PENGARUH PERSEPSI DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KELENGKAPAN BENGKEL PADA PEMBELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK MESIN

  • Resqy Dwicandra Universitas Negeri Padang
  • Hendri Nurdin Universitas Negeri Padang
  • Rifelino Rifelino Universitas Negeri Padang
  • Mulianti Mulianti Universitas Negeri Padang
Keywords: Persepsi, Hasil Belajar, Kelengkapan Bengkel, Dasar-dasar Teknik Mesin

Abstract

Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang wajib menyediakan fasilitas pembelajaran guna menunjang keberhasilan proses belajar mengajar. Fasilitas yang lengkap dan memadai akan meningkatkan kualitas aktivitas belajar mengajar, mencapai tingkat keefektifan dan keoptimalan yang lebih baik. Keterbatasan fasilitas dapat berdampak pada prestasi belajar siswa, menyebabkan hasil yang diperoleh tidak maksimal atau bahkan tidak sesuai dengan harapan. Penelitian ini bertujuan meninjau  pengaruh yang diberikan dari persepsi siswa mengenai kelengkapan bengkel pada hasil belajar dalam Dasar Pembelajaran Teknik Mesin kepada siswa program Teknik Permesinan di SMKN 5 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, di mana penerapannya dilakukan setelah terjadinya suatu peristiwa. Dengan menganalisis data historis, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi dan mungkin menjadi penyebab peritiwa tersebut. Oleh karena itu, metode yang dipakai pada penelitian ini ialah model ex-post facto research. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya hubungan dan pengaruh positif antara tingkat kelengkapan bengkel dan hasil belajar dalam Dasar Pembelajaran Teknik Mesin, dengan nilai koefisien regresi sebesar 1,103. Koefisien regresi ini menggambarkan sejauhmana perubahan yang dapat diharapkan dalam hasil belajar siswa sebagai akibat dari lengkapnya fasilitas bengkel sekolah. Dalam analisis data ditemukan bahwa koefisien dterminasi adalah sebanyak 0,270. Terlihat bahwa kelengkapan workshop memberikan partisipasi sekitar 27% pada hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian ini mengkonfirmasi bahwa lengkap dan memadainya fasilitas bengkel dapat meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa serta memberikan kontribusi pada peningkatan efektivitas pembelajaran di SMK Negeri 5 Padang.

References

Towards Enhancing Service Delivery in Higher Education Institutions via Knowledge Management Technologies and Blended E-Learning. International Journal on Studies in Education, 3(1), 10–21. https://doi.org/10.46328/ijonse.25

Ambiyar, A., Irzal, I., Mulianti, M., & Azhar, A. (2022). Hubungan Prestasi Belajar, Dukungan Sosial Orang Tua Dan Ekspektasi Kerja Terhadap Minat Melanjutkan Studi S2 Pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Ft Unp. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 4(4), 104–110. https://doi.org/10.24036/vomek.v4i4.471

Aslan, A., Silvia, S., Nugroho, B. S., Ramli, M., & Rusiadi, R. (2020). Teacher’S Leadership Teaching Strategy Supporting Student Learning During the Covid-19 Disruption. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(3), 321–333. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i3.984

Bennett, D., Knight, E., & Rowley, J. (2020). The role of hybrid learning spaces in enhancing higher education students’ employability. British Journal of Educational Technology, 51(4), 1188–1202. https://doi.org/10.1111/bjet.12931

Daumiller, M., Rinas, R., Hein, J., Janke, S., Dickhäuser, O., & Dresel, M. (2021). Shifting from face-to-face to online teaching during COVID-19: The role of university faculty achievement goals for attitudes towards this sudden change, and their relevance for burnout/engagement and student evaluations of teaching quality. Computers in Human Behavior, 118(December 2020). https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106677

Efendi, F., & Rahim, B. (2023). Validitas Program Pembelajaran Gambar Mesin Berbasis Modul Validity of Module Based Machine Drawing Learning Program. 5(2), 141–146. http://vomek.ppj.unp.ac.id

Fortuna, A., Rahmansyaf, I., Prasetya, F., Syaputra, W. Z., Rahmadhani, D., Saklaili, S., Bagus, M. I., Linda, E. S., Andriani, W., Muhammad, T., & Deria, A. (2023). Design of Prototype Model Augmented Reality-Based Disaster Mitigation Learning Media as a Disaster Education Facility. PAKAR Pendidikan, 21(1), 44–57. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/pakar.v21i1.287

Haiyan, Q., & Allan, W. (2021). Creating conditions for professional learning communities (PLCs) in schools in China: the role of school principals. Professional Development in Education, 47(4), 586–598. https://doi.org/10.1080/19415257.2020.1770839

Healy, M., Hammer, S., & McIlveen, P. (2022). Mapping graduate employability and career development in higher education research: a citation network analysis. Studies in Higher Education, 47(4), 799–811. https://doi.org/10.1080/03075079.2020.1804851

Huda, M., & Rodin, R. (2020). Perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia dan Upaya Penguatannya dalam Sistem Pendidikan Nasional. Journal of Islamic Education Research, 1(2), 39–53. https://doi.org/10.35719/jier.v1i02.24

Ismara, K. I., Isna, R., & Purnomo, D. (2023). Analysis Of The Safety Dojo Program To Increase Job Competitiveness Of Titl Graduates In Vocational Education. International Journal of Educational Research & Social Science, 65–82.

