EFEKTIVITAS PEMANFAATAN CNC SIMULATOR TERHADAP PENGUASAAN KOGNITIF DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN CNC KELAS XI SMK NEGERI 2 PAYAKUMBUH

  • Rangga Ligendra Universitas Negeri Padang
  • Rifelino Rifelino Universitas Negeri Padang
  • Yufrizal A Universitas Negeri Padang
  • Febri Prasetya Universitas Negeri Padang

Abstract

Fasilitas yang dimiliki sekolah seperti mesin CNC sangat memadai. Akan tetapi hasil belajar yang diraih peserta didik masih rendah dikarenakan kurangnya minat belajar menggunakan media konvensional. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan CNC Simulator akan penguasaan kognitif dan minat belajar siswa. Riset  ini memakai metode Quasi Experimental Design melalui desain penelitian pretest- posttest, non equivalent control group design. Ditinjau dari perbedaan antara grup eksperimen dan grup kontrol. Riset  diujikan di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Subjek dari riset ini yakni (XI TPM 1) menjadi grup eksperimen dan (XI TPM 2) menjadi grup kontrol. Hasil riset diraih analisis uji t semua grup yakni 6,580. Taraf signifikan 0,05 diraih df 57 yakni 2,66487. Bisa diraih kesimpulan nilai t hitung di atas t tabel (6,580> 2,66487). Proses N-Gain dilaksanakan pada grup perlakuan memakai media CNC Simulator diraih hasil 0,653. Apabila nilai N-Gain ≥ 0,30 tindakan pada grup itu dinyatakan efektif. Hasil pengujian t dan pengujian nilai N-Gain, diraih hasil dimana adanya hasil yang naik secara pada hasil belajar dari siswa memakai media CNC Simulator dibanding akan pemakaian media yang konvensional. Riset ini memperlihatkan media CNC Simulator dinilai efektif dipakai untuk menjadi media ajar CNC. Minat belajar siswa dalam mempratikkan media pembelajaran CNC Simulator, yaitu dengan hasil analisis rata-rata dengan persentase 75 % dengan klasifikasi baik dikarenakan minat belajar siswa dalam memakai media pembelajaran CNC Simulator meningkatkan rasa senang, ketertarikan, keterlibatan siswa, perhatian. Jadi bisa disimpulkan menggunakan media pembelajaran CNC Simulator berbasis android di SMK Negeri 2 Payakumbuh menyatakan minat belajar siswa baik.

References

Aboramadan, M., Albashiti, B., Alharazin, H., & Dahleez, K. A. (2020). Human resources management practices and organizational commitment in higher education: The mediating role of work engagement. International Journal of Educational Management, 34(1), 154–174. https://doi.org/10.1108/IJEM-04-2019-0160/FULL/XML

Arfandi, A., & Samsudin, M. A. (2021). Peran Guru Profesional Sebagai Fasilitator Dan Komunikator Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 5(2), 37–45. https://doi.org/10.35316/edupedia.v5i2.1200

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. In Yogyakarta : Pustaka Pelajar (p. 173).

Bagus, M. I., Fortuna, A., Ilham, M., Nura, M. H., & Padang, U. N. (2023). Performance Analysis of Student Activity Units in Human Resource Development : A Case Study of the Center for Scientific Development and Student Research. PAKAR Pendidikan, 21(1), 90–105.

Fernando, F., Patrizia, G., & Tiziana, G. (2020). Online Learning and Emergency Remote Teaching : Opportunities and Challenges in Emergency Situations. Societies, 10(4), 1–18. www.mdpi.com/journal/societies

Filho, W. L. (2021). Non ‑ conventional learning on sustainable development : achieving the SDGs. Environmental Sciences Europe, 33(1), 1–4. https://doi.org/10.1186/s12302-021-00525-8

Firdaus, H., & Anriani, N. (2022). Evaluasi Program Praktek Kerja Industri Pada Sekolah Menengah Kejuruan Menggunakan Model CIPP. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2253–2260. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.1011

Fortuna, A., Rahmansyaf, I., Prasetya, F., Syaputra, W. Z., Rahmadhani, D., Saklaili, S., Bagus, M. I., Linda, E. S., Andriani, W., Muhammad, T., & Deria, A. (2023). Design of Prototype Model Augmented Reality-Based Disaster Mitigation Learning Media as a Disaster Education Facility. PAKAR Pendidikan, 21(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/pakar.v21i1.287

Hanestya, Z. A. (2021). Peran Guru Dalam Proses Pendidikan Anak Didik Pemasyarakatan Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA). NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosia, 8(1), 221–227.

