ANALISIS KESESUAIAN SARANA DAN PRASARANA TEMPAT PRATIKUM KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PENGELASAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Abstract
Kurangnya penyesuaian sarana prasarana program keahlian teknik pengelasan di SMKN 2 Payakumbuh merupakan akar dari masalah dalam research ini. Adapun tujuan pada penelitian ini ialah mengetahui besaran dari tingkat kesesuaian prasarana pratikum program keahlian Teknik pengelasan di SMKN 2 Payakumbuh. Jenis penelitian deskriptif ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode survey. Adapun penggunaan lembaran observasi sebagai teknik mengumpulkan data, subjek penelitian adalah Kepala Bengkel dari Teknik pengelasan, Ketua Program Studi dari Teknik pengelasan, dan Waka Bidang Sarana dan Prasarana. Objek dari penelitian ini berupa workshop Teknik pengelasan beserta kelengkapan-kelengkapannya, dan Permendikbud No 34 Tahun 2018. Teknik analisis data yang digunakan berupa mendeskripsikan hasil dari observasi. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat kesesuaian prasarana pratikum kompetensi keahlian Teknik pengelasan di SMKN 2 Payakumbuh sebesar 77%, yang dalam kategori cukup sesuai. Tingkat kesesuaian perabot pratikum kompetensi keahlian Teknik pengelasan sebesar 73%, yang dalam kategori cukup sesuai. Tingkat kesesuaian peralatan pratikum kompetensi keahlian Teknik pengelasan sebesar 65%, yang dalam kategori cukup sesuai. Tingkat kesesuaian media Pendidikan pratikum kompetensi keahlian Teknik pengelasan sebesar 100%, yang dalam kategori sesuai. Maka dari itu, disimpulkan dari keseluruhan tingkat kesesuaiannya sebesar 83% yang berarti masuk kategori sesuai, yang artinya SMKN 2 Payakumbuh harus melengkapai 17% agar benar-benar memenuhi standar minimal yang ditetapkan SMK terkhususnya kompetensi keahlian Teknik pengelasan.
References
Ambiyar, Ganefri, Suryadimal, Jalinus, N., Efendi, R., & Jeprimansyah. (2020). Development of work based learning (WBL) learning model in heat transfer courses. Journal of Physics: Conference Series, 1481(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1481/1/012113
Anwar, K., & Erizon, N. (2019). Hubungan Fasilitas Bengkel Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Las Oxy Asetilin Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Pengelasan SMK Negeri 2 Banda Aceh. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(2), 1–6. https://doi.org/10.24036/vomek.v1i2.29
Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. In Yogyakarta : Pustaka Pelajar (p. 173).
Arikunto, & Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Asdi Mahasatya.
Bloomfield, J., & Fisher, M. (2019). Quantitative research design. Journal of the Australasian Rehabilitation Nurses’ Association, 22(2), 27–30. https://doi.org/10.33235/JARNA.22.2.27-30
Fortuna, A., Waskito, W., Purwantono, P., Kurniawan, A., Andriani, W., & Alimin, M. (2023). Designing Learning Media Using Augmented Reality for Engineering Mechanics Course. Journal of Engineering Researcher and Lecturer, 2(1), 18–27. https://doi.org/10.58712/jerel.v2i1.20
Hayes, S. C., & Hofmann, S. G. (2021). “Third-wave” cognitive and behavioral therapies and the emergence of a process-based approach to intervention in psychiatry. World Psychiatry, 20(3), 363–375. https://doi.org/10.1002/wps.20884
Ikhsan, M. R., Rifdarmon, R., Martias, M., & Setiawan, D. (2023). Studi Kelayakan Sarana dan Prasarana Praktik Teknik Sepeda Motor di SMK Swasta Pembina Bangsa Bukittinggi. Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Vokasi Indonesia, 1(4), 453–462.
Khan, N., Ray, R. L., Sargani, G. R., Ihtisham, M., Khayyam, M., & Ismail, S. (2021). Current progress and future prospects of agriculture technology: Gateway to sustainable agriculture. Sustainability (Switzerland), 13(9), 1–31. https://doi.org/10.3390/su13094883
Prasetya, F., Fajri, B. R., Wulansari, R. E., Primawati, & Fortuna, A. (2023). Virtual Reality Adventures as an Effort to Improve the Quality of Welding Technology Learning During a Pandemic. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 19(2), 4–22. https://doi.org/10.3991/ijoe.v19i02.35447
Prasetya, F., Syahri, B., Fajri, B. R., Wulansari, R. E., & Fortuna, A. (2023). Utilizing Virtual Laboratory to Improve CNC Distance Learning of Vocational Students at Higher Education. TEM Journal, 12(3), 1506–1518. https://doi.org/10.18421/TEM123-31
Purnamawati, H. (2021). Mengembangkan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Melalui Pembelajaran Aktif dengan Pendekatan MIKiR. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(2), 664. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i2.1521
Rahim, B., Syah, N., & Andriani, C. (2022). Validasi Video Praktikum Las SMAW Posisi 1G pada Mata Kuliah Teknologi Pengelasan Logam. Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional, 8(2), 219–229.
Refdinal, R., Adri, J., Prasetya, F., Tasrif, E., & Anwar, M. (2023). Effectiveness of Using Virtual Reality Media for Students’ Knowledge and Practice Skills in Practical Learning. JOIV: International Journal on Informatics Visualization, 7(3), 688–694.
Rosina, H., Virgantina, V., Ayyash, Y., Dwiyanti, V., & Boonsong, S. (2021). Vocational Education Curriculum: Between Vocational Education and Industrial Needs. ASEAN Journal of Science and Engineering Education, 1(2), 105–110. https://doi.org/10.17509/ajsee.v1i2.33400
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In Bandung : Alfabeta (p. 84).
Sulistyawati, W., Wahyudi, & Trinuryono, S. (2022). Analysis (Quantitative Descriptive) of Student Learning Motivation Using the Blended Learning Model During the Covid19 Pandemic. Kadikma, 13(1), 70.
Sumantri, D., Subijanto, S., Siswantari, S., & Sudiyono, S. (2019). Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan Empat Tahun Bidang Keahlian Prioritas Program Nawacita. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(2), 152–168.
Susilo, A., & Sarkowi, S. (2019). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. HISTORIA: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43–50.
Syahril, Nabawi, R. A., & Prasetya, F. (2020). The instructional media development of mechanical drawing course based on project-based learning. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 11(4), 309–325.
Syahril, Purwantono, Wulansari, R. E., Nabawi, R. A., Safitri, D., & Kiong, T. T. (2022). The Effectiveness of Project-Based Learning On 4Cs Skills of Vocational Students in Higher Education. Journal of Technical Education and Training, 14(3), 29–37. https://doi.org/10.30880/jtet.2022.14.03.003
Verawadina, U., Jalinus, N., & Asnur, L. (2019). Kurikulum Pendidikan Vokasi Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan, 20(1), 82–90.
Waskito, Irzal, Wulansari, R. E., & Ya, K. Z. (2022). The Adventure of Formative Assessment with Active Feedback in The Vocational Learning : The Empirical Effect for Increasing Students ’ Achievement. Journal of Technical Education and Training, 14(1), 54–62.
Widahyu, C. (2021). The Effectiveness of Using Video As a Learning Media Online Learning To Improve Students’ Learning Motivation and Creative Thinking At Home During the Covid-19 Pandemic. Learning Motivation and Creative Journal, 1(1), 1–9. https://shorturl.at/jzDFH
Submitted
Copyright (c) 2023 Jurnal Vokasi Mekanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.