Jabarullah, N. H., & Iqbal Hussain, H. (2019). The effectiveness of problem-based learning in technical and vocational education in Malaysia. Education and Training, 61(5), 552–567. https://doi.org/10.1108/ET-06-2018-0129

Kingsley, O. V. (2019). Management of learning facilities. New Trends and Issues Proceedings on Humanities and Social Sciences, 6(7), 82–87. https://doi.org/10.18844/prosoc.v6i7.4516

Latief, S., Sari, Y. A., Yusuf, M., Armila, A., & Hidayat, R. E. (2021). The Development of Islamic Education and Strengthening of National Education System of Indonesia. International Journal on Advanced Science, Education, and Religion, 4(2), 86–99. https://doi.org/10.33648/ijoaser.v4i2.105

Li, J., Ghosh, R., & Nachmias, S. (2020). In a time of COVID-19 pandemic, stay healthy, connected, productive, and learning: words from the editorial team of HRDI. Human Resource Development International, 23(3), 199–207. https://doi.org/10.1080/13678868.2020.1752493

Lopes de Sousa Jabbour, A. B., Ndubisi, N. O., & Roman Pais Seles, B. M. (2020). Sustainable development in Asian manufacturing SMEs: Progress and directions. International Journal of Production Economics, 225, 1–31. https://doi.org/10.1016/j.ijpe.2019.107567

Mandasari, B. (2020). The Impact of Online Learning toward Students’ Academic Performance on Business Correspondence Course. EDUTEC : Journal of Education And Technology, 4(1), 98–110. https://doi.org/10.29062/edu.v4i1.74

Munirom, A. (2021). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 7(1), 154–174.

Nurdin, H., Ambiyar, & Nurhasansyah. (2023). Effect of Learning Outcomes on the Use of Modules in Technical Drawing. 1, 84–95. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-050-3_10

Prasetya, F., Fajri, B. R., Wulansari, R. E., Primawati, & Fortuna, A. (2023). Virtual Reality Adventures as an Effort to Improve the Quality of Welding Technology Learning During a Pandemic. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 19(2), 4–22. https://doi.org/10.3991/ijoe.v19i02.35447

Prasetya, F., Syahri, B., Fajri, B. R., Wulansari, R. E., & Fortuna, A. (2023). Utilizing Virtual Laboratory to Improve CNC Distance Learning of Vocational Students at Higher Education. TEM Journal, 12(3), 1506–1518. https://doi.org/10.18421/TEM123-31

Rahman, A. R. (2023). Peranan Pemerintah Desa Bulutellue dalam Memberdayakan Masyarakat di Era Otonomi Daerah. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 4(3), 77–89. https://doi.org/10.47747/jismab.v4i3.1313

Ramon, W. P., & Sari, D. Y. (2022). Hasil Belajar Pada Mata Diklat Gambar Teknik Jurusan Teknik Pemesinan Smk Negeri 1 Padang Relationship Between Student ’ S Preception of Learning Facilities With Learning Outcomes in Engineering Picture Training Department of Machinery Engineering Departm. 4(4), 25–29.

Sharma, R. R. (2019). Evolving a Model of Sustainable Leadership : An Ex-post Facto Research *. Vision: The Journal of Business Perspective, 23(2), 152–169. https://doi.org/10.1177/0972262919840216

Shrestha, A., Graham, D. M., Dumaru, P., Paudel, R., Searle, K. A., & Al-Ameen, M. N. (2022). Understanding the Behavior, Challenges, and Privacy Risks in Digital Technology Use by Nursing Professionals. Proceedings of the ACM on Human-Computer Interaction, 6(2 CSCW). https://doi.org/10.1145/3555763

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung: Alfabeta. Alphabeta.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syahri, B. (2023). EFEK PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI TERHADAP RANAH AFEKTIF SISWA PASCA PEMBELAJARAN DARING THE EFFECT OF IMPLEMENTING INDUSTRIAL WORK PRACTICES ON THE AFFECTIVE SPREAD OF STUDENTS POST ONLINE LEARNING. 5(3), 223–228.

Widodo, W., & Sriyono, H. (2020). Strategi Pemberdayaan Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 7–12.

Yulia, H. (2020). Online Learning to Prevent the Spread of Pandemic Corona Virus in Indonesia. ETERNAL (English Teaching Journal), 11(1), 48–56. https://doi.org/10.26877/eternal.v11i1.6068

Zaifullah, Z., Cikka, H., & Kahar, M. I. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Interaksi Dan Minat Belajar Terhadap Keberhasilan Peserta Didik Dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid 19. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 9–18. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i2.70

Submitted

2023-10-02
Accepted
2023-10-20
Published
2023-11-30
How to Cite
[1]
R. Dwicandra, H. Nurdin, R. Rifelino, and M. Mulianti, “PENGARUH PERSEPSI DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KELENGKAPAN BENGKEL PADA PEMBELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK MESIN”, Vomek, vol. 5, no. 4, pp. 364-370, Nov. 2023.