PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MODEL RESEARCH BASED LEARNING TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL BATIK INCUNG
Abstract
Mata pelajaran fisika sangat erat hubungannya dengan fenomena alam maupun lingkungan sekitar dan sangat mudah kearifan lokal dijadikan sarana dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini dilakukan yaitu memperoleh sebuah modul pembelajaran yang menerapkan sintaks research based learning mengintegrasikan kearifan lokal batik incung. Penelitian akan dilaksanakan di SMAN 2 Sungai Penuh. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp. Kegiatan pembelajaran untuk penelitian menggunakan kelas XI IPA 3 dan XI IPA 2. Penelitian dilaksanakan mengikuti fase pengembangan Plomp sehingga menghasilkan modul dengan penerapan model research based learning pada kategori valid dengan nilai rata-rata 0,73. Hasil praktikalitas didapat berdasarkan penyebaran angket respon peserta didik tentang modul diperoleh nilai rata-rata 80,26 yaitu kategori sangat praktis, sedangkan penyebaran angket respon guru untuk pengembangan modul diperoleh 97,22 berkategori sangat praktis. Hasil penelitian diakhir fase yaitu fase assessment phase telah mencapai kriteria efektif karena hasil penelitian menunjukkan data terhadap peningkatan kompetensi peserta didik baik kompetensi pengetahuan, sikap, maupun keterampilan.
References
Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
Asmani, Jamal Makmur. 2012. Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal. Yogyakarta: Diva Press.
Basri, Syamsuriana, and Nur Amalia Akhmad. 2022. “Pengembangan Modul Fisika Berbasis Kearifan Lokal.” Jurnal Jendela Pendidikan 2 (02): 164–71. https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/181.
Dinyanti, Shinta. 2021. “Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Banyuwangi Pada Materi Termodinamika Sma.” Digital Repository Universitas Jember, no. September 2019: 2019–22.
Fadilah, Dkk. 2021. “Pendidikan Karakter Fadilah, Dkk.”
Jufrida, Jufrida, Rahma Dani, Fibrika Rahmat Basuki, and Suci Suci Rahma Dwi Astuti. 2022. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Materi Gelombang Bunyi Untuk Sma Kelas Xi.” Physics and Science Education Journal (PSEJ) 2 (April): 17–31. https://doi.org/10.30631/psej.v2i1.1271.
Plomp. 2013. Educational Design Reasearch. Enchede: Netherlands Institute For Curicullum Development.
Pomalato, Sarson W Dj, Yayu Arifin, and Pendekatan Scientific. 2011. “Dengan Pendekatan Scientific Berbasis Kearifan Lokal Untuk Pembelajaran Fisika Siswa Kelas Xi Sma,” 38–47.
Putry, Raihan. 2019. “Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas.” Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies 4 (1): 39. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480.
Riduwan. 2012. Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ulinsa, Mapata. 2021. Pembelajaran Berbasis Riset (Research Based Learning). Bandung: Media Sains Indonesia.
Utami, Indri Sari, Rahmat Firman Septiyanto, Firmanul Catur Wibowo, and Anang Suryana. 2017. “Pengembangan STEM-A (Science, Technology, Engineering, Mathematic and Animation) Berbasis Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Fisika.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni 6 (1): 67–73. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.1581.
V.A.R.Barao, R.C.Coata, J.A.Shibli, M.Bertolini, and J.G.S.Souza. 2022. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.” Braz Dent J. 33 (1): 1–12.
Zakaria, Iskandar. 2018. Aksara Incung. Kota SUngai Penuh: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sungai Penuh.
Submitted
Copyright (c) 2023 Jurnal Vokasi Mekanika
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.