PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI PADA KEMAMPUAN AKADEMIK SISWA MATA PELATIHAN PEMBUBUTAN TEKNIK PEMESINAN

  • Yoga Volanda Saputra Universitas Negeri Padang
  • Eko Indrawan Universitas Negeri Padang
  • Wanda Afnison Universitas Negeri Padang
  • Randi Purnama Putra Universitas Negeri Padang
Keywords: Keahlian Kerja, Kemampuan Akademik, Praktek Kerja Industri

Abstract

Pendidikan vokasi merupakan pendidikan yang terfokus pada praktik kerja yang berfungsi penunjang keahlian di bidang studi hal ini sangat penting untuk dimiliki sebagai standar kompetensi memasuki suatu industri. Praktek Kerja Industri (PKL) atau yang juga dikenal sebagai magang adalah bagian integral dari pendidikan vokasi atau pendidikan tinggi di mana siswa atau mahasiswa memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam pengalaman kerja nyata di industri terkait dengan bidang studi mereka. SMK Semen Padang sebagai salah satu lembaga pembelajaran yang bernaung sebagai yayasan pembelajaran Semen Padang sebagai jurusan Teknik Mesin juga mengerjakan kewajiban magang sebagai muridnya yang sudah memasuki kelas XI menuju kelas XII. Murid yang telah melaksanakan praktek kerja industri akan dinilai. Penelitian ini menggunakan konsep korelasional berjenis penelitian kuantitatif, data yang diperlukan menggunakan kuisonerer dan dokumentasi lalu diolah melalui SPSS 4. Hasil penelitian ini memperlihatkan adanya kontribusi antar pengalaman kerja pada kemampuan akademik murid Kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan SMK Semen Padang merujuk sebanyak 13,35% dalam kategori rendah dan 86,65 % ada faktor lain yang mempengaruhi terhadap kemampuan akademik. Terdapat kontribusi antara Keahlian kerja terhadap kemampuan akademik murid Kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan SMK Semen Padang. Hal ini terbukti dari analisa korelasi didapatkan dari nilai hasil uji korelasi (r) sebanyak 0,2755. Hal ini memperlihatkan perolehan nilai r hiitung > r tabel sebanyak 0,116. Kelak dapat disimpulakn bahwa 0,2755 > 0,116 kelak Ha terima dan Ho tertolak.

 

References

Agusjaya, R., Rostini, D., & Aryani, W. D. (2022). Manajemen Penyusunan Materi Uji Kompetensi (MUK) Guna Mempersiapkan Asesmen Kompetensi Mahasiswa (Studi Deskriptif Tentang Penyusunan Materi Uji Kompetensi di LSP-PI UNPAS Bandung dan LSP-PI POLTEK TEDC Cimahi). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 39–46.

Albupy, A., & Kurniadi, D. (2021). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Berbasis Web pada SMK Semen Padang. Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika, 9(2), 136–146.

Ambiyar, Ganefri, Suryadimal, Jalinus, N., Efendi, R., & Jeprimansyah. (2020). Development of work based learning (WBL) learning model in heat transfer courses. Journal of Physics: Conference Series, 1481(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1481/1/012113

Amelia Haryanti, S. H. (2022). Kiat Sukses Melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di Masa Pandemi COVID-19. In Pascal Books.

Andaria, M. (2021). Analisis Pedagogis Terhadap Kebijakan Pendidikan Di Era 4.0. In Penerbit Lakeisha.

Arju, M. (2020). Pendekatan Content and Language Integrated Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Menengah Kejuruan: Belajar Berbahasa Melalui Materi Peminatan. Seminar Nasional #5: Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya Untuk Mempersiapkan Generasi Emas 2045, 1–16. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/14070/7282

Bloomfield, J., & Fisher, M. (2019). Quantitative research design. Journal of the Australasian Rehabilitation Nurses’ Association, 22(2), 27–30. https://doi.org/10.33235/JARNA.22.2.27-30

Brydges, T. (2021). Closing the loop on take, make, waste: Investigating circular economy practices in the Swedish fashion industry. Journal of Cleaner Production, 293, 126245. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2021.126245

Erdi, P. N., Erizon, N., & Arwizet, K. (2019). Efektivitas Penggunaan Modul dengan Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin Kelas X SMK Semen Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 1(2), 30–38.

Fajra, M., Suparno, Sukardi, Ambiyar, & Novainda, R. (2020). Project-Based Learning: Innovation To Improve The Suitability Of Productive Competencies In Vocational High Schools With The Needs Of The World Of Work. International Journal of Multi Science, 1(7), 1–11.

Kamble, S., Gunasekaran, A., & Dhone, N. C. (2020). Industry 4.0 and lean manufacturing practices for sustainable organisational performance in Indian manufacturing companies. International Journal of Production Research, 58(5), 1319–1337. https://doi.org/10.1080/00207543.2019.1630772

Li, J., & Pilz, M. (2023). International transfer of vocational education and training: a literature review. Journal of Vocational Education and Training, 75(2), 185–218. https://doi.org/10.1080/13636820.2020.1847566

Madani, R. A. (2019). Analysis of Educational Quality, a Goal of Education for All Policy. Higher Education Studies, 9(1), 100. https://doi.org/10.5539/hes.v9n1p100

Nasheeda, A., Abdullah, H. B., Krauss, S. E., & Ahmed, N. B. (2019). A narrative systematic review of life skills education: effectiveness, research gaps and priorities. International Journal of Adolescence and Youth, 24(3), 362–379. https://doi.org/10.1080/02673843.2018.1479278

Putra, R., Santoso, P. H., Setywan, O., Darmasari, R., & Aprila, B. N. (2023). Pembekalan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Di SMK Muhammadiyah 3 Terpadu. JUDIKAT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 69–75.

Rosina, H., Virgantina, V., Ayyash, Y., Dwiyanti, V., & Boonsong, S. (2021). Vocational Education Curriculum: Between Vocational Education and Industrial Needs. ASEAN Journal of Science and Engineering Education, 1(2), 105–110. https://doi.org/10.17509/ajsee.v1i2.33400

Rudolph, C. W., Allan, B., Clark, M., Hertel, G., Hirschi, A., Kunze, F., Shockley, K., Shoss, M., Sonnentag, S., & Zacher, H. (2021). Pandemics: Implications for research and practice in industrial and organizational psychology. Industrial and Organizational Psychology, 14(1–2), 1–35. https://doi.org/10.1017/iop.2020.48

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In Bandung : Alfabeta (p. 84).

Suharno, Pambudi, N. A., & Harjanto, B. (2020). Vocational education in Indonesia: History, development, opportunities, and challenges. Children and Youth Services Review, 115(January), 105092. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105092

Wahyudi, K. S., & Arifin, Z. (2023). Profil Ideal Guru Sekolah Menengah Kejuruan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 5(2), 51–66. https://doi.org/10.54259/pakmas.v1i1.30

Yin, H., Wang, Q., Zheng, K., Li, Z., Yang, J., & Zhou, X. (2019). Social influence-based group representation learning for group recommendation. Proceedings - International Conference on Data Engineering, 566–577. https://doi.org/10.1109/ICDE.2019.00057

Submitted

2023-08-09
Accepted
2023-08-21
Published
2023-08-31
How to Cite
[1]
Y. Saputra, E. Indrawan, W. Afnison, and R. Putra, “PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI PADA KEMAMPUAN AKADEMIK SISWA MATA PELATIHAN PEMBUBUTAN TEKNIK PEMESINAN”, Vomek, vol. 5, no. 3, pp. 286-293, Aug. 2023.