PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DISERTAI PERMAINAN EDUKATIF BERBENTUK APLIKASI ANDROID TENTANG MATERI GENETIKA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 9 PADANG

  • Tengku Sungky Diraputra Universitas Negeri Padang
  • Ardi Ardi Universitas Negeri Padang
  • Syamsurizal Syamsurizal Universitas Negeri Padang
  • Suci Fariah Universitas Negeri Padang
Keywords: Media Pembelajaran, Smartphone, Permainan Edukasi, Genetika, 4D Models

Abstract

Materi genetika merupakan salah satu materi yang sulit dipahami oleh peserta didik SMAN 9 Padang karena dianggap abstrak dan tidak dapat disaksikan secara langsung sehingga memerlukan penggunaan media yang dapat memperjelas materi genetik. Penelitian ini bermaksud untuk memberikan produk yang  valid dan praktis berupa multimedia interaktif yang didukung dengan games edukasi berupa aplikasi Android mengenai materi genetik untuk peserta didik kelas XI SMAN 9 Padang. Metode yang di gunakan dalam  penelitian ini adalah (Research and Development) dengan 3 tahapan dari model pengembangan 4D (Four-D models). Uji hasil analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan praktikalitas .Uji validitas menghasilkan nilai rata-rata 86,4%. multimedia interaktif dari segi validitas telah memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai alat bantu dalam mencapai tujuan pembelajaran dan dapat digunakan dalam pembelajaran biologi. Lalu ujian praktikalitas, guru menerima skor rata-rata 90,9%, dan peserta didik menerima skor rata-rata 87,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa game edukasi berbasis aplikasi Android yang merupakan media pembelajaran interaktif bagi peserta didik kelas XI SMAN 9 Padang memiliki kebutuhan yang sangat nyata dan penting.

References

Arijal, D. D., Rifelino, Refdinal, & Syahri, B. (2020). Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Pada Mata Pelajaran Teknik Permesinan Frais Kompetensi Dasar Pembuatan Roda Gigi Lurus Di SMK Negri 2 Solok. Vomek, 25.

Ariyanto, Agus; Priyayi, Desy Fajar; Dewi, Liswati. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Biologi Di Sekolah Menegah (SMA) Swasta Salatiga. Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Muhamadiyah Metro, 9(1).

Fatmala, D., & Yeliant, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Android pada Materi Plantae Untuk Siswa SMA Menggunakan Eclipse Galileo. Biodik, 2(1), 1-6.

Ghairi, J. A., Purwantono, Irzal, Rahim, B., & Erizon, N. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pepengelasan MIG Dan TIG Pada Sambungan Bawah Tangan. Vomek, 4(3), 31.

Haq, R. I., Subchan, W., & Asyiah, I. N. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Peningkatan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi (Standar Kompetensi Memahami Saling Ketergantungan dalam Ekosistem di SMP Negeri 1 Tapen Kabupaten Bondowoso Kelas 7E Tahun Ajaran 2. 3(3), 63-72.

Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48-52.

Lufri, dan Ardi. (2006). Metodologi Penelitian: Penelitian Kuantitatif, Penelitian Tindakan Kelas, dan Penelitian Pengembangan. Padang: UNP Press.

Marisa, M. (2021). Inovasi kurikulum “Merdeka Belajar” di era society 5.0. Santhet. Jurnal Sejarah, Pendidikan, Dan Humaniora, 5(1), 66-78.

Masykhur, M. A., & Risnani, L. Y. (2020). Pengembangan Dan Uji Kelayakan Game

Edukasi Digitalsebagai Media Pembelajaran Biologi Siswa Sma Kelas X Pada Materi Animalia. Bioedukasi (Jurnal Pendidikan Biologi), 11(2), 90-104.

Muhaso, Ali. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tekonologi Informasi. VIII(2).

Mukti, I. N. C., & Nurcahyo, H. (2017). Pengembangan media pembelajaran biologi berbantuan komputer untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 137-

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22-26.

Naufan, F., Rifelio, Purwantono, & Nabawi, R. A. (2022). Pengembangan Modul Teknik Permesianan Bubut Kelas XI Teknik Permesinan SMK Negri 1 Sumatra Barat. Vomek, 119.

Oktavian, R., & Aldya, R. (2020). Integrasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash dengan Lingkungan Untuk Meningkatkan Minat Belajar Biologi. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 40-46.

Panjaitan, R. G. P., Titin, T., & Putri, N. N. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan di Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(1), 14.

Pradana, A. G. (2019). Rancang Bangun Game Edukasi “AMUDRA” Alat Musik Daerah Berbasis Android. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENATIK), 2(1), 49-53.

Purwanto, N. (2009). Perisip-perinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya .

Rahayu, R. R. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.

Ryandhosi, A. (2023). Pengembangan Modul Berbasis Model Risearch Based Learning Terintegrasi Kearifan Lokal Batik Incung. Vomek, 295.

Suryanto, Suryanto, Muhajir, M., & Kusmiyati. (2021). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 160-167.

Submitted

2023-08-28
Accepted
2023-09-26
Published
2023-11-30
How to Cite
[1]
T. Diraputra, A. Ardi, S. Syamsurizal, and S. Fariah, “PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DISERTAI PERMAINAN EDUKATIF BERBENTUK APLIKASI ANDROID TENTANG MATERI GENETIKA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 9 PADANG”, Vomek, vol. 5, no. 4, pp. 350-357, Nov. 2023.