HUBUNGAN FASILITAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA UNP PESISIR SELATAN

  • Setrihan Putra Universitas Negeri Padang
  • Eko Indrawan Universitas Negeri Padang
  • Irzal Irzal Universitas Negeri Padang
  • Dori Yuvenda Universitas Negeri Padang
Keywords: Hubungan, Fasilitas, Motivasi Belajar

Abstract

Salah satu elemen yang memerlukan perhatian dalam mendukung semangat belajar adalah fasilitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi keterkaitan antara fasilitas pembelajaran dan motivasi belajar pada mahasiswa Universitas Negeri Padang di Pesisir Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah pendekatan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel penelitian mencakup 105 mahasiswa dari Universitas Negeri Padang yang terbagi dalam tiga jurusan: S-1 Sistem Informatika, D-III Teknik Mesin, dan D-III Teknik Otomotif. Sampel ini melibatkan tiga tahun angkatan, yaitu 2020, 2021, dan 2022. Data diperoleh melalui kuesioner dan observasi. Analisis data melibatkan pemberian skor berdasarkan tanggapan pada kuesioner serta evaluasi setiap jawaban terhadap pernyataan dalam kuesioner. Data dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS versi 26.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa adanya hubungan positif antara fasilitas pembelajaran dan motivasi belajar, dengan persentase 85,43% responden menyatakan adanya korelasi ini berdasarkan hasil dari kuesioner.

References

Arko, A. D., & Kporyi, E. (2023). Evaluation of the Implementation of Distance Education Social Studies Curriculum in Ghana. International Journal of Education, Teaching, and Social Sciences, 3(2), 143–159.

Ayu, A. S., Haryono, N., Hastjarjo, S., & Arzil, A. P. A. (2023). The Role of Outdoor Media and" Solo Berseri" Magazine in Enhancing the Effectiveness of Surakarta Municipal Program Promotion. Aptisi Transactions on Technopreneurship (ATT), 5(1Sp), 49–67.

Belda-Medina, J., & Marrahi-Gomez, V. (2023). The Impact of Augmented Reality (AR) on Vocabulary Acquisition and Student Motivation. Electronics, 12(3), 749.

Berestova, A., Burdina, G., Lobuteva, L., & Lobuteva, A. (2022). Academic Motivation of University Students and the Factors That Influence It in an E-Learning Environment. Electronic Journal of E-Learning, 20(2), 201–210.

Br Sitohang, E. G. (2023). Pengaruh Gross Profit Margin, Net Profit Margin Dan RETURN ON EQUITY Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Infrastruktur Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021. Universitas Medan Area.

Cortes, P., Rodriguez, J., Silva, C., & Flores, A. (2011). Delay compensation in model predictive current control of a three-phase inverter. IEEE Transactions on Industrial Electronics, 59(2), 1323–1325.

Geng, S., Law, K. M. Y., & Niu, B. (2019). Investigating self-directed learning and technology readiness in blending learning environment. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1), 1–22.

Iskana, E. (2023). Realisasi Sarana dan Media PAI (Studi Kasus pada kelas XI PK 1 Semester Ganjil di SMK Negeri 1 Bandung). Rayah Al-Islam, 7(1), 520–538.

Izdiharunnisa, I., Hasanuddin, H., & Lubis, S. (2023). Pengaruh Self Regulated Learning Religiusitas Terhadap Student Engagement Pada Siswa Madrasah Aliyah Swasta Muallimin Univa Medan. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03).

Ainissyifa, H., Ramdhani, M. A., & Umah, S. K. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Disiplin Belajar Siswa Dalam Mewujudkan Capaian Hasil Belajar Siswa (Penelitian di MTs. se-Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut). Khazanah Akademia, 04(02), 76-83.

Kasiram, M. (2008). Metodologi Penelitian Psikologi-Pendidikan. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Kirichal, V., Purwantono, P., Wulansari, R. E., & Prasetya, F. (2023). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Gambar Teknik Di Smk Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Vokasi Mekanika, 5(3), 273–279.

Ligendra, R., Rifelino, R., Yufrizal, A., & Prasetya, F. (2023). Efektivitas Pemanfaatan Cnc Simulator Terhadap Penguasaan Kognitif Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Cnc Kelas Xi Smk Negeri 2 Payakumbuh. Jurnal Vokasi Mekanika, 5(3), 236–243.

Malau, L. P., Edward, Y. R., Faris, S., & Sianipar, M. R. (2022). The Effect of Education Costs, Promotions, And Facilities on Students’ Decisions to Choose to Learn at the Faculty of Medicine, Prima Indonesia University Through Attitude as a Moderating Variable. International Journal of Research and Review, 9(8), 641–649.

Manizar, E. (2015). Peran guru sebagai motivator dalam belajar. Tadrib, 1(2), 204–222.

Mulyani, R., Alpusari, M., & Putra, M. (2020). The role of family environment in online learning motivation during the COVID-19 pandemic. Journal of Educational Science and Technology, 6(3), 221–230.

Nasution, F., Sari, I. P., Pratiwi, R. U., Yunita, Z., Aini, I. Q., & Supia, S. (2023). Analisis Standar Sarana dan Prasarana di Yayasan Perguruan RA Al-Kamal. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(2), 427–440.

Park, J., & Kim, D. (2021). The effects of gamification-based learning in higher education: A meta-analysis. Computers & Education, 163.

Permadi, A., & Novrianti, N. (2023). Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Fotografi Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNP. Jurnal Family Education, 3(1), 48–54.

Pratama, D. Y., Sopacua, L., Sinambela, O. N., Siswadi, Y., & Watania, L. N. (2022). Nursing Students’motivation Toward Blended Learning At A Private University In Tangerang. Nursing Current: Jurnal Keperawatan, 10(2), 122–127.

Rahmi, R., Yulia, P., & Putri, R. (2022). Edmodo-Based Mathematical Learning Analysis. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 10(2), 195–210.

Saputra, Y. V., Indrawan, E., Afnison, W., & Putra, R. P. (2023). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri Pada Kemampuan Akademik Siswa Mata Pelatihan Pembubutan Teknik Pemesinan. Jurnal Vokasi Mekanika, 5(3), 286–293.

Sardiman, A. . (2001). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada.

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar/Sardiman AM.

Sevnarayan, K., & Mohale, N. E. (2023). The implementation of supplementary e-learning tools: analyzing the complexities of student challenges with podcasts and vodcasts in distance learning. Interactive Learning Environments, 1–13.

Siregar, R. S. (2022). Peranan Motivasi Dalam Meningkatkan Pemahaman Statistik. Jurnal Mathematic Paedagogic, 6(2), 165–173.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Sulaiman, S., & Nurisman, F. D. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistik Sosial Prodi Pendidikan Agama Islam. FONDATIA, 6(4), 1122–1136.

Wang, Y., Zhang, H., & Chen, X. (2021). ). E-learning effectiveness and satisfaction in higher education: An empirical study. Computers & Education, 162.

Submitted

2023-09-12
Accepted
2024-01-25
Published
2024-05-31
How to Cite
[1]
S. Putra, E. Indrawan, I. Irzal, and D. Yuvenda, “HUBUNGAN FASILITAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA UNP PESISIR SELATAN”, Vomek, vol. 6, no. 2, pp. 165-179, May 2024.