IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SMAW KELAS XI SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT

  • Muhammad Aulia Ifsan Universitas Negeri Padang
  • Arwizet Karudin Universitas Negeri Padang
  • Bulkia Rahim Universitas Negeri Padang
  • Rizky Ema Wulansari Universitas Negeri Padang
Keywords: Implementasi, Media Pembelajaran, Virtual Reality, Hasil Belajar, SMAW

Abstract

Kehidupan masyarakat baru-baru ini sebagai hasil dari kemajuan teknologi informasi, Siswa Indonesia memiliki pilihan untuk menghadiri sekolah menengah kejuruan, yang dianggap sebagai Pendidikan menengah kejuruan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan media pembelajaran virtual reality berkaitan dengan Teknik Las Busur Kelas XI Teknik Pengelasan SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Jenis studi Menggunakan metodologi penelitian pretest-posttest kelompok tunggal pre-experimental Design. Sampel Tes ini untuk siswa kelas XI SMK Negeri 1 Padang yang berjumlah 27 orang. Hasil penelitian memperlihatkan analisis data nilai pretest-posttes di uji dengan pengujian Paired sample T test menghasilkan hasil sebagai berikut: thitung (20,523) > ttabel (1,70562).  Mempertimbangkan temuan studi dan diskusi Quasi Eksperimen pada bidang keahlihan SMAW XI Teknik las SMK Negeri 1 Sumatera Barat dapat disimpulkan 2 hal berikut. Pertama, Perangkat pembelaran virtual reality SMAW pada bidang keahlihan SMAW berhasil diimplementasikan di kelas XI Teknik Las SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Kedua, Hasil belajar siswa setelah menerapkan media pembelajaran virtual reality di peroleh rata-rata nilai 79. Perolehan nilai akhir ini meningkat dari sebelumnya rata-rata nilai 60.

 

References

Arifin, J. (2017). SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: Kelompok Gramedia.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Ghali, N. I., Soluiman, O., El-Bendary, N., Nassef, T. M., Ahmed, S. A., Elbarawy, Y. M., & Hassanien, A. E. (2012). Virtual Reality Technology for Blind and Visual Impaired People: Reviews and Recent Advances. Intelligent Systems Reference Library, 26, 363–385. https://doi.org/10.1007/978-3-642-23363-0_15

Lee, B. W., Shih, H. Y., Chou, Y. T., & Chen, Y. S. (2017). Educational Virtual Reality implementation on English for Tourism Purpose using knowledge-based engineering. Proceedings of the 2017 IEEE International Conference on Applied System Innovation: Applied System Innovation for Modern Technology, ICASI 2017, 792–795. https://doi.org/10.1109/ICASI.2017.7988550

Lisman, F., Primawati, P., Waskito, W., & Sari, D. Y. (2021). Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Pembelajaran Daring Dari Perspektif Guru Dan Siswa Di Smk 2 Payakumbuh. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(1), 72–76. https://doi.org/10.24036/vomek.v3i1.179

Mahendra, H., Syahrul, S., & Syahri, B. (2019). Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Sarana Belajar Gambar Dengan Hasil Belajar Mata Diklat Gambar Teknik Padakelas X Teknik Permesinan Di Smk Negeri 1 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(2), 12–22. https://doi.org/10.24036/vomek.v1i2.30

Primawati, Rozi, F., & Indrawan, E. (2015). Studi Perbandingan Kemampuan Potensi Akademik Aritmatika Mahasiswa Yang Berasal Dari Smk Dengan Sma Pada Jurusan Teknik Mesin Ft Unp. Training, 16–17.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Sun, K. T., Lin, C. L., & Wang, S. M. (2010). A 3-D Virtual Reality Model of The Sun and the Moon For E-Learning At Elementary Schools. International Journal of Science and Mathematics Education, 8(4), 689–710. https://doi.org/10.1007/s10763-009-9181-z

Sundayana, R. (2016). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Submitted

2023-05-16
Accepted
2023-05-26
Published
2023-05-31
How to Cite
[1]
M. Ifsan, A. Karudin, B. Rahim, and R. Wulansari, “IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SMAW KELAS XI SMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT”, Vomek, vol. 5, no. 2, pp. 185-189, May 2023.