DAMPAK PELAKSANAAN PRAKERIN TERHADAP AFEKTIF SISWA PASCA PEMBELAJARAN DARING

  • Budi Syahri Universitas Negeri Padang
  • Ambiyar Ambiyar Universitas Negeri Padang
  • Wakhinuddin Simatupang Universitas Negeri Padang
  • Teki Haryono Universitas Negeri Padang
  • Afriza Media Universitas Negeri Padang
Keywords: Prakerin, Pembelajaran Daring, Ranah Afektif

Abstract

Lembaga pendidikan formal yang dikenal dengan pendidikan menengah kejuruan bertujuan untuk membekali lulusannya yang berkualitas dan berkompetensi di bidang keahliannya yang diperlukan untuk sukses di dunia kerja setelah lulus. Diantaranya adalah dengan meningkatkan dan membina sumber daya manusia yang relevan dan berdaya saing di dunia industri. dilakukan melalui sekolah dasar kejuruan. SMK tidak hanya memberikan materi teori dan praktek di sekolah, tetapi juga memberikan pengalaman kerja. Salah satu inovasi yang digunakan oleh SMK adalah sistem pelatihan atau yang dikenal dengan Praktek Kerja Industri (Prakerin). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pelaksanaan prakerin terhadap afektif siswa pasca pembelajaran daring di SMK Negeri 2 Sungai Penuh. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 5 orang di lapangan tempat siswa melakukan magang. Pengambilan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada industri dan mewawancarai orang-orang di industri. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sementara itu untuk mengolah data menggunakan dua analisis yaitu analisis deskriptif dan analisis persentase. Menurut hasil penelitian analisis deskriptif didapatkan mean 22, median 23, mode 4, standard deviasi 5.1, range 12, minimum 16, maximum 28, sum 111. Analisis persentase menunjukkan bahwa siswa masih memiliki kendala pada aspek afektif pada saat melaksanakan prakerin.

Submitted

2023-05-19
Accepted
2023-05-29
Published
2023-08-31
How to Cite
[1]
B. Syahri, A. Ambiyar, W. Simatupang, T. Haryono, and A. Media, “DAMPAK PELAKSANAAN PRAKERIN TERHADAP AFEKTIF SISWA PASCA PEMBELAJARAN DARING”, Vomek, vol. 5, no. 3, pp. 223-228, Aug. 2023.