PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TP (A) PADA MATA PELAJARAN PENGUKURAN DI SMK NEGERI 1 PADANG

  • Try Yudo Margono Universitas Negeri Padang
  • Yufrizal A Universitas Negeri Padang
  • Rifelino Rifelino Universitas Negeri Padang
  • Budi Syahri Universitas Negeri Padang
Keywords: Penerapan, Kooperatif Tipe Group Investigation, Hasil Belajar, Pengukuran, Teknik Mesin

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Pengukuran, hal ini diduga karena proses pembelajaran yang kurang optimal dan kurangnya peran aktif siswa dalam mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran yang terfokus pada guru (Teacher Centered Learning). Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Penelitian ini memakai metode penelitian classroom action research. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X TP (A) SMK Negeri 1 Padang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan memakai 3 siklus, setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes pilihan jamak. Teknik analisis data menggunakan rumus ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian pada manifestasi pra siklus memperoleh rata-rata 60,41 meningkat di siklus 1 dengan rata-rata sebesar 69,83 dan terjadi peningkatan pada siklus 2 menjadi 78 serta pada siklus 3 menjadi 79,25. Persentase ketuntasan klasikal pra siklus sebesar 30%, pada siklus 1 sebesar 53,33% meningkat pada siklus 2 menjadi 73,33%, pada siklus 3 menjadi 80%. Kesimpulan dari penelitian ini dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada mata pelajaran Pengukuran dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dilihat dari hasil belajar siswa yang sudah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan penelitian pada siklus ketiga dengan nilai ketuntasan klasikal 80%.

References

A, Yufrizal, Eko Indrawan, Dan A. A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Mengembangkan & Menganalisis Tes Yang Dibuat Melalui Tindak Lanjut Pada Pelatihan Mesin CNC.

Artikel, I., & Group, M. (2023). 174 | Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Bima. 6(2), 174–183.

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis Atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam). Tarbawy : Indonesian Journal Of Islamic Education, 6(1), 19–32. Https://Doi.Org/10.17509/T.V6i1.20569

Brier, J., & Lia Dwi Jayanti. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Pada Materi Ruang Vektor. 21(1), 1–9. Http://Journal.Um-Surabaya.Ac.Id/Index.Php/JKM/Article/View/2203

Bunyamin, A., Arwizet, K., & Aziz, A. (2019). Penerapan Metode Belajar Diskusi Berbantuan Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gambar Teknik Mesin Siswa Kelas X Teknik Pengelasan Smk Negeri 1 Kecamatan Guguak. Ranah Research: Journal Of Multidisciplinary Research And Development, 2(1), 213–218.

Candra, Y. E., A, Y., Irzal, I., & Prasetya, F. (2019). Pengaruh Media Simulator Cnc 2 Axis Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Cnc Dasar Siswa Di Smk Negeri 5 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (Vomek), 1(1), 15–19. Https://Doi.Org/10.24036/Vomek.V1i1.19

Furqon, H., Sari, D. Y., Mesin, D. T., Teknik, F., Padang, U. N., Tawar, K. A., Belajar, H., & Mesin, T. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Macromedia Flash 8 Pada Hasil Belajar Dasar - Dasar Teknik Mesin The Effect Of Macromedia Flash 8 Instructional Media On Basic. 5(3), 258–265.

Hanum, F. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Diklat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Lanjut Tingkat Nasional Bagi Guru Pamong Belajar, 9-10 Agustus 2008, 1–12. Http://Staff.Uny.Ac.Id/Sites/Default/Files/Tmp/Diklat PTK 2008.Pdf. Diakses 02 April 2016

Karudin, A., Rahim, B., Syahri, B., Lapisa, R., Mahendra, M. L., Mesin, D. T., Teknik, F., Negeri, U., Kampus, P., Tawar, A., Proyek, B., & Belajar, H. (2023). Dampak Model Pembelajaran Kolaboratif Think Pair Share Berbasis Proyek Terhadap Peningkatan Hasil Belajar , Kreativitas Dan Kerjasama Mahasiswa Pada Mata Kuliah Mekatronika The Impact Of The Project-Based Think Pair Share Collaborative Learning Model On I. 5(2), 167–177.

Khoiriah, H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Tpm Pada Kompetensi Besaran &Amp; Satuan Di Smk Dharma Bahari Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin UNESA, 6(02), 251469.

Midik, R. R. D., Prasetya, F., A, Y., & Rifelino, R. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Augmented Reality Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pembelajaran CNC Pada Kelas XI SMKN 5 Padang. Vokasi Mekanika, 5(2), 18–24.

Patricia, C. O. S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Rachmat. 3(2), 6.

Pendidikan, J., Informasi, T., Volume, K., Ptik, J., Negeri, U., Issn, M., & Sn, X. (2021). Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Volume 1 Nomor 5, Oktober 2021. 1(19), 528–541. Https://Ejurnal.Unima.Ac.Id/Index.Php/Edutik/Article/View/2922

Pertiwi, D. E., Samsuri, T., & Muliadi, A. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(2), 135. Https://Doi.Org/10.36312/E-Saintika.V2i2.114

Putri, S. C., Erizon, N., Sari, D. Y., & Arafat, A. (2021). Tinjauan Minat Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Mata Kuliah Fisika Terapan Program Studi D3 Teknik Mesin Ft-Unp. Jurnal Vokasi Mekanika (Vomek), 3(3), 15–21. Https://Doi.Org/10.24036/Vomek.V3i3.211

Rahim, B., Adri, J., & Suparno, S. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Kuliah Tata Tulis Karya Ilmiah Dan Seminar Pada Pendidikan Vokasi. Jurnal Vokasi Mekanika (Vomek), 1(2), 39–48. Https://Doi.Org/10.24036/Vomek.V1i2.64

Rifelino, Ambyar, Nurhasan Syah, Dan S. (2022). Transformasi Pembelajaran Tradisional Ke Pembelajaran Digital. 6(2).

Smk, S., & Pancur, N. (N.D.). 1,2,3,4).

Syamsuddin, N. (2019). Peran Smk Sebagai Specific Human Capital Dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Memasuki Dunia Kerja. Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, Universitas Negeri Makassar.

Tahuna, S. M. K. N., Karalo, M. A., Mapaliey, D. O., & Kewas, J. C. (2023). 1 2, 3 123. 4.

Widyaningsih, R. O., & Puspasari, D. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation (Investigasi Kelompok) Pada Mata Pelajaran Kearsipan Di Smkn 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 77–84. Https://Doi.Org/10.26740/Jpap.V9n1.P77-84

Wirayasa, I. D. G. P., Darmayasa, I. P., & Satyawan, I. M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Ranah Kognitif Model 4D Pada Materi Sepak Bola Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(3), 81–88. Https://Doi.Org/10.23887/Jjp.V8i3.33760

Yanti, F. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Base Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas Xi Tata Busana-2 Mata Pelajaran Pembuatan Busana Industri Materi Pengertian Dan Fungsi Busana Pesta Pada Smk Negeri 1 Sigli. Jurnal Sains Riset, 11(1), 11–14. Https://Doi.Org/10.47647/Jsr.V11i1.394

Submitted

2023-09-02
Accepted
2023-10-14
Published
2023-11-30
How to Cite
[1]
T. Margono, Y. A, R. Rifelino, and B. Syahri, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TP (A) PADA MATA PELAJARAN PENGUKURAN DI SMK NEGERI 1 PADANG”, Vomek, vol. 5, no. 4, pp. 395-401, Nov. 2023.