KORELASI KOMPETENSI BIDANG KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SISWA SMK NEGERI 1 PADANG DENGAN KOMPETENSI STANDAR DUNIA USAHA DAN INDSUTRI
Abstract
Perkembangan dunia usaha dan industri dalam era globalisasi telah menimbulkan permintaan yang semakin tinggi akan sumber daya yang kompeten dengan persyaratan pasar kerja yang dinamis. SMK memiliki peran sentral dalam mempersiapkan lulusan yang mampu memenuhi tuntutan ini. Penelitian ini secara khusus memfokuskan pada siswa kelas XI yang telah mengikuti Prakerin pada semester genap pada Jurusan Teknik Pemesinan, dengan sampel sejumlah 52 siswa. Tujuannnya adalah untuk mengkaji sejauh mana kompetensi yang dimiliki oleh siswa dalam bidang teknik mesin di SMKN 1 Padang sesuai dengan kemampuan yang diperlukan oleh dunia usaha dan industri. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis korelasi, yang memungkinkan identifikasi hubungan antara kompetensi siswa dan kebutuhan industri. Instrumen penelitian memakai angket yang tervalidasi dari pihak industri, dan hasilnya menunjukkan bahwa kompetensi umum memiliki rata-rata 72%, sementara kompetensi fungsional memiliki rata-rata 83%. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan yang diperlukan oleh dunia usaha industri memiliki tingkat korelasi dengan persentase skor 100%. Hasil korelasi antara kedua variabel menunjukkan nilai signifikan bernilai 0,001 sehingga mempunyai hubungan positif dan signifikansi dengan nilai pearson correlation coefficient bernilai 0,434. Sehingga disimpulkan penelitian ini mengungkap ada korelasi positif dan signifikansi antar kompetensi siswa SMK Negeri 1 Padang dengan keterampilan yang diperlukan dunia usaha dan industri di masa mendatang.
References
Achmadi, T. A., Anggoro, A. B., Irmayanti, Rahmatin, L. S., & Anggriyani, D. (2020). Analisis 10 Tingkat Soft Skills yang Dibutuhkan Mahasiswa di Abad 21. Jurnal Teknologi Busana Dan Boga, 8(2), 145–151.
Ali, W. (2020). Online and Remote Learning in Higher Education Institutes: A Necessity in light of COVID-19 Pandemic. Higher Education Studies, 10(3), 16. https://doi.org/10.5539/hes.v10n3p16
Allam, Z., Sharifi, A., Bibri, S. E., Jones, D. S., & Krogstie, J. (2022). The Metaverse as a Virtual Form of Smart Cities: Opportunities and Challenges for Environmental, Economic, and Social Sustainability in Urban Futures. Smart Cities, 5(3), 771–801. https://doi.org/10.3390/smartcities5030040
Alstra, D., Sukma, T. K., Melinda, S., Syukriman, A., & Evanita, S. (2023). Implementasi Pendidikan Kewirausahaan Untuk Menumbuhkan Minat Wirausaha Pada Siswa SMK Negeri 3 Padang. KOMITMEN: Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(2), 160–166.
Alvendri, D., & Giatman, M. (2023). Transformasi Pendidikan Kejuruan : Mengintegrasikan Teknologi IoT ke dalam Kurikulum Masa Depan. Journal of Education Research, 4(2), 752–758.
Anand, J., McDermott, G., Mudambi, R., & Narula, R. (2021). Innovation in and from emerging economies: New insights and lessons for international business research. Journal of International Business Studies, 52(4), 545–559. https://doi.org/10.1057/s41267-021-00426-1
Aqillamaba, K., & Puspaningtyas, N. D. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 3(2), 54–61.
Ardiani, L., & Ridwan. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Program Praktek Kerja Industri (Prakerin). Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 194–200.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. In Jakarta: PT. Rineka Cipta (pp. 1–412).
