HUBUNGAN NILAI PRAKTIK KERJA INDUSTRI PADA MINAT DAN SIKAP BELAJAR PESERTA DIDIK

  • Rifaldo Novembli Universitas Negeri Padang
  • Bulkia Rahim Universitas Negeri Padang
  • Rifelino Rifelino Universitas Negeri Padang
  • Zainal Abadi Universitas Negeri Padang
Keywords: Praktek Kerja Industri, Minat Belajar, Sikap Belajar, SMK

Abstract

Minat dan sikap belajar sangat berpengaruh dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Pengalaman baik yang diperoleh peserta didik dalam melakukan kerja praktek industri akan mempengaruhi minat belajarnya dan sikap dalam belajar. Praktik kerja industri mengharuskan sekolah dapat menyesuaikan pembelajaran, meningkatkan kemampuan, guna untuk mempersiapkan diri dalam memasuki dunia industri. Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengukur seberapa besar hubungan terdapat dari nilai praktik kerja industri dengan minat belajar dan sikap belajar siswa. Subjek penelitian ini ialah siswa SMKN 1 Padang yang sudah melaksanakan Prakerin pada semester ganjil pada Jurusan Teknik Pemesinan dengan sampel 39 siswa, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif dengan sampel 43 siswa, Teknik Audiovideo dengan sampel 35 siswa, sehingga total jumlah sampel yaitu 117 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Januari-Juni 2023. Instrumen penelitian menggunakan angket yang diberikan kepada siswa. Penelitian memakai proportional random sampling technique. Hasil penelitian menggambarkan hubungan yang baik antar nilai Prakerin dengan minat belajar di SMKN 1 Padang yaitu sebesar 8,1%, terdapat hubungan yang baik antar Nilai Prakerin dengan sikap belajar peserta didik pada SMKN 1 Padang yaitu sebesar 9,3%, dan memiliki hubungan yang berkaitan satu sama lain pada nilai Praktek Kerja Industri dengan sikap dan minat belajar peserta didik di SMKN 1 Padang yaitu 11,6%. Penelitian ini membuktikan bahwa praktik kerja industri memberikan dampak yang positif kepada siswa dalam meningkatkan minat belajar dan sikap belajar siswa yang diukur melalui nilai praktik kerja industry. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian yang memiliki nilai positif.

References

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. In Yogyakarta : Pustaka Pelajar (p. 173).

Bloomfield, J., & Fisher, M. (2019). Quantitative research design. Journal of the Australasian Rehabilitation Nurses’ Association, 22(2), 27–30. https://doi.org/10.33235/JARNA.22.2.27-30

Ellahi, R. M., Ali Khan, M. U., & Shah, A. (2019). Redesigning curriculum in line with industry 4.0. Procedia Computer Science, 151(2018), 699–708. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.04.093

Fatkhurrokhman, M., Leksono, S. M., Ramdan, S. D., & Rahman, I. N. (2018). Learning strategies of productive lesson at vocational high school in Serang City. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(2), 163. https://doi.org/10.21831/jpv.v8i2.19485

Lestari, E. T. (2020). Cara praktis meningkatkan motivasi siswa sekolah dasar. In Deepublish2.

Little, R. J., & Rubin, D. B. (2019). Statistical analysis with missing data. In John Wiley & Sons2.

Liu, T., Dai, A., Lu, J., Yuan, Y., Xiao, Y., Yu, L., Li, M., Gim, J., Ma, L., Liu, J., Zhan, C., Li, L., Zheng, J., Ren, Y., Wu, T., Shahbazian-Yassar, R., Wen, J., Pan, F., & Amine, K. (2019). Correlation between manganese dissolution and dynamic phase stability in spinel-based lithium-ion battery. Nature Communications, 10(1), 1–11. https://doi.org/10.1038/s41467-019-12626-3

Lutfia, D. D., & Rahadi, D. R. (2020). Analisis Internship Bagi Peningkatan Kompetensi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(3), 199–204. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i3.340

Maryanti, R., Hufad, A., Sunardi, S., Nandiyanto, A. B. D., & Kurniawan, T. (2021). Analysis of curriculum for science education for students with special needs in vocational high schools. Journal of Technical Education and Training, 13(3), 54–66. https://doi.org/10.30880/jtet.2021.13.03.006

Natsir, M., Purba, A. S., Ellyana, E., Saragih, A. T., & Amal, B. K. (2022). English Teaching in an Indonesian Vocational High School Majoring Industrial Machinery Engineering. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1743–1754. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1221

Nurnawangsih, L., & Yolviansyah, F. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran fisika Kelas XI MIPA di SMAN 5 Kabupaten Tebo. Journal Evaluation in Education (JEE), 3(2), 55–59. https://doi.org/10.37251/jee.v3i2.243

Nurul Sukma Lestari, & Millenia, E. (2022). Minat Berkarier Di Industri Perhotelan Dipengaruhi Oleh Pengalaman Magang. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 5(3), 400–407. https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i3.51789

Paturahman, M., Siagian, I., & Chadis. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Program Praktik Kerja Industri Kompetensi Keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga Pada Smk Pgri 16 Jakarta. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(3), 223–234. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/4255

Reaves, J. (2019). 21St-Century Skills and the Fourth Industrial Revolution: a Critical Future Role for Online Education. International Journal on Innovations in Online Education, 3(1). https://doi.org/10.1615/intjinnovonlineedu.2019029705

Saputra, E., & Jalinus, N. (2020). Analisis Perspektif Pelaksanaan Magang dan Peluang Kerja dalam Menilai Kesiapan Kerja Siswa. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(3), 107–114. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i3.748

Sumantri, D., Subijanto, S., Siswantari, S., & Sudiyono, S. (2019). Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan Empat Tahun Bidang Keahlian Prioritas Program Nawacita. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(2), 152–168.

Suryani, S., Irianto, A., & Cerya, E. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Smk Bisnis Manajemen Di Kota Solok. Jurnal Ecogen, 1(4), 870. https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i4.5666

Trevelyan, J. (2019). Transitioning to engineering practice. European Journal of Engineering Education, 44(6), 821–837. https://doi.org/10.1080/03043797.2019.1681631

Wahyuningsih, I., & Yulianto, A. (2020). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Praktik Kerja Industri Melalui Motivasi Kerja terhadap Kesiapan Kerja. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 532–551. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.39430

Zahrok, A. L. N. (2020). Implementasi sistem penjaminan mutu internal di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 196–204. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i2.31288

Submitted

2023-07-29
Accepted
2023-08-02
Published
2023-08-31
How to Cite
[1]
R. Novembli, B. Rahim, R. Rifelino, and Z. Abadi, “HUBUNGAN NILAI PRAKTIK KERJA INDUSTRI PADA MINAT DAN SIKAP BELAJAR PESERTA DIDIK”, Vomek, vol. 5, no. 3, pp. 250-257, Aug. 2023.