PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP MATAKULIAH TEKNIK PEMBENTUKAN PLAT DENGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SMA DAN SMK PADA PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN TEKNIK MESIN DI DEPARTEMEN TEKNIK MESIN FT UNP

  • Fachrur Rozi Universitas Negeri Padang
  • Arwizet K Universitas Negeri Padang
  • Nelvi Erizon Universitas Negeri Padang
  • Rizky Ema Wulansari Universitas Negeri Padang
Keywords: Persepsi,Mahasiswa,Teknik Pembentukan Plat,Latar Belakang Pendidikan,SMA dan SMK

Abstract

Keberhasilan belajar di perguruan tinggi pada dasarnya lebih banyak tergantung pada usaha mahasiswa dalam penyesuaian dirinya. Observasi yang dilaksanakan di Department Teknik Mesin FT UNP. Peneliti menemukan permasalahan mahasiswa dalam memahami materi perkuliahan dimana yang didasari oleh perbedaan latar belakang sekolah. Peneliti melihat bahwa mahasiswa yang berlatar belakang dari SMA membutuhkan waktu dalam memahami perkuliahan terutama di bidang Teknik Mesin akan tetapi mahasiswa yang berasal dari SMA lebih mudah memahami perkuliahan yang bersifat teori. Berbanding terbalik dengan mahasiswa lulusan SMK peneliti menemukan bahwa hal yang berkaitan dengan perkuliahan yang berisifat praktik mahasiswa lulusan SMK akan lebih mudah memahaminya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap apakah yang menjadi faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar bagi mahasiswa dengan perbedaan latar belakang pendidikan. Kajian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Pada kajian ini sampel penelitian nya yaitu Mahasiswa Teknik Mesin FT UNP dengan Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2019, 2020 dan 2021 berjumlah 150 mahasiswa. Hasil diperoleh pada penelitian  ini terdapat perbedaan kemampuan dalam memahami pembelajaran yang dinilai dari indicator pengetahuan awal, minat bakat, sarana prasarana, lingkungan belajar, dan kinerja dosen. Kesimpulan penelitian ini dilihat dari variabel persepsi didapatkan nilai persentase dari hasil data angket dengan sampel sebanyak 150 pada mahasiswa angkatan 2019,2020,dan 2021 diperoleh nilai tingkat capaian responden dengan kategori yang cukup

References

Al Rasyid, I. A., Aziz, A., Purwantono, P., & Indrawan, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa KelasXI pada Mata Pelajaran Teknik Frais di SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(4), 154–158. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i4.155

Anggreni, N. W. Y., & Herdiyanto, Y. K. (2017). Pengaruh Stigma Terhadap Self Esteem Pada Remaja Perempuan Yang Mengikuti Ektrakurikuler Tari Bali Di Sman 2 Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 4(1), 208–221. https://doi.org/10.24843/jpu.2017.v04.i01.p20

Ardianto, D., Helmi, N., Indrawan, E., Mesin, J. T., & Tawar, K. A. (2021). Efektivitas Penggunaan Cnc Simulator Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Teknik Pemesinan Nc / Cnc Dan Cam Kelas Xii Smk Negeri 1 Bukittinggi Effectiveness of Using a Cnc Simulator To Increase Learning Outcomes in Learning Nc / Cnc Machiner. 3(4), 62–67.

Azora, P. (2021). Analisis Quick Count Dengan Menggunakan Metode Stratified Random Sampling Studi Kasus Pemilu Gubernur Kalimantan Barat 2018. Buletin Ilmiah Matematika, Statistika Dan Terapannya, 10(1), 43–50.

Daniah. (2016). Kearifan Lokal (Local Wisdom) Sebagai Basis Pendidikan Karakter. Pionir Jurnal Pendidikan, 5(2).

Darmalaksana, W., Hambali, R. Y. A., Masrur, A., & Muhlas. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 1(1), 1–12.

Effendi, Sinensis, A. R., Widayanti, & Firdaus, T. (2022). Keefektifan Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Proses Pembelajaran Fisika di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Komparasi Pembelajaran Luring dan Daring). Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 14(1), 31–35.

Elfianti, R., Jasman, Purwantono, & Syahri, B. (2021). Persepsi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Siswa Kelas X Di Jurusan Teknik Mesin Smk Negeri 5 Padang Perception of Online Learning in Subjects Engineering Drawings of Grade X Students in Majors Mechanical Engineering Smk Negeri 5 Padan. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(4), 13–18. http://vomek.ppj.unp.ac.id

Hermanto, B. (2020). Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Foundasia, 11(2), 52–59. https://doi.org/10.21831/foundasia.v11i2.26933

Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109–122.

M. Hidayat, J. Jasman, M. Mulianti, and B. S. (2021). Hubungan Persepsi Siswa Tentang Penerapan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Dengan Hasil Belajar Praktik Pada Mata Diklat Teknik Pemesinan Bubut Kelas Xi Di Smk Negeri 1 Sumatera Barat. Vomek, 2(3).

Musthofa, M. U., Suswanto, H., & Nyoto, A. (2017). Analisis praktik kerja industri siswa SMK dalam menyesuaikan kebutuhan dunia kerja. Seminar Nasional Sistem Informasi, September, 244–251.

Nana Sudjana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.

Putu, yulia. (2019). Hubungan Gaya Komunikasi Guru Terhadap Tingkat Keefektifan Proses Pembelajaran. Jurnal Agama Dan Budaya, 3(2), 71–78. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/Purwadita

Rahmat, Zakir., Ambiyar., Erizon, N. (2016). Hubungan Kedisiplinan Belajar Dengan Hasil Belajar Dasar Kompetensi Kejuruan Siswa Smk Muhammadiyah 1 Padang. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 2.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). CV Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Suharsimi, A. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan. Rineka Cipta.

Submitted

2023-10-19
Accepted
2023-11-02
Published
2023-11-30
How to Cite
[1]
F. Rozi, A. K, N. Erizon, and R. Wulansari, “PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP MATAKULIAH TEKNIK PEMBENTUKAN PLAT DENGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SMA DAN SMK PADA PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN TEKNIK MESIN DI DEPARTEMEN TEKNIK MESIN FT UNP”, Vomek, vol. 5, no. 4, pp. 409-416, Nov. 2023.