PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA HASIL BELAJAR DASAR-DASAR TEKNIK MESIN

  • Hafizd Furqon Universitas Negeri Padang
  • Ambiyar Ambiyar Universitas Negeri Padang
  • Irzal Irzal Universitas Negeri Padang
  • Delima Yanti Sari Universitas Negeri Padang
Keywords: Media Pembelajaran, Macromedia Flash 8, Hasil Belajar, Dasar-Dasar Teknik Mesin, Teknik Mesin

Abstract

Pembelajaran adalah suatu proses bagi peserta didik untuk memperoleh ilmu serta pengetahuan, apabila proses pembelajaran dilaksanakan dengan baik maka peserta didik menajdi lebih mudah dalam memperoleh ilmu serta pengetahuan. Media pembelajaran sebagai sarana yang sangat menentukan kesuksesan dari proses pembelajaran. Dengan keberadaan media pembelajaran dapat memudahkan peserta didik menerima pembelajaran. Perkembangan zaman memaksa guru untuk terlibat secara aktif membuat media pembelajaran interaktif. Macromedia flash 8 sebuah media interaktif yang bisa dipakai guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan lebih menarik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif macromedia flash 8 terhadap hasil belajar siswa kelas X Teknik Pemesinan di SMK Negeri 5 Padang. Penelitian ini menggunakan metode quasi-eksperimen Design. Subjek dari penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana kelas eksperimen adalah kelas X TPM 1 sedangkan kelas kontrol adalah kelas X TPM 3. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling atau pengambilan sampel secara acak. Pengambilan data dengan cara memberikan post-test pada akhir pembelajaran setelah masing-masing kelas diberi perlakuan yang berbeda. Hal ini terlihat pada hasil belajar siswa kelas eksperimen memperoleh rata-rata sebanyak 88,60 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang memiliki rata-rata 66,43. Berdasarkan uji hipotesis yang diperoleh nilai thitung 20,728 > ttabel 1,669 dapat dikatakan terdapat pengaruh yang signifikan dengan diterapkanya pembelajarana menggunakan media interaktif berbasis macromedia flash 8.

References

Ali, M., Yunita, Y., & Herawati, N. (2021). Implementation of Character Education in Islamic Boarding Schools. Journal of Islamic Education and Learning, 1(2), 27–34. https://doi.org/10.21070/acopen.4.2021.2544

Beneroso, D., & Robinson, J. (2022). Online project-based learning in engineering design: Supporting the acquisition of design skills. Education for Chemical Engineers, 38, 38–47. https://doi.org/10.1016/J.ECE.2021.09.002

Darmayanti, R., Sugianto, R., Baiduri, B., Choirudin, C., & Wawan, W. (2022). Digital comic learning media based on character values on students’ critical thinking in solving mathematical problems in terms of learning styles. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 49–66. https://doi.org/10.24042/ajpm.v13i1.11680

Dwiana, A. A., Samosir, A., Sari, N. T., Awalia, N., Budiyono, A., Wahyuni, M., & Masrul, M. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 499–505. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1669

Faqih, M. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Dalam Pembelajaran Puisi. Konfiks Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 27–34. https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4556

Irwanto, I., Cahyono, B. D., & Situmeang, J. M. (2022). Development of Macromedia Flash 8-Based Learning Media in Simulation and Digital Communication Subjects in Vocational High School. Jurnal Pembelajaran Fisika, 10(2), 207–218.

Jarke, J., & Breiter, A. (2019). Editorial: the datafication of education. Learning, Media and Technology, 44(1), 1–6. https://doi.org/10.1080/17439884.2019.1573833

Made, A. M., Ambiyar, A., Riyanda, A. R., Sagala, M. K., & Adi, N. H. (2022). Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Mesin. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5162–5169. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3128

Midik, R. R. D., Prasetya, F., A, Y., & Rifelino, R. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Augmented Reality untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pembelajaran CNC pada Kelas XI SMKN 5 Padang. Vokasi Mekanika, 5(2), 18–24.

