PERBANDINGAN PENGUASAAN KOGNITIF SISWA MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TUTORIAL DENGAN MEDIA KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN BUBUT
Abstract
Di SMK Negeri 1 Sumatera Barat, sebagian besar pembelajaran disampaikan dalam bentuk ceramah satu arah, dengan guru menyampaikan informasi kepada siswa melalui papan tulis, buku cetak, dan LKS. Oleh karena itu, sebagian besar siswa kelas XI-Teknik Pemesinan SMKN 1 Sumatera Barat belum mencapai potensi maksimalnya dalam hal pembelajaran. Maksud dari penelitian ini untuk mendapatkan data mengenai perbandingan penguasaan kognitif siswa dengan penggunaan media video tutorial dan media konvensional. Peserta yang berjumlah 59 orang, yaitu 35 siswa dikelas eksperimen dan 24 siswa dikelas kontrol, dan penelitian menggunakan Quasi-Experimental Design (pre dan post test). Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil post-tes siswa pada ukuran penguasaan kognitif masing-masing adalah 73.00 pada kelas eksperimen dan 59.83 pada kelas kontrol dibandingkan dengan nilai pretes sebesar 51.17. Uji-t sampel berpasangan menunjukkan bahwa video tutorial secara signifikan lebih efektif dibandingkan media konvensional pada kelas eksperimen (p = 0,000, p 0,05) dan secara signifikan kurang efektif pada kelompok kontrol (p=0.053, p>0.05). Uji statistik uji-t sampel independen menunjukkan tingkat signifikansi p=0,000 (p>0.05) pada post-test. Hasilnya, skor post-test kelompok eksperimen jauh lebih signifikan dibandingkan kelompok kontrol. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwasanya siswa di SMKN 1 Sumatera Barat di Kelas XI-Teknik Pemesinan mendapatkan lebih banyak manfaat dari video tutorial dibandingkan bentuk pengajaran tradisional.
References
Afif, N. (2019). Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 117–129. https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.28
Al Rasyid, F. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Video Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PDTM di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Februari, 4(1), 65–69. http://vomek.ppj.unp.ac.id
Arikunto, Suharsimi, & Cepi Safrudin Abdul Jabar. (2004). Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara, 1(1).
Asnur, L., & Ambiyar. (2018). Penerapan Pembelajaran Menggunakan Media Video pada Mata Kuliah Tata Boga II. Jurnal Mimbar Ilmu , 23(3), 193–199.
Chorillah Putri, S., Erizon, N., Yanti Sari, D., & Arafat, A. (2021). Tinjauan Minat Belajar Mahasiswa pada Pembelajara Daring Mata Kuliah Fisika Terapan Program Studi D3 Teknik Mesin FT-UNP. 3(3). http://vomek.ppj.unp.ac.id
Fortuna, A., Saputra, A., Ramadhan, A., Prasetya, F., & Rahmadhani, D. (2022). Development of Physics Learning Media Based on Augmented Reality Newton’s Law Material. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 1(1), 1–8. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNPF
Fujiyanto, A., Kurnia Jayadinata, A., & Kurnia, D. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 841–850.
Herlina, M., Syahfitri, J., & Ilista, I. (2020). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 5(01), 42–45. https://doi.org/10.33503/ebio.v5i01.666
Jasmin, N., Fitri, R., & Darussyamsu, R. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran SQ3R untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal On Teacher Education, 4(1), 677–684.
Jatmiko, P. D., Wijayantin, A., & Susilaningsih. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 153–156.
Juniarti, N., Bahari, Y., & Riva’ie, W. (2015). Faktor Penyebab Menurunnya Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Sosiologi di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(2), 1–11.
Kurniati, D., Kharil, & Darwin, C. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran PBL dengan Media Audio Visual di SMP Negeri 6 Bengkulu Tengah. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Entrepreneurship VI Tahun 2019, 1(1), 1–7.
Kurniawan, R., Agung, G., & Tegeh, I. M. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Teknik Dasar Sepak Bola dengan Konsep Quantum Learning. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 05(2), 179–188.
Laily, N. (2021). Upaya Guru Pai Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1437-1445.
Lathif Mahendra, M., Karudin, A., & Erizon, N. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning dan Case Method Pada Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut. Jurnal Vokasi Mekanika Universitas Negeri Padang, 5(2), 160–166.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 659–663.
Naufan, F., Rifelino, Purwantono, & Nabawi, R. A. (2022). Pengembangan Modul Praktikum Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Jurnal Vokasi Mekanika, 4(2), 118–124. http://vomek.ppj.unp.ac.id
Nisa, K. (2018). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Khoirun Nisa’,“Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam:,” INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, dan Kebudayaan, 4(1), 44-56.
Nugroho, A. P., Syahri, B., Aziz, A., & Rifelino. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Kuliah Teknik Otomasi Industri JurusanTeknik Mesin Universitas Negeri Padang. Jurnal Vokasi Mekanika, 4(2), 59–64. http://vomek.ppj.unp.ac.id.
Nurazizah, S., Sinaga, P., & Jauhari, A. (2017). Profil kemampuan kognitif dan keterampilan berpikir kritis siswa sma pada materi usaha dan energi. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 197-202.
Nurtanto, M., & Sofyan, H. (2015). Implementasi problem-based learning untuk meningkatkan hasil belajar kognitif, psikomotor, dan afektif siswa di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 352-364.
Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 346–354. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3
Primawati, Rozi, F., & Indrawan, E. (2015). Studi Perbandingan Kemampuan Potensi Akademik Aritmatika Mahasiswa yang Berasal dari SMK dengan SMA pada Jurusan Teknik Mesin FT UNP. Training, 1(1), 16–17.
Sarnoko, Ruminiati, & Setyosari, P. (2016). Penerapan Pendekatan SAVI Berbantuan Video Pemebelajaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS SIswa Kelas IV SDN 1 Sanan Girimarto Wonogiri. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 1(7), 1235–1241.
Situmorang, I., & Simanullang, M. C. (2022). Pengembangan Modul Matematika Siswa Berbasis Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Vii Di Smp Swasta Gajah Mada Medan. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(1), 103-110.
Siwi, F., & Puspaningtyas, N. D. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Kognitif dalam Materi Persamaan Garis Lurus Menggunakan Video di era 4.0. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 1(1), 7–10.
Sudiarta, I. G. P., & Sadra, I. W. (2016). Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan PEmecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Universitas Pendidikan Ganesha, 49(2), 48–58.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D (Vol. 1). Alfabeta.
Submitted
Copyright (c) 2024 Jurnal Vokasi Mekanika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.