ORIENTASI KARIR MAHASISWA TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI PADANG SETELAH MENYELESAIKAN STUDI

  • Rifelino Rifelino Universitas Negeri Padang
  • M Giatman Universitas Negeri Padang
  • Nurhasan Syah Universitas Negeri Padang
Keywords: Orientasi Karir, Kematangan Karir, Wisuda, Faktor Internal Individu

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengamati orientasi bidang karir pilihan mahasiswa Teknik Mesin Universitas Negeri Padang. Populasi sebanyak 251 orang berasal dari mahasiswa angkatan 2019 dan 2020 yang terdaftar pada semester Januari-Juni 2023. Dengan menggunakan teknik proportional random sampling diperoleh jumlah sampel yang dijadikan responden sebanyak 187 orang mahasiwa yang terdiri dari program studi diploma dan sarjana. Survei dilakukan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan tentang rencana karir setelah wisuda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 20% responden memilih menjadi guru atau pengajar, diikuti 19% memilih menjadi karyawan atau engineer pada industri manufaktur, dan posisi ketiga sebesar 17% memilih menjadi Pegawai Negeri Sipil atau Aparatur Sipil Negara. Mayoritas responden menilai bahwa latar belakang pendidikan yang ditempuh memberikan peran yang besar terhadap rencana karir setelah menyelesaikan studi pada perguran tingggi. Faktor-faktor internal indivindu menjadi faktor yang mendominasi disamping faktor eksternal bagi responden dalam menentukan rencana karir ke depan. Kematangan dalam menentukan pilihan karir memainkan peranan yang sangat penting yang didorong oleh faktor internal indivindu sebagai penggerak utamanya.

References

Abe, E. N., & Chikoko, V. (2020). Exploring the factors that influence the career decision of STEM students at a university in South Africa. International Journal of STEM Education, 7(1). https://doi.org/10.1186/s40594-020-00256-x

Aninditha, P., Lakshmi, V., & Elmartha, K. (2022). Pengaruh Career Adaptability terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa pada Masa Pandemi. Ijccs, 6(x), 1–5. http://jip.fk.unand.ac.id

AvdeevaA., P. (2019). Career counseling for hearing impaired people using information technology.

Barna, I., & Mircea, D. (2015). Psycho-pedagogical Counselling. An Important Stage in Students’ Teaching Career Orientation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 180(November 2014), 1044–1049. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.201

Boo, S., Wang, C., & Kim, M. (2021). Career adaptability, future time perspective, and career anxiety among undergraduate students: A cross-national comparison. Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education, 29, 100328. https://doi.org/10.1016/J.JHLSTE.2021.100328

Cao, J., & Hamori, M. (2022). Adapting careers to the COVID crisis: The impact of the pandemic on employees’ career orientations. Journal of Vocational Behavior, 139(September), 103789. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2022.103789

Christensen, R., Knezek, G., & Tyler-Wood, T. (2014). Student perceptions of Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) content and careers. Computers in Human Behavior, 34, 173–186. https://doi.org/10.1016/j.chb.2014.01.046

Creed, P. A., Wong, O. Y., & Hood, M. (2009). Career decision-making, career barriers and occupational aspirations in Chinese adolescents. International Journal for Educational and Vocational Guidance, 9(3), 189–203. https://doi.org/10.1007/S10775-009-9165-0

Dewi, R. P. (2017). Hubungan Efikasi Diri Dengan Pengambilan Keputusan Karir Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 19(2), 87. https://doi.org/10.26486/psikologi.v19i2.601

Djunaedi, N., Juwitaningrum, I., & Ihsan, H. (2022). PENGARUH LOCUS OF CONTROL TERHADAP KEMATANGAN KARIR YANG DIMEDIASI OLEH SELF-EFFICACY PADA MAHASISWA. JURNAL PSIKOLOGI INSIGHT, 6(2), 73–83. https://doi.org/10.17509/INSIGHT.V6I2.53833

Gunz, H., & Peiperl, M. A. (2007). Handbook of Career Studies. Handbook of Career Studies, 1–629. https://doi.org/10.4135/9781412976107

Harlow, A. J., & Bowman, S. L. (2016). Examining the Career Decision Self-Efficacy and Career Maturity of Community College and First-Generation Students. Journal of Career Development, 43(6), 512–525. https://doi.org/10.1177/0894845316633780

Indasari, U. N., Pratitis, N. T., & Arifiana, I. Y. (2023). Kematangan karir pada mahasiswa tingkat akhir : Menguji peran Internal locus of control Pendahuluan. 2(4), 823–832.

Iskandar, I., & Anggraeni, D. (2022). PENGARUH INTERNAL LOCUS OF CONTROL, KONSEP DIRI, DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEMATANGAN KARIR MAHASISWA PEWIRAUSAHA PADA UNIVERSITAS KUNINGAN. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 113–117. https://doi.org/10.25134/EQUI.V19I01.4956

Jackson, D., & Tomlinson, M. (2020). Investigating the relationship between career planning, proactivity and employability perceptions among higher education students in uncertain labour market conditions. Higher Education, 80(3), 435–455. https://doi.org/10.1007/s10734-019-00490-5

Jalal, N. M., Piara, M., Jufri, I. H., Astuti, R. B., Ananda, R. A., Patiung, R., & Bunga, S. R. (2022). Pengaruh Psikoedukasi Self Efficacy Terhadap Perencanaan Karir Pada Mahasiswa Di Universitas Negeri Makassar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 769. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.769-778.2022

Kaliris, A., Issari, P., Kaliris, A., & Issari, P. (2022). Exploring Narrative Ideas in Career Counseling. Open Journal of Social Sciences, 10(2), 365–380. https://doi.org/10.4236/JSS.2022.102026

Mishkin, H., Wangrowicz, N., Dori, D., & Dori, Y. J. (2016). Career Choice of Undergraduate Engineering Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 228(June), 222–228. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.07.033

Morrisan, M. A. (2012). Metode penelitian survei. Kencana.

Talib, J. A., Salleh, A., Amat, S., Ghavifekr, S., & Ariff, A. M. (2015). Effect of career education module on career development of community college students. International Journal for Educational and Vocational Guidance, 15(1), 37–55. https://doi.org/10.1007/s10775-014-9279-x

Tate, K. A., Fouad, N. A., Marks, L. R., Young, G., Guzman, E., & Williams, E. G. (2015). Underrepresented First-Generation, Low-Income College Students’ Pursuit of a Graduate Education: Investigating the Influence of Self-Efficacy, Coping Efficacy, and Family Influence. Journal of Career Assessment, 23(3), 427–441. https://doi.org/10.1177/1069072714547498

Submitted

2023-05-27
Accepted
2023-06-05
Published
2023-05-31
How to Cite
[1]
R. Rifelino, M. Giatman, and N. Syah, “ORIENTASI KARIR MAHASISWA TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI PADANG SETELAH MENYELESAIKAN STUDI”, Vomek, vol. 5, no. 2, pp. 204-210, May 2023.