Nadilla, Z., Priyowidodo, S., & Fitriana, L. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Menggambar Komik Untuk Pemula Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Pixel Dash Medan. … & Komunikasi Ke-7, 1(1), 485–491.

Nasution, T., Afrianti, D., Tukiyo, T., Sulistyani, S., & Herman, H. (2022). Critical Discourse Analysis in the Classroom: A Critical Language Awareness on Early Children’s Critical Thinking. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4992–5002. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2951

Nurdin, F. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 melalui Model Pembelajaran Langsung pada Materi Pokok Laju Reaksi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik ( Studi pada Peserta Didik SMKN Tapango ) The Influence of Using Learning Media Based. Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia Dan Pendidikan Kimia, 22(1), 103–109.

Nurdin, F., Sulastri, T., & . H. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar (Study Pada Materi Pokok Laju Reaksi). Chemistry Education Review (CER), 1(1), 29. https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5607

Prasetyowati, D., Indiati, I., & Nayla, A. (2021). Analisis Keterlaksanaan Perencanaan Dan Proses Kegiatan Pembelajaran Praktik Di Smk Selama Pandemic Covid 19. Jurnal Riptek, 15(2), 69–74. https://doi.org/10.35475/riptek.v15i2.121

Pratiwi, M. A., & Jasril, I. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Macromedia Flash 8.0 Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(4), 122. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i4.106501

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a

Putri, M., Abbas, E. W., Jumriani, J., Subiyakto, B., & Putra, M. A. H. (2022). Contribution of Social Interaction Materials to The Establishment of Social Institutions in The Social Studies Student’s Book Class VII. The Kalimantan Social Studies Journal, 3(2), 110. https://doi.org/10.20527/kss.v3i2.3685

Sari, Y. N., & Margana, M. (2019). YouTube as a Learning Media to Improve the Student’s Speaking Ability in 21st Century. Journal of English Language Teaching and Linguistics, 4(2), 263. https://doi.org/10.21462/jeltl.v4i2.296

Simamora, R. M. (2020). The Challenges of Online Learning during the COVID-19 Pandemic: An Essay Analysis of Performing Arts Education Students. Studies in Learning and Teaching, 1(2), 86–103. https://doi.org/10.46627/silet.v1i2.38

Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33

Sugiyono. (2018). Statistika untuk Penelitian (Vol. 12, pp. 1–415).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In Bandung : Alfabeta (p. 84).

Sutianah, C., & Sobandi, B. (2022). Project-Based Learning Through Digital Printing Techniques To Improve Students’ Local Cultural Innovation Creativity. Journal of Education Technology, 6(3), 450–458. https://doi.org/10.23887/jet.v6i3.46164

Tampubolon, D. P., Thesalonika, N., & Rustini, T. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Sultan Agung, 1(1), 9–20.

Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Manajemen Mutu dalam Manajemen Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29–36.

Tasya, N., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomedika, 660–662.

Utami, I. (2021). Peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas V MIN 1 kota Bengkulupada Masa pandemi COVID -19. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 19, 121–133.

Voutama, A., Maulana, I., & Ade, N. (2021). Interactive M-Learning Design Innovation using Android-Based Adobe Flash at WFH (Work From Home). Scientific Journal of Informatics, 8(1), 127–136. https://doi.org/10.15294/sji.v8i1.27880

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515

Zakariah, M. A., & Afriani, V. (2021). Analisis Statistik Dengan SPSS Untuk Penelitian Kuantitatif. In Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.

Submitted

2023-07-23
Accepted
2023-08-07
Published
2023-08-31
How to Cite
[1]
H. Furqon, A. Ambiyar, I. Irzal, and D. Sari, “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA HASIL BELAJAR DASAR-DASAR TEKNIK MESIN”, Vomek, vol. 5, no. 3, pp. 258-265, Aug. 2023.