INOVASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA KULIAH TEKNIK PENGELASAN UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA
Abstract
Mekanisme pembelajaran dalam unsur pendidikan seharusnya terselenggara secara terstruktur baik itu menarik, merangsang, menyenangkan, dan menantang yang mendorong partisipasi aktif dari peserta didik dan memfasilitasi untuk berani berinisiatif, berkreativitas, serta kemandirian yang cocok dengan minat, bakat, pertumbuhan raga serta psikologis dari peserta didik. Berkenaan membangun keterampilan berpikir kreatif diperlukan adanya ke inovatifan model pembelajaran. Model pembelajaran yang dapat meningkatkan berpikir kreatif salah satu adalah pembelajaran berbasis proyek. Pembelajaran dalam mata kuliah Teknik Pengelasan seharusnya dapat memenuhi dan menerapkan pendekatan saintifik dalam proses pelaksanaan perkuliahan. Namun, yang terjadi di lapangan adalah belum terlaksana secara maksimal penerapan pendekatan saintifik dalam pelaksanaan kegiatan perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa berpikir kreatif mahasiswa melalui penerapan Project Based Learning pada mata kuliah Teknik Pengelasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Data penelitian diperoleh dari analisis lembar observasi produk dengan skala berpikir kreatif (Creative Thinking Scale/CTS). Analisis data dilakukan dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Analisis deskriptif dilakukan untuk mengukur peningkatan berpikir kreatif mahasiswa dengan diterapkannya model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil angket yang ditujukan kepada peserta didik. Prasiklus didapat kreativitas peserta didik berada dikelompok cukup kreatif, kemudian pada siklus I dan II kreativitas peserta didik berada dikelompok kreatif. Maka dari itu, kreativitas peserta didik mengalami peningkatan dengan diterapkannya pembelajaran berbasis proyek.
References
Adi, N. H., Riyanda, A. R., Sagala, M. K., Ambiyar, A., Islami, S., & Zaus, M. A. (2022). Analysis of Lecturer Performance in the Application of The Online Learning Process. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 8(1), 144. https://doi.org/10.24036/jtev.v8i1.116770
Ambiyar, Budi Syahri, Junil Adri, Primawati, Nurhaliza, & Syaiful Islami. (2020). Penerapan Model Project-Based Learning Dalam Mata Diklat Gambar Sketsa. Jurnal Kependidikan, Volume 4,(1), 125–138.
Aqib, Z., & Murtadlo, A. (2022). AZ Ensiklopedia Metode Pembelajaran Inovatif: Untuk Guru, Dosen, dan Mahasiswa. Penerbit:Andi.
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dakhi, O. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.2
Goodman Brandon, & Stivers, J. (2010). Project-Based Learning Why Use It? Educational Psychology, ESPY 505, 1–8.
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. In springer.
Made, A. M., Ambiyar, A., Riyanda, A. R., Sagala, M. K., & Adi, N. H. (2022). Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Mesin. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5162–5169. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3128
Maryani, N., Marlina, N., & Amelia, R. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMK Kelas X Melalui Pendekatan Open Ended Pada Materi Trigonometri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 21–27. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.67
Masril, M., Dakhi, O., Nasution, T., & Ambiyar, A. (2020). Analisis Gender Dan Intellectual Intelligence Terhadap Kreativitas. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 182. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1847
Nisa, R. K., Adiansah, M. G., & Holik, A. (2023). Model Project Based Learning Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Di Smk Ad-Dimyati Kopo Bandung. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 7(1), 113–125.
Norton, L. (2009). Action research in teaching and learning: A practical guide to conducting pedagogical research in universities. Routledge.
Peraturan Pemeritah. (2005). Peraturan Pemerintah tentang standar nasional pendidikan dengan pp no 19 tahun 2005. Sekretariat Negara Indonesia, 1, 1–95.
Phillips, D. K., & Carr, K. (2014). Becoming a teacher through action research: Process, context, and self-study. Routledge.
Riyanda, A. R., Agnesa, T., Wira, A., Ambiyar, A., Umar, S., & Hakim, U. (2022). Hybrid Learning: Alternatif Model Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(3), 4461–4469. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2794
Schuetz, R. (2018). Project-based learning: benefits, examples, and resources. In Schoology Exchange (p. 1). https://www.powerschool.com/blog/project-based-learning-benefits-examples-and-resources/
Syahril, S., Jalinus, N., Nabawi, R. A., & Arbi, Y. (2019). The Create Skills of Vocational Students to Design a Product: Comparison Project Based Learning Versus Cooperative Learning-Project Based Learning. 299(Ictvet 2018), 316–320. https://doi.org/10.2991/ictvet-18.2019.72
SEAQIL, S. Q. in L. (2022). Mengenal peran 6C dalam Pembelajaran Abad ke-21.
Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu Dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 259–265. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.481
Ziliwu, D., Bawamenewi, A., Lase, S., Telaumbanua, K. M. E., & Dakhi, O. (2022). Evaluasi Program Pengembangan Instrumen Praktek Pengalaman Lapangan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2316–2323. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2436
Submitted
Copyright (c) 2023 Jurnal Vokasi Mekanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.