PENGARUH BUKU SISWA BERBASIS INKUIRI DAN LITERASI SAINS TERHADAP LITERASI SAINS SISWA SMP DI KOTA SUNGAI PENUH

  • Nana Sutrisna STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh
Keywords: Inkuiri, Literasi Sains.

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan masih rendahnya literasi sains siswa yang disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran IPA belum optimal untuk mengembangkan literasi sains siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh buku siswa berbasis inkuiri dan literasi sains terhadap literasi sains siswa SMP Kelas VIII di Kota Sungai Penuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental research) dengan menggunakan rancangan Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Sungai Penuh yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2022/2023. Sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data penelitian adalah tes berupa soal pilihan ganda yang digunakan untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa buku siswa berbasis inkuiri dan literasi sains efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa SMP Kelas VIII di Kota Sungai Penuh.

References

Ardianto and Rubbini. 2016. “Comparison of Students Scientific Literacy In Integrated Science Learning Through Model of Guided Discovery And Problem Based Learning”. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 31-37.

Daryanto.2014. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Echols, J dan Hassan, S. 2000. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Erniati, L. 2010. “Membangun VOIP Secara Sederhana”. Jurnal Kependidikan, 20 (2), 187-201.

Fidiantara, F. 2020. “Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar IPA Materi Sistem Ekskresi Berbasis Inkuiri terhadap Peningkatan Literasi Sains”. Jurnal Pijar MIPA, 15(11), 88-92.

Hayat, B dan Suhendra. 2011. Mutu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemendikbud. 2013. Pembelajaran Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Biologi dengan Pendekatan Saintifik. Jakarta: Direktorat PSMA.

Kemendikbud. 2014. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. 2016. Modul Pelatihan Kurikulum 2013 Revisi 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Maturradiyah dan Rusilowati. 2015. “Analisis Buku Ajar Fisika SMA Kelas XII di Kabupaten Pati Berdasarkan Muatan Literasi Sains. Unnes Physics Education Journal”. 4(1), 17-20.

OECD. 2016. “PISA 2015 Result in Focus: What 15 year olds know and what they can do with what they know”. http://www. Oecd. Org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results. Html, diakses tanggal 10 April 2023.

Puspitasari, A. D. 2015. “Efektifitas Pembelajaran Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa”. Jurnal Pendidikan, 1(2), 1-5.

Putra, H. H. 2016. “Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Kelas VIII Kurikulum 2013 di Kota Padang”. Skripsi tidak diterbitkan. Padang: Universitas Negeri Padang.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sutarno. 2016. “Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Sistem Gerak Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Wera Kabupaten Wera Nusa Tenggara Barat”. Jurnal Inkuiri, 5 (1), 133-142.

Sutrisna, N. 2017. “Pengembangan Buku Siswa Berbasis Inkuiri dan Literasi Sains tentang Materi Sistem Pencernaan untuk Siswa Kelas VIII SMP”. Universitas Negeri Padang.

Zuriyani, E. 2010. “Literasi Sains dan Pendidikan” http://wagj1343099486.pdf, diakses tanggal 12 April 2023.

Submitted

2023-08-16
Accepted
2023-08-23
Published
2023-08-31
How to Cite
[1]
N. Sutrisna, “PENGARUH BUKU SISWA BERBASIS INKUIRI DAN LITERASI SAINS TERHADAP LITERASI SAINS SISWA SMP DI KOTA SUNGAI PENUH”, Vomek, vol. 5, no. 3, pp. 301-306, Aug. 2023.