PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FRAIS (MILLING) PADA SMK DI SUMATERA BARAT
Abstract
Substansi informasi yang disebutkan dalam capaian pembelajaran Teknik Pemesinan Frais kelas XI belum sepenuhnya tercakup dalam media belajar yang dipakai pada kegiatan pengajaran, sehingga proses belajar menjadi kurang efisien dan efektif. Metodologi pengembangan 4D (pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran) digunakan dalam pembuatan modul pembelajaran melalui penelitian R&D. Lembar validasi berupa angket yang diberikan kepada 2 dosen dari Teknik Mesin FT UNP untuk ahli media, 1 dosen dari Teknik Mesin FT UNP dan 1 orang Guru Mata Pelajaran di SMK untuk ahli materi digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Statistik deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis data, yaitu dengan melihat data dengan menguraikan data yang telah diperoleh. Berdasarkan dari hasil temuan validitas melalui ahli materi yang diraih nilai akhir V pada angka 0,842 dan ahli media yang diraih nilai akhir 0,909 dalam kriteria yang valid, maka temuan penelitian pengembangan dari modul ini diraih layak untuk dipakai menjadi media belajar yang mandiri bagi siswa. Modul ajar Teknik Pemesinan Frais kelas XI Teknik Pemesinan yang dihasilkan sangat layak untuk dipakai menjadi media belajar yang mandiri sebagai pendukung bagi siswa, hal ini bisa diraih melalui hasil evaluasi validitas modul yang dikembangkan.
References
Bararah, I. (2017). Efektifitas perencanaan pembelajaran dalam pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah. Jurnal MUDARRISUNA, 7(1), 131–147. https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/1913
Budiarti, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran … Pengembangan Media Pembelajaran …. AL-Ahya, 01(01), 219–232.
Candra, Y. E., A, Y., Irzal, I., & Prasetya, F. (2019). Pengaruh Media Simulator Cnc 2 Axis Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Cnc Dasar Siswa Di Smk Negeri 5 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(1), 15–19. https://doi.org/10.24036/vomek.v1i1.19
Fornandes, B., A, Y., Prasetya, F., & Indrawan, E. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Diklat Cnc Kelas Xi Smk Negeri 2 Payakumbuh. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(2), 10–16. https://doi.org/10.24036/vomek.v3i2.202
Hafzah, N., Puri Amalia, K., Lestari, E., Annisa, N., Adiatmi, U., & Saifuddin, M. F. (2020). Meta-Analisis Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Digital Dalam Peningkatan Hasil dan Minat Belajar Biologi Peserta Didik di Era Revolusi Industri 4.0. Biodik, 6(4), 541–549. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.8958
Haikal, F., & Syofyan, H. (2021). Pemanfaatan Media Video Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas III-A Di SDN Duri Kepa 17 Pagi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 377–385. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2969
Handayani, M., Siswantari, Astuti, R., & Hariyanti, E. (2020). Sekolah aman.
Haq, H., Purwantono, P., Irzal, I., & Rahim, B. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Dengan Video Dan Animasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Fabrikasi. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 4(1), 89–93. https://doi.org/10.24036/vomek.v4i1.310
Haryati, T., & Rochman, N. (2012). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Praktik Belajar Kewarganegaraan (Project Citizen). Jurnal Ilmiah Civis, 2(2), 1–11. http://journal.upgris.ac.id/index.php/civis/article/viewFile/459/413
Jendriadi, J., Melati, R. R., Sukandar, W., Ismira, I., Puspita, V., Zaturrahmi, Z., Anwar, R., & Desmariani, E. (2023). Penggunaan Media Ular Tangga pada Anak Usia 5-6 Tahun untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 491–499. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.1226
Melyza, A., & Aguss, R. M. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Proses Penerapan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Pandemi Covid-19. Journal Of Physical Education, 2(1), 8–16. https://doi.org/10.33365/joupe.v2i1.950
Naufan, F., Rifelino, R., Purwantono, P., & Nabawi, R. A. (2022). Pengembangan Modul Praktikum Teknik Pemesinan Bubut Kelas Xi Teknik Pemesinan Smk Negeri 1 Sumatera Barat. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 4(2), 118–124. https://doi.org/10.24036/vomek.v4i2.368
Nizwardi, J., & Ambiyar, A. (2016). Media & Sumber Belajar. Jakarta : Kencana, 1–236.
Primawati, Rozi, F., & Indrawan, E. (2015). Studi Perbandingan Kemampuan Potensi Akademik Aritmatika Mahasiswa Yang Berasal Dari Smk Dengan Sma Pada Jurusan Teknik Mesin Ft Unp. Training, 16–17.
Setiyadi, M. W. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 102. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3468
Setyandaru, T. A., Wahyuni, S., & Putra, P. D. A. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Multirepresentasi Pada Pembelajaran Fisika Di Sma/Ma 1). Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(3), 218–224.
Sulfemi, W. B., & Qodir, A. (2017). Relationship of 2013 Curriculum With Motivation Learning Students in Pelita Ciampea Vocational School. Jurnal Ilmiah Edutecno, 17(2), 1–12.
Syamsuddin, N. (2019). Peran Smk Sebagai Specific Human Capital Dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Memasuki Dunia Kerja. Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, Universitas Negeri Makassar.
Zulhaini, Halim, A., & Mursal. (2016). Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Hukum Newton Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Di Man Model Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(1), 121346.
Submitted
Copyright (c) 2023 Jurnal Vokasi Mekanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.