Azhar, A., Ambiyar, A., Irzal, I., & Mulianti, M. (2022). Hubungan Prestasi Belajar Dukungan Sosial Orang Tua Dan Ekspektasi Kerja Terhadap Minat Melanjutkan Studi S2 Pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin FT UNP. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 4(4), 104–110. https://doi.org/10.24036/vomek.v4i4.471
Bunyamin, B., Samsudi, S., & Rohman, S. (2022). Journal of Vocational Career Education Soft Skill Improvement Strategy for Vocational High School Students Base on Career and 21st Century Learning Oriented. Journal of Vocational Career Education, 7(1), 65–77. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jvce
Djuhartono, T., Ariwibowo, P., & Alhamidi, L. A. (2021). Implementation of Total Quality Management (TQM) on Teaching Factory (TEFA) Vocational Middle School in Bogor District. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 7(Vol. 7, No. 05, 2021,), 269–282. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v7i02.4847.INTRODUCTION
Fortuna, A., Rahmansyaf, I., Prasetya, F., Syaputra, W. Z., Rahmadhani, D., Saklaili, S., Bagus, M. I., Linda, E. S., Andriani, W., Muhammad, T., & Deria, A. (2023). Design of Prototype Model Augmented Reality-Based Disaster Mitigation Learning Media as a Disaster Education Facility. PAKAR Pendidikan, 21(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/pakar.v21i1.287
Furtasan Ali Yusuf, F., & Basrowi. (2023). The Effectiveness of the Internship Program for Vocational High School Students Using the CIPP Method. Jurnal Teknologi Pendidikan, 25(1), 15–28. https://doi.org/10.21009/jtp.v25i1.33553
Nurdianah, E., Sudira, P., & Daryono, R. W. (2022). Mobile-Based Application to Integrate Vocational Learning and Career Learning in Mechatronics Engineering Vocational High School. Journal of Education Technology, 6(3), 431–441. https://doi.org/10.23887/jet.v6i3.43669
Picard, C., Hardebolle, C., Tormey, R., & Schiffmann, J. (2022). Which professional skills do students learn in engineering team-based projects? European Journal of Engineering Education, 47(2), 314–332. https://doi.org/10.1080/03043797.2021.1920890
Prasetya, F., Fajri, B. R., Wulansari, R. E., Primawati, P., & Fortuna, A. (2023). Virtual Reality Adventures as an Effort to Improve the Quality of Welding Technology Learning During a Pandemic. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 19(2), 4–22. https://doi.org/https://doi.org/10.3991/ijoe.v19i02.35447
Rahman, B. A., Purwantono, Irzal, I., & Rahim, B. (2022). Kontribusi Kemandirian Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin FT-UNP Angkatan 2018 Pada Mata Kuliah Teknologi Pengelasan Logam. Vokasi Mekanika, 4(2), 135–142.
Sari, V. P., Ambiyar, A., Waskito, W., & Nurdin, H. (2021). Kepuasaan Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Pada Pembelajaran Daring Mata Kuliah Fisika Teknik Di Jurusan Teknik Mesin FT_UNP. Jurnal Vokasi Mekanika, 3(3), 30–37.
Savitri, A. (2019). Revolusi industri 4.0: mengubah tantangan menjadi peluang di era disrupsi 4.0. In Penerbit Genesis.
Sholeh, M. I. (2023). Menghadapi Persaingan Sengit Lembaga Pendidikan : Strategi Diferensiasi dalam Pemasaran Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. AKSI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 192–222.
Soeprijanto, S., Prohantoro, R., Pratama, R., & Ariefin, D. A. (2022). Needs Analysis for Developing Project-Based Learning Outcomes Assessment Models in Electricity Topic at the Center of Excellence Vocational High School. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 8(2), 325–334. https://doi.org/10.21009/1.08214
Soepriyadi, I., Wibowo, R., Sari, A. R., & ... (2022). Peran Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Mediasi dalam Hubungan Antara Likuiditas, Solvabilitas dan Nilai Perusahaan. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), 5117–5124. http://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/3895
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In Bandung : Alfabeta (p. 84).
Yanto, R., Silalahi, B., & Panjaitan, D. (2023). The role of talent management in creating a competitive advantage for vocational high school teachers in the era of globalization. Journal of Management Science, 6(3), 263–268.
Submitted
Copyright (c) 2023 Jurnal Vokasi Mekanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.