Hartoni, H. (2018). Impelementasi Manajemen Sarana Dan Prasarana Di Sekolah Menengah Kejuruan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 8(1), 178. https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i1.3088

Hidi, S., & Ann Renninger, K. (2006). The Four-Phase Model of Interest Development. Educational Psychologist, 41(2), 111–127. https://doi.org/10.1207/S15326985EP4102_4

Kurniasari, W., Murtono, M., & Setiawan, D. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Blended Learning Berbasis Pada Google Classroom. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 141–148. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.891

Miller, C. J., Smith, S. N., & Pugatch, M. (2020). Experimental and quasi-experimental designs in implementation research. Psychiatry Research, 283(June 2019), 112452. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2019.06.027

Nousheen, A., Yousuf Zai, S. A., Waseem, M., & Khan, S. A. (2020). Education for sustainable development (ESD): Effects of sustainability education on pre-service teachers’ attitude towards sustainable development (SD). Journal of Cleaner Production, 250, 119537. https://doi.org/10.1016/J.JCLEPRO.2019.119537

Prasetya, F., Fajri, B. R., Wulansari, R. E., Primawati, P., & Fortuna, A. (2023). Virtual Reality Adventures as an Effort to Improve the Quality of Welding Technology Learning During a Pandemic. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 19(2), 4–22. https://doi.org/10.3991/ijoe.v19i02.35447

Romadhoni, E., Wiharna, O., & Mubarak, I. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 228–234.

Salas-Pilco, S. Z., Yang, Y., & Zhang, Z. (2022). Student engagement in online learning in Latin American higher education during the COVID-19 pandemic: A systematic review. British Journal of Educational Technology, 53(3), 593–619. https://doi.org/10.1111/bjet.13190

Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(2), 369–377.

Sedyastuti, K., Suwarni, E., Rahadi, D. R., & Handayani, M. A. (2021). Human Resources Competency at Micro, Small and Medium Enterprises in Palembang Songket Industry. Proceedings of the 2nd Annual Conference on Social Science and Humanities (ANCOSH 2020), 248–251. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210413.057

Sobaih, A. E. E., Hasanein, A. M., & Elnasr, A. E. A. (2020). Responses to COVID-19 in higher education: Social media usage for sustaining formal academic communication in developing countries. Sustainability (Switzerland), 12(16), 1–18. https://doi.org/10.3390/su12166520

Stratton, S. J. (2019). Quasi-Experimental Design (Pre-Test and Post-Test Studies) in Prehospital and Disaster Research. Prehospital and Disaster Medicine, 34(6), 573–574. https://doi.org/10.1017/S1049023X19005053

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). In Bandung: Alfabeta (pp. 1–297).

Tri Putra, A., Tampang, B., & Ponto, H. (2022). Hubungan Minat dan Motivasi dengan Hasil Belajar Elektronika Dasar. JURNAL EDUNITRO: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 31–36. https://doi.org/10.53682/edunitro.v1i1.1040

Zanger, V., Meißner, M., & Rauschnabel, P. A. (2022). Beyond the gimmick: How affective responses drive brand attitudes and intentions in augmented reality marketing. Psychology and Marketing, 39(7), 1285–1301. https://doi.org/10.1002/mar.21641

Submitted

2023-06-25
Accepted
2023-07-24
Published
2023-08-31
How to Cite
[1]
R. Ligendra, R. Rifelino, Y. A, and F. Prasetya, “EFEKTIVITAS PEMANFAATAN CNC SIMULATOR TERHADAP PENGUASAAN KOGNITIF DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN CNC KELAS XI SMK NEGERI 2 PAYAKUMBUH”, Vomek, vol. 5, no. 3, pp. 236-243, Aug. 2023.