KONTRIBUSI DISIPLIN TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK KERJA INDUSTRI PADA PENDIDIKAN KEJURUAN

  • Hendri Nurdin Universitas Negeri Padang
  • M Giatman Universitas Negeri Padang
  • Nurhasan Syah Universitas Negeri Padang
  • Ade Manda Universitas Negeri Padang
Keywords: Disiplin, Hasil Belajar, Prakerin, Pendidikan Kejuruan

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan disiplin siswa dalam melaksanakan praktik kerja industri (prakerin) mengakibatkan rendahnya nilai prakerin siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi disiplin terhadap hasil belajar praktik kerja industri (prakerin) pada siswa Teknik Mesin pada Pendidikan Kejuruan. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif korelasional dengan populasi 53 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Total Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket yang sudah di uji validitas dan reabilitasnya, kemudian mencatat hasil belajar prakerin siswa. Analisis Tingkat Pencapaian Responden dengan rumus persentase dan skor rata-rata hasil belajar, uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji linieritas, Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa adanya kontribusi disiplin terhadap hasil belajar praktik kerja industri (prakerin) siswa Teknik Mesin. Hal ini dapat dilihat pada koefisien korelasi sebesar 0.483 dan dibandingkan dengan r tabel sebesar 0.344. karena rhitung > rtabel, maka terdapat hubungan yang positif antara disiplin terhadap hasil belajar praktik kerja industri (prakerin). Besarnya kontribusi adalah 23,32%. Artinya kontribusi disiplin terhadap hasil belajar praktik kerja industri (prakerin) sebesar 23,32%. Semakin disiplin siswa dalam melaksanakan praktik kerja industri maka hasil belajar praktik kerja industri yang diperoleh semakin tinggi, begitu juga sebaliknya.

References

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.

Atkinson, G. (2016). Work-based learning and work-integrated learning: Fostering engagement with employers. National Centre for Vocational Education Research.

Boahin, P., & Hofman, A. (2013). A disciplinary perspective of competency-based training on the acquisition of employability skills. Journal of Vocational Education & Training, 65(3), 385–401.

Hasibuan, M. S., & Hasibuan, H. M. S. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Bumi Aksara.

Nasional, I. D. P. (2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada pembelajaran praktik kelistrikan otomotif SMK di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111–120.

Sya’Ban, A. (2005). Teknik analisis data penelitian. Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

Submitted

2023-05-29
Accepted
2023-06-08
Published
2023-05-31
How to Cite
[1]
H. Nurdin, M. Giatman, N. Syah, and A. Manda, “KONTRIBUSI DISIPLIN TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK KERJA INDUSTRI PADA PENDIDIKAN KEJURUAN”, Vomek, vol. 5, no. 2, pp. 211-216, May 2023.