PENERAPAN VIRTUAL LAS MIG POSISI 1 PADA PEMBELAJARAN PENGELASAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Pendidikan adalah proses yang melibatkan akuisisi pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai, dan pemahaman. Peningkatan kualitas pengajaran adalah hal yang sangat penting dalam konteks pendidikan. Kualitas pengajaran yang baik berdampak positif pada prestasi siswa, pengembangan kemampuan, dan pengalaman belajar secara keseluruhan. Media pembelajaran ialah berbagai alat, sarana, atau teknik yang dipakai pada pembelajaran dalam menunjang siswa memahami dan menguasai materi pelajaran. Fasilitas sekolah seperti: mesin pengelasan menjadi salah satu sarana pembelajaran yang memuaskan. Namun hasil pembelajaran yang diperoleh siswa memakai media konvensional menurunkan motivasi belajar merekan. Tujuan pada penelitian ini ialah meningkatkan hasil belajat dengan penerapan media virtual MIG. Metode penelitian memakau quasi experimental pre-test dan post-test design. Subjek pada research sebanyak 54 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok eksperimen dengan memberikan perlakuan media virtual MIG dan kelompok kontrol yang menerapakan media konvensional. Penelitian berlangsung pada SMK Negeri 1 Mandau. Data dikumpulkan melalui tes soal untuk penguasaan kognitif. Analisis data awal dipakai pengujian normalitas dan homogenitas data. Analisis akhir memakai hipotesis uji-t dan uji N-gain terstandar. Memperlihatkan hasil nilai prestasi yang tinggi pada experimental class dibandingkan control class. Diperoleh kesimpulan dari pemakaian media virtual reality dalam pembelajaran pengelasan menjadi lebih baik dibandingkan media tradisional hingga mengembangkan pola berpikir kritis dan minat belajar siswa.
References
Akdere, M., & Egan, T. (2020). Transformational leadership and human resource development: Linking employee learning, job satisfaction, and organizational performance. Human Resource Development Quarterly, 31(4), 393–421. https://doi.org/10.1002/hrdq.21404
Anwar, K., Asari, S., Husniah, R., & Asmara, C. H. (2020). Students’ Perceptions of Collaborative Team Teaching and Student Achievement Motivation. International Journal of Instruction, 14(1), 325–344. https://doi.org/10.29333/IJI.2021.14119A
Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., Subandiyo, M., & Amalina, N. (2019). Exploring obstacles in language learning among prospective primary school teacher. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(2), 249–254. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.16700
Ayers, J., Bryant, J., & Missimer, M. (2020). The use of reflective pedagogies in sustainability leadership education-a case study. Sustainability (Switzerland), 12(17), 1–21. https://doi.org/10.3390/SU12176726
Berendt, B., Littlejohn, A., & Blakemore, M. (2020). AI in education: learner choice and fundamental rights. Learning, Media and Technology, 45(3), 312–324. https://doi.org/10.1080/17439884.2020.1786399
Chuang, S. (2021). The Applications of Constructivist Learning Theory and Social Learning Theory on Adult Continuous Development. Performance Improvement, 60(3), 6–14. https://doi.org/10.1002/pfi.21963
Dewi, E. R., & Alam, A. A. (2020). Transformation model for character education of students. Cypriot Journal of Education, 15(5), 1228–1237. https://doi.org/10.18844/cjes.v15i5.5155
Garritty, C., Gartlehner, G., Nussbaumer-Streit, B., King, V. J., Hamel, C., Kamel, C., Affengruber, L., & Stevens, A. (2021). Cochrane Rapid Reviews Methods Group offers evidence-informed guidance to conduct rapid reviews. Journal of Clinical Epidemiology, 130, 13–22. https://doi.org/10.1016/j.jclinepi.2020.10.007
González-Díaz, R. R., & Bustamante-Cabrera, G. I. (2021). Predictive sequential research design to study complex social phenomena. Entropy, 23(5), 1–13. https://doi.org/10.3390/e23050627
Hartikainen, S., Rintala, H., Pylväs, L., & Nokelainen, P. (2019). The concept of active learning and the measurement of learning outcomes: A review of research in engineering higher education. Education Sciences, 9(4), 9–12. https://doi.org/10.3390/educsci9040276
Hidayat, H., Mulyani, H., Nurhasanah, S. D., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peranan Teknologi Dan Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 57–65. https://doi.org/10.23887/jpku.v8i2.24759
Kadarisman, K., & Idris, S. (2019). Orientasi Mutu Pendidikan Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 9(2), 471. https://doi.org/10.22373/jm.v9i2.5314
Larson, E., Sharma, J., Bohren, M. A., & Tunçalp, Ö. (2019). When the patient is the expert: Measuring patient experience and satisfaction with care. Bulletin of the World Health Organization, 97(8), 563–569. https://doi.org/10.2471/BLT.18.225201
Miller, C. J., Smith, S. N., & Pugatch, M. (2020). Experimental and quasi-experimental designs in implementation research. Psychiatry Research, 283(June 2019), 112452. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2019.06.027
Partono, P., Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41–52. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.35810
Rapanta, C., Botturi, L., Goodyear, P., Guàrdia, L., & Koole, M. (2020). Online University Teaching During and After the Covid-19 Crisis: Refocusing Teacher Presence and Learning Activity. Postdigital Science and Education, 2(3), 923–945. https://doi.org/10.1007/s42438-020-00155-y
Reynolds, J. A., Cai, V., Choi, J., Faller, S., Hu, M., Kozhumam, A., Schwartzman, J., & Vohra, A. (2020). Teaching during a pandemic: Using high-impact writing assignments to balance rigor, engagement, flexibility, and workload. Ecology and Evolution, 10(22), 12573–12580. https://doi.org/10.1002/ece3.6776
Rizko, U., Islam, M. H., & Badruttamam, C. A. (2023). Implementasi Caseme P3 pada Pelajaran Matematika dengan Menggunakan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 21–30. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.346
Siti Alifah, Dwi Narsih, & Sigit Widiyarto. (2019). Pengaruh Metode Partisipatori Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuanberwirausaha Siswa SMK. Lectura: Jurnal Pendidikan, 10(1), 66–81.
Sudaryono, Rahardja, U., Aini, Q., Isma Graha, Y., & Lutfiani, N. (2019). Validity of Test Instruments. Journal of Physics: Conference Series, 1364(1), 1–12. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1364/1/012050
Submitted
Copyright (c) 2023 Jurnal Vokasi Mekanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.