HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK DI SMK NEGERI 2 KOTA SUNGAI PENUH
Abstract
Sekolah Menengah Kejuruan ialah pendidikan yang mempersiapkan peserta didik dalam memperoleh keterampilan kejuruan dibidang teknik yang siap diimplementasikan pada dunia kerja. Adapun beberapa aspek bentuk pendidikan kejuruan meliputi: praktik kerja industri, sertifikasi kompetensi, kesiapan kerja, dan wirausaha yang memberi kesempatan pada siswa untuk mengembangkan keterampilan secara praktis. Namun, faktor yang sering muncul secara internal maupun eksternal cukup mempengaruhi pola belajar siswa khususnya pada motivasi belajar yang menjadi tindakan sebagai dorongan utama untuk lebih menekuni pembelajaran di sekolah tentang Gambar Teknik. Observasi yang telah berhasil dilakukan pada subjek penelitian didapatkan bahwa dari 26 orang siswa hanya 43% yang memenuhi kriteria ketuntasan dan 57% tidak mencapai kriteria tersebut, maka penelitian ini dimaksud untuk mengungkapkan hubungan motivasi dan hasil belajar pada pembelajaran Gambar Teknik SMKN 2 Sungai Penuh. Penelitian kuantitatif dipakai sebagai metode utama dalam menganalisis perolehan data menggunakan studi korelasi untuk mendeteksi hubungan dua variabel atau lebih. Teknik pengumpulan data secara objektif untuk melihat hubungan motivasi dan hasil belajar memakai instrumen angket dan dokumentasi. Analisis data yang dipergunakan ialah pengujian analisis prasyarat dan hipotesis dengan pengujian instrumen validitas dan reabilitas. Hasil penelitian yang telah berhasil dilaksanakan pada SMKN 2 Kota Sungai Penuh pada uji normalitas diketahui nilai sig. sebesar 0,20 > 0,05 memperlihatkan hasil data sampel terdistribusi normal, sedangkan uji linearitas diperoleh sig. 0,932 > 0,05 bahwa variabel berpola linear. Oleh karena disimpulkan hubungan motivasi dan hasil belajar, bernilai korelasi sebesar 0,899 memperlihatkan hubungan yang terjadi berkolerasi secara positif.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. In Bumi Aksara.
Bloomfield, J., & Fisher, M. (2019). Quantitative research design. Journal of the Australasian Rehabilitation Nurses’ Association, 22(2), 27–30. https://doi.org/10.33235/JARNA.22.2.27-30
Didit Darmawan, Fayola Issalillah, Eli Retnowati, & Donny Richard Mataputun. (2021). Peranan Lingkungan Sekolah dan Kemampuan Berkomunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Simki Pedagogia, 4(1), 11–23.
Dora, S., & Efendi, H. (2023). Persepsi Siswa Vokasi terhadap Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Pembelajaran Kerja Bengkel dan Gambar Teknik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1), 343–349. https://doi.org/10.24036/jpte.v4i1.263
Edi Riadi. (2016). Statistika Penelitian: Analisis Manual dan IBM SPSS. Andi.
Fong, C. J., & Schallert, D. L. (2023). “Feedback to the future”: Advancing motivational and emotional perspectives in feedback research. Educational Psychologist, 58(3), 146–161. https://doi.org/10.1080/00461520.2022.2134135
González-Pérez, L. I., & Ramírez-Montoya, M. S. (2022). Components of Education 4 . 0 in 21st Century Skills Frameworks : Systematic Review. Sustainability, 14(3), 1–31.
Koleck, T. A., Dreisbach, C., Bourne, P. E., & Bakken, S. (2019). Natural language processing of symptoms documented in free-text narratives of electronic health records: a systematic review. Journal of the American Medical Informatics Association, 26(4), 364–379. https://doi.org/10.1093/JAMIA/OCY173
Loncar-turukalo, T., Zdravevski, E., Silva, J. M. da, Chouvarda, I., & Trajkovik, V. (2019). Literature on Wearable Technology for Connected Health: Scoping Review of Research Trends, Advances, and Barriers. Journal of Medical Internet Research, 21(9), 1–23. https://doi.org/10.2196/14017
Murnieks, C. Y., Klotz, A. C., & Shepherd, D. A. (2020). Entrepreneurial motivation: A review of the literature and an agenda for future research. Journal of Organizational Behavior, 41(2), 115–143. https://doi.org/10.1002/JOB.2374
Octavia, S. A. (2020). Motivasi belajar dalam perkembangan remaja. In Deepublish.
Okolie, U. C., Nwajiuba, C. A., Binuomote, M. O., Ehiobuche, C., Igu, N. C. N., & Ajoke, O. S. (2020). Career training with mentoring programs in higher education: Facilitating career development and employability of graduates. Education and Training, 62(3), 214–234. https://doi.org/10.1108/ET-04-2019-0071/FULL/XML
Prasetya, F., Fajri, B. R., Wulansari, R. E., Primawati, P., & Fortuna, A. (2023). Virtual Reality Adventures as an Effort to Improve the Quality of Welding Technology Learning During a Pandemic. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 19(2), 4–22. https://doi.org/https://doi.org/10.3991/ijoe.v19i02.35447
Ramdhani, M. R., & Adawiyah, R. (2023). Strategi Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Kejuruan (SMK) Islam Swasta pada Era 4.0. Progressive of Cognitive and Ability, 2(3), 180–191.
Sarianti, S., Umar, M. N., & Jamali, Y. (2023). Penerapan Model Demonstrasi pada Pembelajaran PAI Materi Fardhu Kifayah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAS PLUS Muhammadiyah di Subulussalam. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 5(1), 741–766.
Setiawati, T. C., Subchan, W., Prastowo, S., & Basuki, B. (2023). Penyusunan Dokumen Mutu Laboratorium Guna Peningkatan Kualitas Pengelolaan Laboratorium di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri ( SMKN ). PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(3), 421–429.
Siahaan, Y. L. O., & Meilani, R. I. (2019). Sistem Kompensasi dan Kepuasan Kerja Guru Tidak Tetap di Sebuah SMK Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 141. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung: Alfabeta. Alphabeta.
Supriadi, G. (2021). Penelitian pendidikan. UNY Press.
Uno, H. B. (2023). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. In Bumi Aksara.
Wahrini, R., & Peng, C. G. (2023). Development of Interactive Learning Media in Occupational Health and Safety Subjectin Vocational High School. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 5(1), 31–41. https://doi.org/10.21831/jpts.v5i1.59820
Wu, R. M. X., Yan, W., Zhang, Z., Gou, J., Fan, J., Liu, B., Shi, Y., Shen, B., Zhao, H., Ma, Y., Soar, J., Sun, X., Gide, E., Sun, Z., Wang, P., Cui, X., & Wang, Y. (2021). A correlational research on developing an innovative integrated gas warning system: a case study in ZhongXing, China. Geomatics, Natural Hazards and Risk, 12(1), 3175–3204. https://doi.org/10.1080/19475705.2021.2002953
Yolantia, C., Artika*, W., Nurmaliah, C., Rahmatan, H., & Muhibbuddin, M. (2021). Penerapan Modul Problem Based Learning terhadap Self Efficacy dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(4), 631–641. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i4.21250
Young, M., & Hordern, J. (2020). Does the vocational curriculum have a future? Journal of Vocational Education & Training, 74(1), 68–88. https://doi.org/10.1080/13636820.2020.1833078
Submitted
Copyright (c) 2023 Jurnal Vokasi Mekanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.