KONTRIBUSI DISIPLIN TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK KERJA INDUSTRI PADA PENDIDIKAN KEJURUAN
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan disiplin siswa dalam melaksanakan praktik kerja industri (prakerin) mengakibatkan rendahnya nilai prakerin siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi disiplin terhadap hasil belajar praktik kerja industri (prakerin) pada siswa Teknik Mesin pada Pendidikan Kejuruan. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif korelasional dengan populasi 53 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Total Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket yang sudah di uji validitas dan reabilitasnya, kemudian mencatat hasil belajar prakerin siswa. Analisis Tingkat Pencapaian Responden dengan rumus persentase dan skor rata-rata hasil belajar, uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji linieritas, Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa adanya kontribusi disiplin terhadap hasil belajar praktik kerja industri (prakerin) siswa Teknik Mesin. Hal ini dapat dilihat pada koefisien korelasi sebesar 0.483 dan dibandingkan dengan r tabel sebesar 0.344. karena rhitung > rtabel, maka terdapat hubungan yang positif antara disiplin terhadap hasil belajar praktik kerja industri (prakerin). Besarnya kontribusi adalah 23,32%. Artinya kontribusi disiplin terhadap hasil belajar praktik kerja industri (prakerin) sebesar 23,32%. Semakin disiplin siswa dalam melaksanakan praktik kerja industri maka hasil belajar praktik kerja industri yang diperoleh semakin tinggi, begitu juga sebaliknya.
References
Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.
Atkinson, G. (2016). Work-based learning and work-integrated learning: Fostering engagement with employers. National Centre for Vocational Education Research.
Boahin, P., & Hofman, A. (2013). A disciplinary perspective of competency-based training on the acquisition of employability skills. Journal of Vocational Education & Training, 65(3), 385–401.
Hasibuan, M. S., & Hasibuan, H. M. S. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Bumi Aksara.
Nasional, I. D. P. (2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada pembelajaran praktik kelistrikan otomotif SMK di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111–120.
Sya’Ban, A. (2005). Teknik analisis data penelitian. Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.
Submitted
Copyright (c) 2023 Jurnal Vokasi Mekanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.