PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN NC/CNC DAN CAM KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

  • Adinda Annisa Universitas Negeri Padang
  • Primawati Primawati Universitas Negeri Padang
  • Yufrizal A Universitas Negeri Padang
  • Rizky Ema Wulansari Universitas Negeri Padang
Keywords: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Modul Ajar, Project Based Learning, Model Pengembangan ADDIE

Abstract

Tenaga pendidik perlu mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk mencapai proses pembelajaran yang baik. Pada saat ini sistem pendidikan telah menggunakan kurikulum Merdeka yang mana Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dibentuk dalam sebuah Modul Ajar. Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk berupa RPP dengan menggunakan model Project Based Learning dalam bentuk Modul Ajar pada mata pelajaran NC/CNC dan CAM Sekolah Menengah Kejuruan. Prosedur pengembangan RPP pada penelitian ini memakai model ADDIE. Validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran mendapat skor keseluruhan 92,04 dengan klasifikasi “Sangat Baik”. Kualitas kepraktisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran mendapat kriteria praktis ditunjukkan dengan keseluruhan skor respon siswa yakni 87,57 dengan klasifikasi “Sangat Baik”. Dari keseluruhan data skor yang didapat bisa disimpulkan bahwa produk RPP yang digunakan layak diterapkan.

References

Ahmad, G. (2020). MENGEMBANGKAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) ABAD 21 MELALUI INDIVIDUAL CONFERENCE. Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia p-ISSN: 2541-0849 e-ISSN : 2548-1398, 5(1), 1–8.

Ainin, M. (2014). IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DI ERA KURIKULUM 13 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB: RELEVANKAH? Moh. Ainin Universitas Negeri Malang. 377–385.

Al Rasyid, I. A., Aziz, A., Purwantono, P., & Indrawan, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa KelasXI pada Mata Pelajaran Teknik Frais di SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(4), 154–158. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i4.155

Dadi, S., Yuliantini, N., & Setiono, P. (2020). Strategi Pengembangan RPP melalui Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(1), 10–18. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i1.10971

Efendi, F., Rahim, B., Mesin, D. T., Teknik, F., Padang, U. N., Tawar, K. A., & Mesin, G. (2023). VALIDITAS PROGRAM PEMBELAJARAN GAMBAR MESIN BERBASIS MODUL. Vomek, vol. 5(2), 141–146.

Fatimah, F., Tajuddin, M., Ilyas, M., & Majid, A. (2020). Analisis PPK, Literasi, 4c daan HOTS pada Silabus dan RPP Mata Pelajaran Fikih. Quality, 8(1), 165. https://doi.org/10.21043/quality.v8i1.7413

Garjita, D. A. A. S., ., I Ketut Resika Arthana, S.T., M. K., & ., I Gede Partha Sindu, S.Pd., M. P. (2017). Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Studi Kasus: Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 3 Singaraja). Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(1), 50. https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9268

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150. http://www.aftanalisis.com

Hanum, F. F., & Suprayekti, S. (2020). PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK BERBASIS KARAKTER. Perspektif Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.21009/pip.341.4

Hartoyo, A., & Rahmadayanti, D. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2247–2255. https;//jbasic.org/index.php/basicedu

Irwanto. (2015). Studi Komparasi Sekolah Menengah Kejuruan yang Efektif di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Informasi Page 52, 52–67.

Karudin, A., Rahim, B., Syahri, B., Lapisa, R., Mahendra, M. L., Mesin, D. T., Teknik, F., Negeri, U., Kampus, P., Tawar, A., Proyek, B., & Belajar, H. (2023). DAMPAK MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF THINK PAIR SHARE BERBASIS PROYEK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR , KREATIVITAS DAN KERJASAMA MAHASISWA PADA MATA KULIAH MEKATRONIKA THE IMPACT OF THE PROJECT-BASED THINK PAIR SHARE COLLABORATIVE LEARNING MODEL ON INCREASING LEARNING OUTCOMES , CREATIVITY , AND STUDENTS COOPERATION IN MECHATRONICS COURSES. Vomek, vol. 5(2), 167–177.

Meishanti, Ospa Pea Yuanita Fitri, Nur Afifah Rif’atul, Istiqomah, Azizah Ummi, Solikhah, Aisyah Farkhiyatus, Widarmawan, & Ahmad Ilham. (2022). Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) inspiratif pendekatan TaRL berbasis PJBL melalui pembelajaran literasi sains materi virus. Eduscope, 8(1), 20122–13.

Nababan, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra Dengan Model Pengembangan Addie Di Kelas XI SMAN 3 Medan. Jurnal Inspiratif, 6(1), 37–50.

Nayono, S. E., & Nuryadin. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Kuliah Computer Aided Design. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(1), 340–347. ownload.portalgaruda.org/article.php?article=409920&val=1339&title

H. Nurdin, M. Giatman, N. Syah, and A. Manda, "KONTRIBUSI DISIPLIN TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK KERJA INDUSTRI PADA PENDIDIKAN KEJURUAN", Vomek, vol. 5, no. 2, pp. 211-216, May 2023.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students’ critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5e learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187–199. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.29956

Riyana. (2012). Cepi Riyana Media Pembelajaran. http://cdn.trendhunterstatc.com/thumbs/pas-a-pas-

Robian, D., Abdurahmansyah, A., & Falahudin, I. (2021). Manajemen Pembelajaran Biologi Menggunakan Power Point. Studia Manageria, 3(1), 35–52. https://doi.org/10.19109/studiamanageria.v3i1.7321

Sumarni, S. (2019). Model penelitian dan pengembangan (RnD) lima tahap (MANTAP). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan, 1(1), 1–33.

Syahri, B., Giatman, M., Syah, N., Mesin, D. T., Teknik, F., Padang, U. N., Mesin, D. T., Teknik, F., Padang, U. N., Tawar, K. A., Jepang, J. S., Budaya, F. I., Hatta, U. B., Pacah, K. A., & Industri, P. K. (2023). CONTRIBUTION OF WORK DISCIPLINE TO THE RESULTS OF MECHANICAL siswa dalam melaksanakan belajar sehingga hasil belajar tercapai . Vomek, vol. 5(2), 154–159.

Wulandari, A., Juarsa, O., & Agusdianita, N. (2020). Pengembangan RPP Inovatif Abad 21 Pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV SD Negeri Kota Bengkulu. Juridikdas Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(3), 362–372.

Submitted

2023-07-20
Accepted
2023-08-15
Published
2023-08-31
How to Cite
[1]
A. Annisa, P. Primawati, Y. A, and R. Wulansari, “PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN NC/CNC DAN CAM KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN”, Vomek, vol. 5, no. 3, pp. 266-272, Aug. 2023.