaf, I., Prasetya, F., Syaputra, W. Z., Rahmadhani, D., Saklaili, S., Bagus, M. I., Linda, E. S., Andriani, W., Muhammad, T., & Deria, A. (2023). Design of Prototype Model Augmented Reality-Based Disaster Mitigation Learning Media as a Disaster Education Facility. PAKAR Pendidikan, 21(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/pakar.v21i1.287
Haliza, V. N., & Dewi, D. A. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Menjawab Tantangan Masa Depan Bangsa Ditengah Arus Globalisasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 1–8. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1615
Ilan, B. A., Nasar, I., & Tarsan, Vi. (2022). Problematika Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Tematik Integratif Di Kelas Rendah. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 6(2), 137–145.
Khairunisa, T., Dhenti, S., Pratiwi, I., Mustikasari, N., R, R. H., & Putra, A. K. (2021). Analisis reseliensi pembelajaran daring berbasis problem based learning di masa pandemi COVID-19. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1(6), 773–779. https://doi.org/10.17977/um063v1i6p773-779
Lestari, D. G., & Irawati, H. (2020). Literature Review : Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Dan Motivasi Siswa Pada Materi Biologi Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry. Bioma, 2(2), 51–59.
Lion, E., Ludang, Y., & Jaya, H. P. (2022). Edukasi Penerapan Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Masa Pandemi COVID-19 Desa Telangkah. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 3635–3642.
Manora, H. (2019). Peranan Kepala Sekolah Dalam Meningkatan Mutu Pendidikan. Edificational Journal, 1(1), 1–7.
Mirnawati, Oktavianty, N., Judrah, M., Safaruddin, S., & Akbar, A. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 512–518. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.446
Nurul Fadhilah, & Mukhlis, A. M. A. (2021). Hubungan Lingkungan Keluarga, Interaksi Teman Sebaya Dan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 22(1), 16–34. https://doi.org/10.33830/jp.v22i1.940.2021
Prasetya, F., Fajri, B. R., Wulansari, R. E., Primawati, P., & Fortuna, A. (2023). Virtual Reality Adventures as an Effort to Improve the Quality of Welding Technology Learning During a Pandemic. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 19(2), 4–22. https://doi.org/10.3991/ijoe.v19i02.35447
Sanjaya, M. D., & Sanjaya, M. R. (2022). Upaya Peningkatan Implementasi Pendidikan Di Era Milenial Di Desa Tanjung Dalam Kabupaten OKU. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 21–33. https://doi.org/10.30997/ejpm.v3i1.4505
Sitompul, D. N. (Dian), Dongoran, F. R. (Faisal), & Hayati, I. (Isra). (2021). Pengembangan Pembelajaran Akuntansi Berbasis Model Pembelajaran Student Facilitatory And Explaining. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 7(2), 376444. https://www.neliti.com/publications/376444/
Sugiarto, S. (2021). Membentuk Karakter Anak Sebagai Generasi Penerus Bangsa Melalui Pendidikan Anak Usia Dini. Journal Mubtadiin, 7(1), 41–48.
Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan ? Journal of Education Research, 1(3), 258–264.
Syahril, Purwantono, Wulansari, R. E., Nabawi, R. A., Safitri, D., & Kiong, T. T. (2022). The Effectiveness of Project-Based Learning On 4Cs Skills of Vocational Students in Higher Education. Journal of Technical Education and Training, 14(3), 29–37. https://doi.org/10.30880/jtet.2022.14.03.003
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik. MAHAGURU : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41.
Zulfa, L. L., Mujibah, E. M., & Rajaguguk, Z. F. (2020). Pelatihan Penggunaan Perangkat Berbasis Internet dalam Pengumpulan Data Penelitian Masa Pandemi COVID-19. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 143. https://doi.org/10.30997/ejpm.v1i2.2835
Submitted
Copyright (c) 2023 Jurnal Vokasi Mekanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.