HUBUNGAN FASILITAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA UNP PESISIR SELATAN

  • Setrihan Putra Universitas Negeri Padang
  • Eko Indrawan Universitas Negeri Padang
  • Irzal Irzal Universitas Negeri Padang
  • Dori Yuvenda Universitas Negeri Padang
Keywords:
Hubungan
Fasilitas
Motivasi Belajar

Abstract

Salah satu elemen yang memerlukan perhatian dalam mendukung semangat belajar adalah fasilitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi keterkaitan antara fasilitas pembelajaran dan motivasi belajar pada mahasiswa Universitas Negeri Padang di Pesisir Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah pendekatan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel penelitian mencakup 105 mahasiswa dari Universitas Negeri Padang yang terbagi dalam tiga jurusan: S-1 Sistem Informatika, D-III Teknik Mesin, dan D-III Teknik Otomotif. Sampel ini melibatkan tiga tahun angkatan, yaitu 2020, 2021, dan 2022. Data diperoleh melalui kuesioner dan observasi. Analisis data melibatkan pemberian skor berdasarkan tanggapan pada kuesioner serta evaluasi setiap jawaban terhadap pernyataan dalam kuesioner. Data dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS versi 26.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa adanya hubungan positif antara fasilitas pembelajaran dan motivasi belajar, dengan persentase 85,43% responden menyatakan adanya korelasi ini berdasarkan hasil dari kuesioner.

Read More

Submitted

2023-09-12
Accepted
2024-01-25
Published
2024-05-31
How to Cite
[1]
S. Putra, E. Indrawan, I. Irzal, and D. Yuvenda, “HUBUNGAN FASILITAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA UNP PESISIR SELATAN”, Vomek, vol. 6, no. 2, pp. 165-179, May 2024.